6/05/2011

DIARI AKU CURHAT PADA DIRIMU


DIARI AKU CURHAT PADA DIRIMU

Oleh safar bin musa (adik) dan firdaus bin musa


Hari ini perasaanku sangatlah kacau dan tidak ada sedikitpun hatiku bahagia,  jiwaku sudah terguncang, bathinku terluka
Saat ini pada siapa lagi ya? Saya tempat berbincang tentang keadaanku yang sedang teraniaya, mungkin tidak lain tidak bukan hanyalah kertas buku tempat aku bertanya dan mencurahkan perassanku yang gundah ini, tapi kenapa gak ada satu katapun yang dapat dijawabnya
Diari….
Sebenarnya apa sih? Kekurangan pada diriku ini? Mungkin bathinku teraniaya karena tingkah laku ini? Tidak ada satupun yang bermakna buat orang2 yang mendengarnya !!!
Kalau aku pikir-pikir cih gua ini orangnya termasuk sopan juga, karena gua insya allah gue belum pernah membantah apa-apa yang di ucap orang-orang ma aku tentang kebenaran, dan begitu juga cara omongan gua ma orang, kalau saya ingat kayaknya gua juga gak pernah menggunakan suara lantang ma orang, dan membikin orang2 tersinggung ama omongan gua…, tapi kok bisa2nya orang pada jijik berteman ama gua.., aku benar2 gak ngerti deh ama diriku sendiri, oh ya ri !!!bagaimana supaya bisa orang2 suka bergaul ama aku, apa aku harus banyak bicara tentang kejelekan orang2, atau aku harus bikin orang menarik perhatian, dengan cara bikin lawak2 gitu?

Jawaban Diari



Perasaan kacau adalah bergantian perasaan yang musti dan pasti akan dirasakan oleh setiap orang, bahkan orang yang kita anggap bahagia malahan lebih banyak merasakan perasaan kacau, kalaupun kebahagian yang kita lihat pada dirinya itu hanyalah sandiwara belaka, karena kebahagian itu di ukur dari ketundukan orang terhadap penciptanya, semakin orang tunduk pada pendipta-Nya, semakin dia rasakan yang namanya kebahagian itu, yakinlah itu, tapi tidaklah mudah menggapai itu, kecuali dengan ilmu dan tuntunan yang diajarkan oleh kekasihnya ( Muhammad), jadi pelajarilah ajaran yang pernah diamalkan kekasihnya, agar ketundukan yang berujung kebahagian hakiki kita dapati.
Terguncangnya jiwa karena kita jauh dari raja obat yang tiada tara yakni al-qur’an, jikalah kita sering membacanya, insya allah ia adalah penawar yang tiada kembali sakit di buatnya, tapi tidak hanya cukup dibaca ayat dan artinya saja tapi kita musti menggali dari ayat nya kemudian mengamalkan serta mengajarkan pada yang lain, al-qur’an adalah obat dari segala obat, jangan dia Cuma dipajang, dipegang, tapi rangkul dia dalam dada.
Kekurangan pada dirimu ialah kamu sibuk ingin diperhatikan oleh manusia tapi tidak sibuk ingin dapat perhatian dari sang maha pencipta, kalau kita sibuk ingin dapat perhatian dari orang lain, pastilah kegelisahan yang akan kita rasakan, sebab allah membenci orang yang ingin dipuji, namun dia amat sayang sama orang yang sering memujinya, tingkah lakumu yang jelek bukanlah kesalahanmu semata-mata, sebab kamu bertingkah laku karna adanya rangsangan dari orang sekitarmu, karena itu sebelum terlalu buruk tingkah lakumu, jauhi orang-orang yang akan menyeretmu pada tingkah laku yang lebih bruk lagi, sekaligus timba ilmu, yang akan menangkal serangan nafsyu syahwat dan duniawi, tidak lain ilmu itu adalah ialmu agama, yaakinlah kamu berbuat baik atau jahat bermakna buat orang lain, selagi kamu mengakui akan kejahatanmu dan tidak membanggakan kebaikan yang sudah kamu perbuat, sebab kenapa? Kalau kamu mengakui kejahatanmu kamu akan di ingat oleh lain bahwa kamu orang yang jujur dan bertanggung jawab, dan jika kamu membangga-banggakan lebaikanmu, kamu akan kamu akan di cemoohkan orang dibelakng mu.
Berfikirnya kamu tidak pernah salah pada orang lain itu, karena selama ini mungkin kamu sibuk pada kebaikan kamu saja, tidak pernah setiap kali selesai berbuat dan berucap kamu akhiri dengan kata-kata maaf kalau aku lancing tadi, akhirnya orang-orang yang pernah tergores hatinya karena tingkah laku dan kata-katanya, menyimpan dendam yang kemudian ia aplikasikan dalam sikap tidak mau berteman dengan dirimu, karena itu solusinya ialah, cepat-cepat minta maaf dan memberi maaf, agar orang mau bergaul denganmu, jangan lupa berdoa’a serta tidak mengulangi kesalahan yang sama pada orang kita sakiti.
Seandainya kamu sudah berusaha untuk berubah dari kebiasan burukmu tapi masih juga temanmu tidak mau bergaul dengan mu kamu jangan bersedih dulu, selagi kamu berbuat yang benar malaikat dan bidadari akan akan menjadi temanmu di akhir nanti, yang penting jangan pujian manusia yang di nomor satukan.
Kalau kamu Ingin orang bergaul dengan kamu ya…!!! dengan cara membuat-buat kelucuan itu tidak baik, karena sering kelucuan yang kita buat-buat mengandung unsur kebohonganm dan merendahkan kita, tahu kenapa? Karena kita bercerita terkadang lucu namun di rekayasa, itu dilarang oleh sang maha pemberi kemulian buat kita, nanti dibilang lagi kita teman pembohong?
Cukup dulu ya jawaban ku buat mu sahabatku






















Dari




 








Diari

0 komentar: