5/24/2009

pantun minang, bagus buat mading anda

Rumah sajik batingkek duo
Dulu dek nabi sebagai pusat dakwah
Salamaik batamu baliak pambaco
Dalam mading panyambuang risalah rasulullah

Allah perintah
jilbab sampai kadado
Bukan hanyo untuak
panutuik kapalo sajo
Indak karugi
dunsanak rasonyo
Kalau tagak sabanta
untuak mambaco

Kainternet niek mencari tugas
Tapi nyatonyo bukak situs maksiat
Kalau pambaco maraso anggan jo malas
Iko mading indak ka mambao manfaat

Darwinbakato asa kito dari karo
Namun dibantah allah
dalam al-qur’an
Apopun nan
kadunsanak baco ko
Cubolah ambiak
kajadi pelajaran

Jikok jarang danga pangajian di musajik
Dimano awak kadapek hidayah
Sabalum kito ditimpo sakik
Alangkah sarancaknyo banyak maingek salah

Kasiah allah untuak
sagalo makhluak
Tapi sayang hanyo
untuak nan taat
Jikok lah tau kito
beda elok jo buruak
Tinggakan sacapeknyo
sagalo maksiat

Doso ibaraik debu dikaco
Kok alah batumpuak susah dibarasihan
Mungkin hanyo iko kato pangantarnyo
Mohon jo maaf kami pintokan

cerpen islami nan ideologis

Masyarakat Indonesia pada umumnya menganggap bahwa demokrasi itu sesuai dan sejalan
dengan islam sepenuhnya, seperti adanya azas musyawarah, iya kalau itu aku
setuju lho…kata Si Ele, terus kenapa kamu bilang demokrasi sistem
kufur?dengan sigap Si Error ikut pula bertanya, tampakdiwajahnya tanda
tidak sabar untuk tahu lebih jauh,yang bilang siapa? kata siele lagi, nggak tau juga, siapa ya? tiba-tiba
si goblok datang , aku yang bilang dengan suara lantang?kamu tahu nggak
ror sistem demokrasi itu kedaulatan ditangan rakyat, kalau itu sih falsafah abangku
pada saat kampanye, itu kan bertentangan dengan keyakinan kita selama ini
sebagai orang islam, dimana bertentangannya tanya sierror, duh kamu ini masih
juga nggak ngerti, ketika kamu buka al-qur’an kamu akan menemukan bahwa
kedaulatan itu hanya ditangan allah, artinya yang pantas menetapkan hukum hanya
allah, bukan manusia gitu lho…? jadi kesimpulannya negara kita sekuler ya, yakni
memisahkan antara agama dengan negara, agama nggak boleh dibawa-bawa dalam
urusan negara?, saya nggak nyimpulkan gitu kok,tapi ngomong2 bicara kamu ada
benarnya juga,hei…hei..hei saya nggak setuju dengan pendapat kalian sanggah si goblok, emangnya kenapa tanya si error? karena setau aku pemerintah kita sekarang
kan udah menerapkan beberapa hukum islam, seperti hukum perdata, yang perempuan
udah pake jilbab, zakat kita udah dikelola pemerintah, dan bank syari’atpun telah
dibuka, ditambah lagi demokrasi itu mengedepankan musyawarah, iya di islam
dalam musyawarah disandarkan kepada al-qur’an dan Sunnah, kalau sudah jelas
hukumnya zina dalam al-qur’an di rajam, nggak perlu lagi dimusyawarahkan, kalau
udah jelas yang merusak itu hukumnya haram kenapa di musyawarahkan juga
lagi,seperti rokok,porn grafi dan aksi dan lain-lain,kamu sih nggak tau bilang si goblok? Itu kan pajaknya tinggi ? tempat zina aja bayar
pajak, bukannya aku nggak tau sanggah si error lagi, tapi coba kamu pikirkan
sekali lagi mana yang lebih banyak mengeluarkan uang untuk mengobati orang yang
sakit dan perbuatan susila lainnya ketimbang dapat uang pajaknya? Iya juga
ya, selama ini kan program pemerintah memperbaiki kesehatan masyrarakat. analoginya begini goblok, sapi kamu tahukan dia punya kepala, kaki dan hidung, sama nggak kepala dan
kakinya sama kaki kamu? Jadi kamu bilang aku ini sapi? nggak inikan Cuma
perumpamaan, terus …, begitu pula islam dengan demokrasi dan islam, islam ada
azas musyawarahnya karena musyawarah bagian kecil dari sikap islam untuk
menyelesaikan masalah, setelah kita berpedoman pada al-qur’an , kalau diumpamakan
kesapi tadi musyawarah Cuma kaki dan tangan.

KATA
PENGANTAR


 oleh firdaus bin musa

Partamo sakali awak katokan raso puji jo syukur kehadirat Allah SWT atas
sagalo limpahan rahmat jo karunia-Nyo nan alah diagiah-Nyo kapado awak,
sahinggo awak bisa mambuek laporan tantang Museum Adityawarman Padang. Pado kasampatan
ko awak ndak lupo mengucapkan banyak tarimo kasih atas bantuan dari pihak-pihak
nan ado sahinggo laporan iko bisa
salasai.
Awak menyadari baso laporan ko masih banyak tadapaek kakurangan dan jauh
dari kasampurnaan. Oleh karano itu awak mintak kritik dan saran nan membangun
dari babagai pihak, sahinggo bisa labiah rancak dari sabalunnyo

KARYA TULIS

IMPLEMENTASI
PEMBELAJARAN AKHLAK PADA SISWA

KELAS XI MADRASAH
ALIYAH SWASTA(MAS)

NURUL AMAL CUPAK
KABUPATEN SOLOK











Disusun oleh :
firdaus bin musa

NOMOR
PESERTA : 085263327951
MATA
PELAJARAN :
TUGAS :



PROVINSI SUMATERA BARAT

PADANG

Ondeh pambaco mading nan kami hormati,basuo baliak jo
barita dan informasi yang insya allah mambukak cakrawala awak kato urang
kini,tapi sabalumnyo ko ado kato pengantar dari kami barupo pantun

Rumah sajik batingkek duo
Dulu dek nabi sebagai pusat dakwah
Salamaik batamu baliak pambaco
Dalam mading panyambuang risalah rasulullah

Allah perintah
jilbab sampai kadado
Bukan hanyo untuak
panutuik kapalo sajo
Indak karugi
dunsanak rasonyo
Kalau tagak sabanta
untuak mambaco

Kainternet niek mencari tugas
Tapi nyatonyo bukak situs maksiat
Kalau pambaco maraso anggan jo malas
Iko mading indak ka mambao manfaat

Darwinbakato asa kito dari karo
Namun dibantah allah
dalam al-qur’an
Apopun nan
kadunsanak baco ko
Cubolah ambiak
kajadi pelajaran

Jikok jarang danga pangajian di musajik
Dimano awak kadapek hidayah
Sabalum kito ditimpo sakik
Alangkah sarancaknyo banyak maingek salah

Kasiah allah untuak
sagalo makhluak
Tapi sayang hanyo
untuak nan taat
Jikok lah tau kito
beda elok jo buruak
Tinggakan sacapeknyo
sagalo maksiat

Doso ibaraik debu dikaco
Kok alah batumpuak susah dibarasihan
Mungkin hanyo iko kato pangantarnyo
Mohon jo maaf kami pintokan

Salam dari kami
“selamat membaca”
Beberapa inti yang musti kita peroleh dari bacaan dibawah
ini.

1. Kenapa sistem demokrasi dikatakan sebagai sistem kufur?
2. Darimana uang kampanye diambil oleh bapak dan ibu kita?setelah itu berapa selisihnya dengan dana pengentasan kemiskinan?
3. Kenapa disini ada kata2 “Uang Dihamburkan,Rakyat Dilenakan”
4. Tahukah kita dulu, bahwa kita orang islam dulu jaya?sekarang Cuma ditampilkan dari satu aspek yaitu dibidang kedokteran,siapakah orang yang pertama menjadi dokter islam?
5. Hidayah itu milik allah swt,kita harus berusaha bagaimana supaya allah melimpahkan hidayahnya ,ikuti kisah dari mantan non islam,di “Aku Menemukan Islam “
6. Tahukah kita,bahwa mitos,kemusyrikan,dan tahayul-tahayul yang biasa kita temui adalah peluntur aqidah,maka segera tinggalkan agar ibadah selama ini tidak sia2.

Kita diciptakan, setelah itu kita
diberikan aturan, lalu kenapa kita takut dan ragukan aturan sang pencipta, ketahuilah bahwa allah
tidak membuat peraturan buat kita melainkan dia mengetahui mana yang terbaik
buat hambanya


Cerpen
Kita sebagian
masyarakat pada umumnya menganggap bahwa demokrasi itu sesuai dan sejalan
dengan islam sepenuhnya, seperti adanya azas musyawarah, iya kalau itu aku
setuju lho…kata Si Ele, terus kenapa kamu bilang demokrasi sistem
kufur?dengan sigap Si Error ikut pula bertanya, tampakdiwajahnya tanda
tidak sabar untuk tahu lebih jauh,yang bilang siapa? kata siele lagi, nggak tau juga, siapa ya? tiba-tiba
si goblok datang , aku yang bilang dengan suara lantang?kamu tahu nggak
ror sistem demokrasi itu kedaulatan ditangan rakyat, kalau itu sih falsafah abangku
pada saat kampanye, itu kan bertentangan dengan keyakinan kita selama ini
sebagai orang islam, dimana bertentangannya tanya sierror, duh kamu ini masih
juga nggak ngerti, ketika kamu buka al-qur’an kamu akan menemukan bahwa
kedaulatan itu hanya ditangan allah, artinya yang pantas menetapkan hukum hanya
allah, bukan manusia gitu lho…? jadi kesimpulannya negara kita sekuler ya, yakni
memisahkan antara agama dengan negara, agama nggak boleh dibawa-bawa dalam
urusan negara?, saya nggak nyimpulkan gitu kok,tapi ngomong2 bicara kamu ada
benarnya juga,hei…hei..hei saya nggak setuju dengan pendapat kalian sanggah si goblok, emangnya kenapa tanya si error? karena setau aku pemerintah kita sekarang
kan udah menerapkan beberapa hukum islam, seperti hukum perdata, yang perempuan
udah pake jilbab, zakat kita udah dikelola pemerintah, dan bank syari’atpun telah
dibuka, ditambah lagi demokrasi itu mengedepankan musyawarah, iya di islam
dalam musyawarah disandarkan kepada al-qur’an dan Sunnah, kalau sudah jelas
hukumnya zina dalam al-qur’an di rajam, nggak perlu lagi dimusyawarahkan, kalau
udah jelas yang merusak itu hukumnya haram kenapa di musyawarahkan juga
lagi,seperti rokok,porn grafi dan aksi dan lain-lain,kamu sih nggak tau bilang si goblok? Itu kan pajaknya tinggi ? tempat zina aja bayar
pajak, bukannya aku nggak tau sanggah si error lagi, tapi coba kamu pikirkan
sekali lagi mana yang lebih banyak mengeluarkan uang untuk mengobati orang yang
sakit dan perbuatan susila lainnya ketimbang dapat uang pajaknya? Iya juga
ya, selama ini kan program pemerintah memperbaiki kesehatan masyrarakat. analoginya begini goblok, sapi kamu tahukan dia punya kepala, kaki dan hidung, sama nggak kepala dan
kakinya sama kaki kamu? Jadi kamu bilang aku ini sapi? nggak inikan Cuma
perumpamaan, terus …, begitu pula islam dengan demokrasi dan islam, islam ada
azas musyawarahnya karena musyawarah bagian kecil dari sikap islam untuk
menyelesaikan masalah, setelah kita berpedoman pada al-qur’an , kalau diumpamakan
kesapi tadi musyawarah Cuma kaki dan tangan.

Filsaafat Dakwah

BAB I PENDAHULUAN Dakwah merupakan hal dan aktivitas terpenting yang tidak bisa ditinggalkan oleh setiap muslim, pikiran yang telah mengakar dalam diri kita setiap muslim adalah bahwa dakwah hanyalah tugas ulama’ akan tetapi tidaklah demikian bahwasanya dakwah juga tugas kita setiap diri yang mengaku menganut Ajaran Islam. Kalau dakwah ditinggalkan, Maka kemungkaran dan maksiat akan meraja lela. Yang pada akhirnya akan mendapatkan azab atau resiko dari perbuatan tersebut, resiko tersebut tidak hanya orang yang memperbuat yang merasakan, tetapi juga orang sekitarnya, Ibarat sebuah kapal yang bertingkat dua, ketika seorang yang ingin mengambil air laut ditingkat satu, tentu ia terlebih dahulu menaiki tingkat dua, kalau sekiranya yang dibawah membocorkan saja dari bawah tanpa ada yang mendakwahi ( mencegah ), maka yang ikut tenggelam dan terbenam tidak hanya orang yang berambisi mengambil air tadi, akan tetapi juga semua penumpang kapal, begitu pula dakwah ini, Salah satu alasan kenapa penulis perlu mengangkat filsafat dakwah dengan judul,,,,,,,,,,,,, bertujuan untuk mengajak dan menyadarkan peran kita ditengah-tengah masyarakat luas. BAB II PEMBAHASAN 1. Pengertian filsafat dakwah 1. Pengertian filsafat Akar dari kata filsafat berasal dari Yunani, yaitu dari kata philosophia, philo. Artinya cinta, shophia berarti cinta, berart bijaksana atau kebenaran. Kata filsafat juga telah diarabkan yang wazannya (,,,,,), yaitu pengkajian asal usul segala sesuatu, sedangkan secara terminologi berarti berfikir menurut tata tertib ( logika )dengan bebas (tidak terikat pada tradisi ) dogma, serta agama, dan menggali sedalam-dalamnya sehingga sampai kedasar dari persoalan. 2. Pengertian dakwah Dakwah dalam artian luas adalah meliputi semua potensi yang ada pada manusia dan terkait dengan kehidupan kesehariannya sepanjang zaman. Secara terminologis dakwah berarti mewujudkan ajaran islam kepada seluruh umat manusia ( baik muslim maupun tidak ), sehingga tujuan akhir akan tercapai yaitu kebahagiaan lahir dan bathin. 3. Pengertian Filsafat dakwah Kalau digabung kata filsafat dengan dakwah, Maka menjadi kata majemuk yang bisa berarti hikmah dakwah, dan kebenaran dakwah. Filsafat dakwah ialah membahas faktor-faktor dan dasar-dasar dakwah secara analitis, kritis, dengan tujuan untuk menyatakan kebenaran islam, atau setidak-tidaknya untuk menjelaskan bahwa ajaran islam itu tidak bertentangan dengan logika, sehingga orang mudah tertarik serta bersedia mengamalkannya. Dengan demikian filsafat dakwah ialah suatu pengetahuan yang mengkaji dakwah dan penyampaian ajaran islam didalam acuan ciptaan, sosial, akhlak, dan sebagainya yang telah terdapat dasar-dasarnya didalam dakwah itu sendiri

 oleh firdaus bin musa

BAB I
PENDAHULUAN
Dakwah
merupakan hal dan aktivitas terpenting yang tidak bisa ditinggalkan oleh setiap
muslim, pikiran yang telah mengakar dalam diri kita setiap muslim adalah bahwa
dakwah hanyalah tugas ulama’ akan tetapi tidaklah demikian bahwasanya dakwah
juga tugas kita setiap diri yang mengaku
menganut Ajaran Islam.
Kalau
dakwah ditinggalkan, Maka kemungkaran dan maksiat akan meraja lela. Yang pada
akhirnya akan mendapatkan azab atau resiko dari perbuatan tersebut, resiko
tersebut tidak hanya orang yang memperbuat yang merasakan, tetapi juga orang
sekitarnya,
Ibarat sebuah kapal yang bertingkat
dua, ketika seorang yang ingin mengambil air laut ditingkat satu, tentu ia
terlebih dahulu menaiki tingkat dua, kalau sekiranya yang dibawah membocorkan
saja dari bawah tanpa ada yang mendakwahi ( mencegah ), maka yang ikut
tenggelam dan terbenam tidak hanya orang yang berambisi mengambil air tadi,
akan tetapi juga semua penumpang kapal, begitu pula dakwah ini,
Salah satu alasan kenapa penulis
perlu mengangkat filsafat dakwah dengan judul,,,,,,,,,,,,, bertujuan untuk
mengajak dan menyadarkan peran kita ditengah-tengah masyarakat luas.










BAB II
PEMBAHASAN
1. Pengertian filsafat dakwah
1. Pengertian
filsafat
Akar
dari kata filsafat berasal dari Yunani, yaitu dari kata philosophia, philo.
Artinya cinta, shophia berarti cinta, berart bijaksana atau kebenaran.
Kata filsafat
juga telah diarabkan yang wazannya (,,,,,), yaitu pengkajian asal usul segala
sesuatu, sedangkan secara terminologi berarti berfikir menurut tata tertib (
logika )dengan bebas (tidak terikat pada tradisi ) dogma, serta agama, dan
menggali sedalam-dalamnya sehingga sampai kedasar dari persoalan.

2. Pengertian
dakwah

Dakwah
dalam artian luas adalah meliputi semua potensi yang ada pada manusia dan
terkait dengan kehidupan kesehariannya sepanjang zaman.
Secara
terminologis dakwah berarti mewujudkan ajaran islam kepada seluruh umat manusia
( baik muslim maupun tidak ), sehingga tujuan akhir akan tercapai yaitu kebahagiaan
lahir dan bathin.

3. Pengertian
Filsafat dakwah

Kalau
digabung kata filsafat dengan dakwah, Maka menjadi kata majemuk yang bisa
berarti hikmah dakwah, dan kebenaran dakwah.
Filsafat dakwah
ialah membahas faktor-faktor dan dasar-dasar dakwah secara analitis, kritis,
dengan tujuan untuk menyatakan kebenaran islam, atau setidak-tidaknya untuk
menjelaskan bahwa ajaran islam itu tidak bertentangan dengan logika, sehingga
orang mudah tertarik serta bersedia mengamalkannya.
Dengan
demikian filsafat dakwah ialah suatu pengetahuan yang mengkaji dakwah dan
penyampaian ajaran islam didalam acuan ciptaan, sosial, akhlak, dan sebagainya yang
telah terdapat dasar-dasarnya didalam dakwah itu sendiri

5/23/2009

filsafat dakwah

KATA PENGANTAR

بسم لله الر حمن الرحيم

Segala Puji bagi Allah Yang Telah Memberi Rahmat Dan Karunianya Yang Tiada terhingga terhapad kita semua, sehinga kami dapat menyelesaikan makalah ini walaupun masih banyak kekurangan didalamnya, shalawat dan salam kita mohonkan kepada allah agar tercurah kepada Nabi Muhammad saw semoga allah selalu merahmatinya.

Dengan pertololangan dan hidayah allah swt, makalah filsafat dakwah alhamdulilah dapat kami selesaikan, sebagai bahan kuliah dan tugas pengganti ujian mid semester. Sebagai bahan referensi bagi kami dan teman-teman semua, adapun makalah ini tentu tidak akan membelenggu kita untuk mencari referensi yang lebih banyak lagi dalam mempertajam perkulihan kita amin.

Kami sebagai penyusun berharap para pembaca memberikan kritik dan saran yang positif untuk kesempurnaan makalah ini. Merupakan harapan pula, semoga makalah ini tercatat sebagai amal saleh bagi penulis dan pembuatan makalah ini mudah-mudahan bermamfaat amin.

Padang, 03 april 2008

Penulis

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR .......................................................................................... i

DAFTAR ISI.......................................................................................................... ii

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar belakang ............................................................................................ 1

  1. Tujuan ………………………………………………………………….... 1

BAB II PEMBAHAN

A. Sejarah menajemen humas/public relation…………………....................... 2

  1. Pengertian dan fungsi menajemen…………............................................... 3
  2. Public relation, alat menajemen modern.................................................... 4
  3. Menajemen strategi humas………………….............................................. 5
  4. Program kerja dan aktivitas humas.............................................................. 6

1. proses perencanaan humas..................................................................... 6

2. perencanaan program public relation..................................................... 6

BAB PENUTUP

  1. Kesimpulan …………………………………………………………….. 8
  2. Saran……………………………………………………………………. 8

DAFTAR PUSTAKA .......................................................................................... 9

BAB I

PENDAHULUAN

A. PENGERTIAN FILSAFAT DAKWAH

Akar kata filsafat berasal dari bahasa yunani, yaitu philosofhia. Philo, artinya cinta, shopia berate bijaksana atau kebenaran, sehingga phioshopia mengandung arti cinta kebenaran. Orang yang mencintai kebenaran ia akan berupaya memperoleh dan memilikinya.

Dakwah dalam kontek ini adalah dalam artian luas, bukan dalam artian sempit. Dalam arti luas meliputi semua potensiyang ada pada manusia dan terkait dengan kehidupan kesehariannya seoanjang zaman, sedang dakwah dalam artian sempit adalah pembicaraan seputar ibadah mahdhoh (rutinitas) dengan sitem penyampayan yang sederhana. kalau di gabung kata filsafat dengan kata dakwah, maka menjadi kata majamuk "filsafat dakwah" bias disebut hikmah dakwah, kebenaran dakwah[1].

B. GUNA DAN TUJUAN FILSAFAT DAKWAH

Tujuan filsafat dakwah adalah dapat meberikan pemahaman yang bersifat universal tentang suatu unit ajaran islam secara mendalam, mendasar dan fradikal sampai keakar-akrnya, sehingga akhirnya dapat membawa kepada kebenaran yang hakiki, kebenaran hakiki tersebut terimplementasikan dalam sikap kesehariannya sebagai seorang islam.

Lebih jauh bertujuan memberikan kepuasan kepada sebahagian jiwa yang amat berharga juga mengantarkan seorang sampai kepada keprcayaan keagamaan yang benar, yang kalausebelumnya hanya diterima secara domatis dan absolute.maka pada akhirnya bukan hanya mitologis semata, tetapi juga diterima malaui kerangka fikirin yang rasional juaga akan memberi artinya penting dalam menyadari otoritas dirinya sebagai makhluk yang berdimensi dalam memahami diri dan miliunya[2].

C. PERIODISASI FILSAFAT DAKWAH

Pada periode modern kwalitas dakwah megaliman kemunduran SDM yang pernah berjaya pada periode klasik menjadi langka di priode modern ini. Filsafat dakwah merupakan suatu bidang ilmu yang baru karena berkembang baru pada wal-awal abad sembilan belas yangbaru drintis oleh para ahli dakwah dalam mengkombinasikan antara dakwah dan filsafat, yang tujuannya mencari hakikat daridakwah itu sendiri.

BAB II

FAKTOR-FAKTOR DAKWAH

A. HAKIKAT DAKWAH

Da'i merupakan orang yang mengajak kepada kebaikan, banyak pendapat-pendapat para-para ahli tentang da'I ini. Adapun para ahli berbagi pendapat tentang hakekat hadist ini, diatara para ahli berpendapat antara lain:

1. Dar el-mushreq

Menurut beliyau da'I adalah orang yang bertugas mengajak manusia kepada agama islam atau mazhabnya[3] pendapat ini ini sejalan dengan al-bayanuni, yaitu penyampai islam mengajarnya dan membawanya seorang untuk mengikutinya.

2. Drs. K.H.A. Syamsuri

Dalam bukunya beliyau menjelaskan bahwa da'i ialah suatu badan yang berusaha untuk melakukan kegiatan yang disengaja dan berencana, bertujuan untuk mengajak, meningkatkan dan mengemban kesadaran orang perorang dan masayarakat supaya tertarik kepada ajaran islam dan bersedia melaksanakannya

3. A. Hasyimi

Menurut A.Hasyimi, dalam bukunya dustur dakwah menurut Al-Qur'an, bahwa imam Al-Ghazali mengemukakan pendapatnya bahwa da'i itu adalah para penasehat, para pemimpin dan para pemberi ingat, yang memberikan nasehat dengan baik, yang mengarang dan berkhutbah, yang memusatkan jiwa raganya dalam wa'ad dan wa'id (berita pahala dan siksa) dan dalam memberikan kampong akhirat untuk melepaskan orang-orang yang karam dalam gelombang dunia[4]

Dapat dipahami bahwa da'I adalah orang perorangan dan atau lembaga/badan yang bertugas membawa orang lain kepada jalan kebenaran di lakukan melalui hikmah, baik oleh pemimpin, pengarang/penulis ataupun oleh siapapun sesuai dengan profesinya berusaha meningkatkan, kalbu dan mengembangkan kesadaran orang perorangan dan mesyarakat pada agama islam dan bersedia mengamalkannya. Apa yang di yang diuraikan di atas memberi isyarat bahwa setiap orang yang mengajak manusia kepada yang baik, dan mencegah dari perbuatan yang keji atau perbuatan mungkar adalah da'i. jadi hakekat da'I itu adalah setiap kegiatan perbuatan yang menjcegah orang per orang ataupun badan dari perbuatan mungkar dan mengajak kepada yang makruf.

A. HAKIKAT MAD'U

Unsur dakwah yang kedua adalah mad'u, yaitu manusiayang menjadi sasaran dakwah atau manusia penerima dakwah, baik sebagai indifidu maupun sebagai kelompok, baik manusia yyang beragam islam maupuntidak : atau secara keseluruhan manusia, sesui dengan firman allah QS. Saba' 28:

"Dan kami tidak mengujtus kamu, ,alaikan kepada umat manusia seluruhnya sebagai pembawa berita gembira dan pemberi peringantan, tetaoi kebanyakan manusia tiada mengetahui"

Kepada manusia yang belum beragama islam, dak wah bwrtujuan untuk mengajak mereka mengikuti agama islam, sedangkan kepada orang-orang yang sudah beragama islam dakwah bertujuan meningkatkan kwalitas iman,islam,ihsan.

Mad'u (mitra dakwah) tertidiri dari berbagai macam golongan manusia. Oleh karena itu, golongan mad'u sama dengan menggolongkan manusia itu tediri, profesi, ekonomi dan seterusnya.

Muhammad abduh membagi mad'u menjadi tiga golongan yaitu:

1. golongan cerdik cendikiawan yang cinta kebenaran, dapat berpikir secara kritis, cepat menangankap persoalan.

2. golongan awam, yaitu, kebanyakan orang yang belum dapat berpikir kritis dan mendalam, belum dapat menangkap pengertian-pengertian yang tinggi

3. golongan yang berbeda dengan golongan diatas mereka senang membahas sesuatu tetapi hanya dalam batas tertentu, tidak sanggup mendalam benar

mad'u juga dapat dilihat dari derajad pemikirannya sebagai berikut:

1. umat yang berfikir kritis, yaitu orang-orang yang berpendidikan, yang selalu berfikir mendalam sebelum menerima sesuatu yang dikemukakan padanya

2. umat yang mudah di pengaruhi, yaitu masyarakat yang mudah dipengaruhi oleh paham baru tanpa menimbang-nimbang secara manta papa yang dikemukakan kepadanya.

3. umat bertaklid, yaitu golongan fanatic, buta berpegang pada tradisi, dan kebiasaan turun-menurun tempat menyelidiki salah satu benar.

Jadi yang dikatakan mad'u adalah orang yang menjadi sasaran dakwah dimana mad'u terdiri dari berbagai macam keadaan yang harus disiasati oleh para pendakwah untuk sesaui memberikan dakwah sesaui dengan kemampuan mad'unya, maka seorang da'I harus tepat membaca mad'unya.

C. HAKIKAT MATERI

Al-Qur'an sewaktu mengambarkan materi apa atau pesan apa yang disampaikan dalam berdakwah, digambarkan dengan banyak surat di dalam al-qur'an salah satunya surat Ali imran

وَلْتَكُنْ مِنْكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَأُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ (104)

Artinya

"dan hendaklah ada segolongan di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang ma'ruf, dan menjegahdari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung" (Ali-Imran 104)

Banyak lagi ayat-ayat al-qur'an yang yang menyangkut tentang dakwah QS,30:104 disebut dengan khair, dan ma'ruf, QS: 12;108 dan QS: 16: 108 disebut dengan sabili rabbika dan memang seharusnya menjadi materidakwah islam, paling kurang ada empat trem yang menunjukan pesan dakwah : sabili rabbika, kedua khair, ketiga, ma'ruf, dan keempat Al-islam, ini merupakan dasar dari materi dakwah islam.

Sebagai pesan dakwah diungkap dengan kata al-islam. Islam berasal dari aslama, dalam bahasa Indonesia berarti tunduk, patuh , menyerah, artinya "menyatakan kepatuhan dan menerima apa-apa yang di bawa nabi Muhammad saw, itu terhimpun dalam al-qur'an dan sunnah. Maka al-qur'an dan sunnah nabi saw harus menjadilandasan materi dakwah.

Berdasarkan apa yang di bahas di atas materi dakwah dari al-qur'an di atas , yang agak sedikit tematis, dapat di pahami bahwa bahwa yang dapat dijadikan materi dakwah bukan suatu yang dating dari allah swt saja lewat wahyunya atau yang disabdakan oleh nabi Muhammad Saw, tetapi juga adat istiadat kebudayaan atau hasil pemikiran manusia yang baik dan tidak bertentangan dengan akal sehat dan ajaran islam-dapat dijadikan sebagai materi dakwah. Justru itu tidak salah kalau al-qur'an sangat mendukung peamakayan akal/pemikiran secara maksimal karna dengan mempergunakan akal secara baik danmaksimal akan membawa manusia pada kemudahan dalam hidupnya. Seperti yang terlihat sekarang ilmu dan teknologi telah membawa manusia kapada kemudahan-kemudahan,

Dapat kita sepakati bahawa materi yang di sampaikan dalam dakwah harus berlandaskan pada al-qur'an dan sunnah

D. HAKIKAT METODE DAKWAH kata metode berasal dari bahas yunani methodos yang berati cara atau jalan, dalam bahasa indnesia kata tersebut mengandung arti cara yang teratur dalam berfikir baik untuk mencapai maksud atau memperoleh tujuan tersebut.

Metode dakwah dalam perspektif Al-Qur'an, telah dilakukan oleh nabi Muhammad secara teratur dan telah tersusun dengan baik untuk mencapai tentang pemahaman yang benar tentang apa yang di maksudkan allah dalam ayat-ayatnya.

Kenyataan ini memgambaran gambaran bahwa metode dakwah yang dilakukan rasulullah dalam membawa manusia dalam islam beriskan langkah atau cara-cara yang harus ditempuh dalam melakukan dakwah islam pada manusia.

Bila dikaitkan antara methode dengan dakwah dalm suatu pengertian dapat dikatakan sebagai jalan atau cara yang dipakai juru dakwah dalam menyampaikan ajaran islam.

1. metode hikmah

kata hikmah berasal dari bahasa arab ح ك م jama'nya hikam yaitu ungkapan yang mengandung kebenaran yang mendalam, dalam bahasa Indonesia diartikan kebijaksanaan. Al-maghazawi pada pendapatnya yang sama mengemukakan hikmah mengandung semua maknayang terkanndung dalam Al-qur'an

varian pada metode hikmah dalam pandangan ilmuan, bila dikaitkan dengan tafsiran surat An-NAHL:125 sebagai kerangka dasar metode dakwah, A, hasjmi mepertegas bahwa hikmah adalah ilmu pengetahuan[5] , sewdangkan Natsir mamahami bahwa hikmah itu dipergunakan untuk semua golongan, yaitu golongan cerdik pandai, golongan awam dan golongan yang ada diatara keduanya.

2. metode maw'izhah al-hasanah

kata maw'izhah adalah perubahan kata dari akar kata dasar (w, 'a zh) artinya memberi nasehat, memberi peringatan kepada seorang yang bias membawa taubat kepada allah swt.

Dakwah maw'izah al-hasanah tidak tertuju kepada satu keelompok orang akan tetapi juga berlaku untuk semua golongan masayarakat.kenyataan inimenunjukan bahwa pengajaran yang baik bukan hanya ditandai pemilihan materi dakwah yang menarik sesui dengan tingkat kecerdasan audiens, tetapi juga diikuti tindakan tindakan atau langkah-langkah yang dapat menjadikan tuntunan sebagai tempat berpijak bagi mayarakat.

3. metode mujadalah al-alti hiya ahsan

secara etimologi kata mujadalah berasala dari bahasa arab (jadala) artinya berbantah-bantah, berdebat, bermusuh-musuhan, sedangkan menurut istilah terdapat beberapa pendapat di kalangan ulama antara lain: ibnu sina beliyau berpendapat bertukar pikiran dengan cara bersaing dan berlomba untuk mengalahkan lawan bicara.

Memperhatikan kondisi social masarakat sejalan dengan tingkat perkembangan dan kemajuan manusia bahwa ada dua bentuk mujadalah, yaitu mujadalah Al-su'I dan mujadalah ahsan. Mujadalah ahsan agaknya dapat dikatakan berdiskusi dengan baik untuk menemukan kebenaran. [6]

E. HAKIKAT MEDIA

Media dakwah ialah alat objektif yang menjadi saluran, yang menghubungkan ide dengan umat suatu elemen yang vital dan merupakan urat dalam totaliteit dakwah.

Kalau dilihat secara ikesplisit tidak ada penjelasan al-qur'an tentang media atau alat apa saja yang digunakan untuk menyampaikan dakwah, tetapi secara implicit banyak isyarat Al-qur'an tentang masalah media ini. Antara lain hamzah ya'cub, mengelompkan media dakwah tersebut.

1. Lisan

Bahasa adalah media pokok dalam menyampaikan dakwah islam kepada orang lain, nabi menyampaikan dakwahnya pertama kali dengan media lisan secara langsung termasuk dalam kelompok media ini adalah antara lain khutbah, pidato, ceramah, kuliah, diskusi,

2. tulisan

yakni dakwah yang dilakukan dengan perantara tulisan, umpanya buku-buku, majalah, surat-surat kabar,kuliah-kuliah tertulis, rasul pun telah mencontohkan dengan memerintahkan menulis surat yang ditujukan kepada kepala Negara yang bukan islam untuk menyeru mereka agar masuk islam, seperti surat beliyau ke kisra di Persia,heraklius di bizantium, mauqaqis di mesir, negus di ethopia, antara lain berbunyi, saya mengajak tuan memperkenankan panggilan allah peluklah islam agar tuan selamat[7].

Sebagai isyarat terpenting tentang peran huruf, pena tulisan dalam pelaksanaan dakwah islamiah, hal ini dapat kita pahami dalam surat al-alaq 1-5

اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ(1)خَلَقَ الْإِنْسَانَ مِنْ عَلَقٍ(2)اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ(3)الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ(4)عَلَّمَ الْإِنْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ(5)

Artinya adalah

"bacalah dengan menyebut nama tuhanmuyang meciptakan, dia telah meciptakan manusia dari segumpal darah, bacalah, dan tuhanmulah yang maha pemurah, yang mengajarkan dengan perantara qalam, mengajarkan apa yang tidak diketahuinya

3. lukisan

yakni gambar-gambar hasil seni lukis, foto, film, media ini memang banyak menarikperhatian orang dan banyak dipakai untuk mengambarkan suatu maksud ajaran yang ingin disampaikan kepada orang lain. Namun sulit di temukan isyaratnya dalam hadist

4. audio-visual

yakni suatu cara penyampayan yang sekaligus merangsangpenglihatan dan pendengaran. Bentuk ini dilaksanakan dalam televise dan media jenis lainnya, juga tidak begitu jelas isyaratnya dalam Al-Qur'an

pada khirnya kita sanpai pada suatu hakekat atau kebenaran bahwa dalam menyampaikan dakwah perlu metode dalampenyampayan pesan dakwah, penyampayan atau penmpatan metode yang tepat sasaran dapat menimbulkan suatu keberhasilan dalam dakwa, sebalaiknya jika penempatan metode kurang tepat akan menyebabkan kurang diterimanya pesan oleh audian yang menybabkan gagalnya dakwah[8].

BAB III

ANALISI

A. MEWUJUDKAN DA'I ISLAM

Dalam mewujudkan da'I islamyang bebobot sangat banyak hal yang harus diperhatikan, dalam perkembangan dakwak akhir-akhir ini kita dapat melihat banyak bermunculan da'I karbitan kana tidak memiliki kwalitas yang baik sebagai seorang juru dakwah, akibatnya apa? Pesan yang disampaikan kepada mad'unya tidak sampai sehingga sering terjadi salah memahai.

Untuk mengatasi hal yang seperti ini yang harus di perhatikan adalah kwalitas yang benar-benar mapan dengan ilmu pengetahuan sebelum turun kemasyarakat, paling tidak ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mewujudkan da'I islam yang berkwalitas ini diantara:

1. meneladani allah dan rasul

persyaratan utama yang harus dipenuhi oleh seorang juru dakwah harus meneladani allah dan rasulnya artinya berakhlak dengan akhlak allah: mengaktualisasikan asma allah yang seluruhnya bermakna mulia, serata memperlihatkan wajah allah dimuka bumi. Sebagaimana akhlak rasul itu adalah Al-qur'an da'I harus berusaha mengamalkan Al-qur'an dengan seutuhnya.

2. mencintai allah dan rasul lebih dari yang lain

para pendakwah harus memahami bahwa yang ia sampaikanadalah pesan-pesan sacral yang tidak dapat ditawar dengan apapun, segala betuk bujukan dan rayuan yang dating dari pihak-pihak yang ingin menghancurkan dunia islam agama allah harus ditolak metah-mentah sebagai menifestasi sikap cintanya kepada agama , a

3. anti maksiat dan mungkarat

bentuk berhala yang sangat dekat dengan manusia dan sebenarnya sangat dirasakan adalah maksiat. Seorang da'I harus peka terhadap mesalah ini dengan menasehati penguasa agar melaksanakan amarma'ruf nahi mungkar.

Singkatnya menurut penulis dalam mewujudkan islam yang berkualitas minimal dia haril memiliki dua buah hal yang utama yaitu pengendaliandiri dan keteladanan, dengan pengendalian diri ia akan terhidardari yang memalingkanya dari misi islam, sedangkan dengan keteladanan misi yang dia embank akan lebih mudah di terima oleh masyarakat[9]


[1] Salmadanis, filsafat dakwah, hal 18

[2] Salmadanis, filsafat dakwah, hal 21

[3] Dar el-musreq, munjidul at-thulub,Beirut, Al-maktub as-syarqiyah, 1974

[4] Muhammad abu al-fatah Al-bayanuni, Al-madkhl ila ilm al-dakwah, beirut, 1995, h 40

[5] Muhammad abduh,tafsir al-qur'an al-hakim

[6] Salmadanis, filsafat dakwah hal 171

[7] Salmadanis, filsafat dakwah hal 186

[8] Salmadanis, filsafat dakwah hal 186

[9] Pimpinan pusat muhammadiah, dakwah I, hal 219

interaksi sosial

DAFTAR ISI 
KATA PENGANTAR
BAB I
Pendahuluan
BAB II
Pembahasan
A. Pengertian
  1. Faktor-Faktor Interaksi Sosial
    1. Imitasi
    2. Sugesti
    3. Identifikasi
    4. Simpati
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Kritik dan Saran
KATA PENGANTAR

oleh firdaus bin musa
BAB I
PENDAHULUAN

Masyarakat tidak akan bisa melakukan jual beli ( memenuhi kebutuhan ) tanpa berinteraksi, kalau sudah berinteraksi, Maka sesuatu yang ada pada masyarakat lain akan mudah didapat, dulu sebelum ada yang namanya jual beli, cara yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan lain ialah dengan sistem barter [1].
Zaman yang semakin hari makin berubah ikut membuka pola pikir manusia, sehingga dengan berkembangnya pola pikir cara berinteraksi tersebut dapat dikenali dengan beberapa istilah dalam rangka mengenali sifat dan karakter individu lain, pada makalah ini kami akan mengangkatnya, dan menurut kami setelah kita mempelajari makalah ini cara hidup dan berataptasi kitapun akan lebih baik dari sebelumnya.
Kemudian dari istilah yang akan penulis kemukakan ini, kita baru menyadari betapa beruntungnya kita mempelajari psikologi sosial
BAB II
PEMBAHASAN
INTERAKSI SOSIAL
  1. Pengertian Interaksi Sosial
Interaksi sosial adalah: suatu konsep abstrak yang dapat diterapkan dalam kehidupan pada kejadian - kejadian dalam berbagai kehidupan sehari- hari . dalam interaksi sosial, individu - individu yang satu dengan yang lainnya secara tidak langsung ( tatap muka ) / menggunakan media, baik dengan tujuan damai maupun dengan tujuan bertikai [2] .
Interaksi sosial adalah hubungan timbal balik yang dinamis antara individu dengan individu, antara individu dengan kelompok, antar kelompok dengan kelompok, baik dalam kerja sama persaingan / pertikaian .
Interaksi sosial adalah : suatu hubungan antara dua orang / lebih dimana kelakuan individu yang satu dengan yang lain mempengaruhi, mengubah / memperbaiki kelakuan individu yang lainnya / sebaliknya[3]
  1. Faktor – Faktor Interaksi Sosial
1. Imitasi
Imitasi adalah: proses sosial / tindakan seseorang untuk meniru orang lain baik sikap, penampilan, maupun gaya hidup [4].
Proses imitasi pertama kali terjadi dalam sosialisasi keluarga . misalnya: seorang anak sering kali meniru kebiasaan orang tuanya seperti cara bicara dan berpakaian. dari lingkungan keluarga proses imitasi terus berkembang dalam lingkungan yang lebih luas, mulai dari lingkungan tetangga sampai dengan lingkungan masyarakat lainya .
Proses imitasi mengarah kepada hal-hal yang positif / negatif. apabila mengarah kepada hal- hal yang positf. Kondisi masyarakat akan bertambah stabil dan harmonis sehingga dapat menciptakan keselarasan dan keteraturan sosial .
Namun sebaliknya apabila proses imitasi mengarah kepada hal –hal dampaknya akan negatif pula, yang menimbulkan berbagai proses penyimpangan sosial yang akan melemahkan sendi – sendi kehidupan sosial budaya. dengan demikian , akan melemahkan keseluruhan proses sosial yang terjadi dalam masyarakat. agar proses imitasi tidak mengarah kepada hal –hal yang bersifat negatif diharapkan adanya kondisi masyarakat yang dapat menumbuh kembangkan sistem norma yang mampu menunjang sendi–sendi kehidupan masyarakat .
Menurut Gabriel tardie seluruh kehidupan sosial sebenarnya faktor imitasi . tidak seluruh hubungan sebagian besar dari interaksi sosial sesorang terlihat karena pengaruh imitasi[5] :
a. Anak belajar berbicara: mula–mula anak mengulang–ulang bunyi-bunyi, mengimitasi bunyi–bunyian yang dibentuknya sendiri sambil melatih fungsi lidah. selanjutnya ia meniru ucapan-ucapan orang lain dan belajar kata- kata. Kemudian anak memberi arti pada kata–kata karena mendengar dan meniru bunyi–bunyian yang tidak akan bisa berbicara dan berinteraksi melalui percakapan sebagai alat komonikasi .
b. Cara menyatakan diri melauai ekpresi diri, seperti cara–cara memberi isyarat tanpa bahasa dan lain–lain .
c. Cara berpakaian, model pakaian , mode pakaian dan rambut sering meluas melalui imitasi .
d. Adat istiadat, konvensi – konvensi, tata cara hidup yang turun temurun dalam bentuk tradisi, bersama dengan struktur masyarakat dipengaruhi oleh imitasi .
e. perkembangan kepribadian seseorang dan pendidikan juga memperlihatkan peranan imitasi. meniru suatu contoh yang baik dapat merangsang perkembangan kepribadian seseorang kearah yang positif. imitasi teladan yang baik dapat mendorong / suatu kelompok kearah pelaksanaan perbuatan-perbauatan yang baik .
Imitasi/peniruan bersifat negatif bilamana :
  1. hal–hal yang ditiru secara moral dan hukum tidak dapat dibenarkan .
  2. perbuatan -perbuatan yang salah, pandangan-pandangan yang menyesatkan ,bila ditiru oleh banyak orang yang menyesatkan, bila di tiru oleh banyak orang menjadi kesalahan kolektif .
  3. proses imitasi menyebabkan orang menerima sesuatu, meniru sesuatu tanpa krirtik, tanpa pertimbangan / tidak lagi terbiasa berpikir kritis .
karena imitasi orang yang malas berpikir kritis dan dangkal dalam berpikir. Sebagai suatu segi dalam proses interaksi sosial menerangkan mengapa dan bagaimana terbentuknya keseragaman dalam tingakah laku dan pandangan banyak orang.
syarat- syarat orang meniru :
1. Minat dan perhatian seseorang cukup besar terhadap suatu hal tertentu .
2. Sikap menjung tinggi / mengagumi hal yang ditiru
3. Akan mendapat penghargaan sosial kalau meniru satu pandangan / tingkah laku tertentu .
Dengan meniru pandangan dan tingkah laku, seseorang mewujudkan sikap -sikap, ide–ide, tata hidup suatu kelompok sehingga memudahkan hubungan dengan anaggota lain dari kelompoknya .
2. Sugesti
Sugesti adalah : Rangsangan, pengaruh / stimulus yang diberikan oleh seseorang individu kepada individu lain, sehingga yang menerimanya menuruti / melaksankan apa yang disugestikan tanpa berpikir lagi secara kritis dan rasional sugesti dapat diberikan oleh individu kepada individu kepada kelompok, atau kelompok kepada seeorang individu [6].
Wujud sugesti dapat berupa berbagai bentuk sikap / tindakan seperti perilaku, pendapat, saran, dan pertanyaan dan iklan dimuat dimedia cetak / media elektonika juga dapat merupakan salah satu bentuk sugesti yang bersifat misal: iklan obat kumis yang diperagakan oleh sesorang seolah–olah kumisnya tipis dapat mempengaruhi orang lain untuk membeli obat tersebut .
Faktor – faktor sugesti juga memegang peranan penting dalam kelangsungan interaksi sosial. sugesti dan imitasi dalam hubungannya dengan interaksi sosial pada dasarnya hampir sama, yaitu mengikuti sesuatu diluar dirinya, pada sugesti seseorang memberikan pandangan / sikap dari dirinya / diikutinya[7] .
Sugesti: proses dimana seseorang menerima suatu cara orang lain tanpa kritik terlebih dahulu sugesti berperan dalam pembentuikan norma–norma kelompok, petunjuk-petunjuk sosial dan norma moral.
syarat - syarat yang memudahkan terjadinya sugesti :
a. sugesti karena ada hambatan
Dalam berpikir: sugesti karena ada hambatan dalam berpikir. pada sugesti, orang lain tanpa pertimbangan terlebih dahulu . seorang menerima anjuran orang lain, tanpa dipikirkan lebih mendalam. karena itu suatu sugesti akan mudah berlangsung bila pikiran mengalami hambatan yaitu: apabila seseorang sudah lelah berpikir / daya berpikir berkurang karena perangsang emosional ( membuat suasana menarik perhatian dengan mengagumkan , mempersonakan .
b. sugesti mudah berlangsung
Bila dipikirkan terpecah belah ( disosialisikan ) pikiran seseorang akan bercabang, bila menghadapi berbagai kesulitan hidup yang majemuk, sehingga ia tidak dapat mengatasinya dan menjadi bingung seseorang yang telah menjadi bingung. seorang yang telah menjadi bingung, akan mudah menerima sugesti orang yang menunjukan jalan keluar / penyelesaiannya kesulitan yang dihadapinya. contoh: seseorang yang kedokter, tiba – tiba kedukun untuk sesuatu. permainan sikap sulap akan bermula memecahkan perhatian penonton, untuk dapat memberikan sugesti, sehingga penonton tak dapat menemui rahasianya .
c. Sugesti karena otoritas dan prestasi
Seseorang akan cendrung menerima pandangan - pandangan / sikap - sikap tertentu , apabila pandangan tersebut memilki oeleh ahli dalam bidang tertentu dianggap mempunyai otoritas / pun orang yang memepunyai prestise sosial yang tinggi .
d. Sugesti karena mayoritas
seseorang cendrung menerima suatu pandangan bila pandangan tersebut disokong oleh mayoritas, sebagian besar dari golonagn / kelompok nya. biasanya orang lain akan menerima suatu pandangan, tanpa berpikir lebih mendalam, apalagi kebanyakan sudah berpendapat demikin .
e Sugesti karena kehendak untuk percaya / keinginan
Untuk meyakini diri. sugesti membuat kita sadar akan adanya sikap –sikap dan pandangan -pandangan tertentu pada sesorang .dengan sugesti suatu sikap / pandangan tertentu diterima oleh karena sikap / pandangan itu sebenarnya sudah terdapat pada orang tersebut, tetapi dalam keadaan terpendam .jadi isi dari sugesti itu, diterima tanpa pemikiran lebih lanjut, oleh karena pada orang tersebut, sudah ada kesedian untuk lebih sadar, dan yakin akan hal-hal yang dianjurkan kepadanya, yang sebenarnya tidak ada padanya.
R Messerschmidt : menyelidiki sugesti pada anak.
Anak umur 4 tahun kurang dapat dipengaruhi sugesti mengenai sikap-sikap sosial.
4-9 tahun: Makin mudah diberi sugesti
7-8 tahun: Paling mudah dipengaruhi sugesti sosial
Sesudah 9 tahun, sugesti stabilitas anak mulai kurang lagi
9 tahun: mulai menjadi manusia sosial (meningkatnya perkembangan sosial )
10 tahun mulai berfikir kritis, sulit terkena sugesti sifat-sifat sosial
3. Identifikasi
Identifikasi upaya yang dilakukan individu untuk menjadi sama( identik )dengan idividu yang ditirunya.
Oleh sebab itu, proses identifikasi erat kaitannya dengan imitasi.pola meniru sudah begitu erat sehingga sipeniru sudah mengidentifikasikan dirinya menjadi sama dengan yang ditirunya.proses identifikasi tidak hanya terjadi melalui serangkaian, proses peniruan prilaku saja, tetapi juga melalui proses kejiwaaan yang sangat dalam.contoh seorang siswa yang mengagumi gurunya, sering mengidentifikasinya, seperti guru yang dikaguminya.
Interaksi sosial yang sangat akrab dan terpola melalui jaringan komunikasi yang harmonis juga banyak memungkinkan terjadinya proses identifikasi. Seorang anak perempuan yang begitu dekat dan akrab dengan ibunya suka mengidentifikasikan dirinya menjadi sama dengan ibunya. Kira-kira pada umur lima tahun anak belajar norma-norma sosial dan peraturan-peraturan yang harus dipenuhi dengan dua cara
Pertama, melalui pendidikan dari orang tua yang menghargai tingkah laku tingkah laku yang wajar, dan memenuhi cita-cita /nilai-nilai tertentu dan sebaliknya menghukum tingkah laku yang melanggar norma-norma.dengan pendidikan yang mengajak memperoleh pengetahuan tentang apa perbuatan yang baik dan harus dilakukan serta perbuatan yang tidak baik.
Kedua, identifikasi dengan orang tua anak laki-laki terhadap ayah.anak perempuan dengan ibunya.identifikassi: kecendrungan dalam diri seseorang untuk menjadi sama ( identik dengan orang lain ). Secara tidak disadari seorang mengambil opersikap terhadap orang lain, sifat-sifat, norma-norma, pedoman-pedoman dan sebagainya.proses identifikasi terjadi:


pertama tidak disadari.
kedua secara irasional.berdasarkan kecendrungan.
ketiga kegunaan untuk melengkapi sistem dengan norma-norma, cita-cita, pedoman-pedoma


Anak mula-mula mengidentifikasi diri dengan orang tua, remaja bisa mengidentifikasi diri dengan orang lain, yang dihormatinya, tokoh masyarakat, orang-orang yang terpandang dan yang dikagumi.seorang yang masih kurang norma-norma, sikap-sikap diberinya, dalam bidang apapun akan mengidentifikasi dirinya dengan yang dianggapnya tokoh dalam lapangan kehidupan dimana ia diri masih kurang.
Seorang yang hidup dalam masyarakat yang berubah-rubah dengan situasi hidup yang beraneka ragam, harus secara terus menerus melengkapi sistem norma-normanya.seorang akan menjadi figur identifikasi bilamana orang tersebut dianggap tokoh/dianggap ideal dalam suatu segi tertentu. Oleh karena itu para identifikasi lebih banyak interaksi sosial, yang mendalam dari pada imitasi maupun sugesti.
4. Simpati
Simpati adalah: suatu proses kejiwaan yang merasa tertarik pada seseorang atau sekelompok orang, karena sikap, penampilan, wibawa, atau perbuatannya, perasaaan simpati itu dapat juga disampaikan kepada seseorang, sekelompok orang atau sudah lembaga formal pada saat-saat khusus.contoh pada peringatan ulang tahun kemerdekaan RI, pada saat kenaikan kelas atau pada saat kenaikan jabatan.apabila perasaan simpati timbul dari seseorang perjaka terhadap gadis atau sebaliknya, kelak akan akan menimbulkan perasaan cinta kasih dan kasih sayang.
Perasaan itu merupakan salah satu bentuk kebutuhan manusia dalam bentuk daya tarik menarik yang dilandasi perasaan cinta antara pria dan wanita.simpati juga memegang peranan penting dalam interaksi sosial.
Simpati: terasa tertariknya terhadap orang lain.simpati timbul tidak berdasarkan logika, melainkan penilaian perasaan. Seseorang dengan tiba-tiba akan merasa tertarik pada orang lain, karena keseluruhan tingkah lakunya.simpati merupakan proses yang disadari. yang menghubungkan dua orang simpati timbal balik akan menghasilkan kerja sama dimana orang yang satu ingin lebih mengerti yang lain, sehingga dapat berfikir merasa dan bertingkah laku seolah-olah menjadi orang lain.
BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN .
Interaksi sosial adalah: suatu konsep abstrak yang dapat diterapkan dalam kehidupan pada kejadian - kejadian dalam berbagai kehidupan sehari- hari
Faktor – Faktor Interaksi Sosial
Imitasi
Imitasi adalah: proses sosial / tindakan seseorang untuk meniru orang lain baik sikap, penampilan, maupun gaya hidup.
Sugesti
Sugesti adalah : rangsangan, pengaruh / stimulus yang diberikan oleh seseorang individu kepada individu lain
Simpati
Simpati adalah: suatu proses kejiwaan yang merasa tertarik pada seseorang atau sekelompok orang,
Identifikasi
Identifikasi upaya yang dilakukan individu untuk menjadi sama( identik )dengan idividu yang ditirunya Identifikasi
Identifikasi upaya yang dilakukan individu untuk menjadi sama( identik )dengan individu yang ditirunya
KRITIK DAN SARAN
Penulis menyadari, nahwa makalah ini meskipun membuka pikiran kita, khususnya dalam berinteraksi sosial dalam masyarakat, akan tetapi belumlah semua ini bisa dijadikan sepenuhnya petunjuk, karena pemakalah belum mengambil buku penting lainnya sebagai rujukan, oleh karena itu kritik dan saran yang membangun pemakalah harapkan sekali.
DAFTAR PUSTAKA
Walgito, brimo (1978 ), Psikologi sosial sebagai pengantar, Yogyakarta. CV Bumi Aksra
`Wariqah, Sti.dan J Sukardi ( 1999 ), Sosiologi 1 untuk smu kelas 2 semester 2 , Jakarta: PT Cendana Putra.


[1] Menukar barang dengan barang lain menukar barang dengan barang lain
[2] Dra. Sti Wariqah Q.dan Drs J Sukardi , Sosiologi 1 untuk smu kelas 2 semester 2 , Jakarta: PT Bumi Aksara , 2Desember 1999
[3]Dr Bimo walgito , Psikologi sosial suatu pengantar
[4] Ibid hal 12
[5] Sarlito Wrawan hal