12/04/2011

AWAL KARYAKU DI MULAI


Karya yang saya maksud disini ialah video hasil syutingan dan editan serta scenario yang langsung saya sebagai pembuatnya, berjudul BAREH PACIK DAN PALICAK KOPI”  ide ini muncul saat ada dinas kebudayaan sumatera barat  tahun 2011 mengangkat sebuah acara lomba film documenter terkait seni dan kebudayaan sumbar, alat tradisional, serta kegiatan ekonomi masyarakat ditempat tertentu, dengan hadiah 23.000.000, siapa yang tidak akan tergiur dengan hadiah sebesar itu (16 november 2011), awalnya saya tidak mengetahui akan diadakan lomba tersebut, saya hanya mendapat informasi dari teman saya jefrizen azizi, ia dapat informasi dari kampus, hal ini memotivasi saya untuk andil mengalirkan bakat dan keinginan saya yang sudah mulai semenjak masuk jurusan komunikasi penyiaran islam di fakultas dakwah iain imam bonjol padang.
Setelah karya tersebut selesai saya edit secara sederhana, kemudian sayapun mengajukan agar karya tersebut ikut dijadikan sebagai karya yang akan dilombakan, yang mana pemenang dari lomba tersebut akan di umumkan tanggal 30 november 2011 di aula taman kebudayaan sumbar (tepi pantai).
Menjelang pengumuman itu tersebut tiba, banyak pengalaman yang saya dapatkan dari proses pencarian objek hingga proses editing, diantaranya ialah bagaimana perlunya kesabaran serta sering melihat karya orang lain, agar ad aide-ide baru muncul dalam rangka menambahkan kemampuanyang kita miliki, dan internet adalah kunjungan rutinku untuk terus mencari tambahan informasi terkait dengan ide dan editing, namun meskipun upaya tersebut sudah saya tempuh, namun yang keberhasilan atau kesuksesan belum saya rasakan, sebab hasil pengolahan video saya masih sangat jauhbdari yang saya harapkan.
Tiba saatnya pengumuman pemenang dari video film documenter, sayapun hadir lebih awal saking semangatnya untuk menyaksikan siapa yang berhasil menggondrong uang sejumlah 23.000.000, namun saya tahu bahwa sudah pasti saya tridak termasuk dari bagian tersebut, sebab sebagai pengumuman yang saya dapat saat mengikuti lomba tersebut, jika peserta yang masuk lomba masuk dalam nominasi  akan diadakan pelatihan, namun ternyata sampai saya mengikuti  pengumuman perlombaan tersebut, tidak ada kabar sebagai peserta yang mendapat bagian sebagai nominasi, akhirnya meskipun demikian saya tetap menghadiri acara penutupan dan penyerahan hadiah tersebut diaula taman budaya sumbar yang dimuali jam 14.00, tapi hatiku tetap ada rasa was-was, seakan ada disebut nama yang masukd alam nominasi tersebut, namun setelah beberapa menit say menunggu ditempat tersebut, protokolpun menyebutkan satu persatu judul film yang masuk kepanitia acara, sekaligus ditampilkan cuplikan-cuplikan karya-karya tersebut, dan ternyata dari hasil cuplikan-cuplikan yang berulang-ulang membuat hatiku deg-deg kan seakan-akan ada nama dari judul film yang aku masukkan akan disebut, ternyata cuplikan awal yang ditampilkan adalh cuplikan keseluruhan video,sedangkan cuplikan pemenang pada bagian kedua



0 komentar: