5/23/2009

dakwah pada masa dinasti umayyah

DAKWAH PADA MASA DINASTI UMAYYAH
(41-133 H 661-750 M)


Kekuasaan bani umayyah berumur lebih kurang 90 tahun,pusat pemerintahan yang semula dimadinah dialihkan ke damaskus,selama masa itu bani umayyah dipimpin oleh khalifah sebagai berikut : Muawwiyah bin Abi Syofian(661-680 M),Yazid I(680-683 M),Muawwiyah II (683-684 M),Marwan bin Hakam (684-685 M ),Abdul Malik (685-705 M),Al-walid (705-715 M ),Umar bin Abdul Aziz (717-720 M )Yazid II (720-724 M)Hisyam (724-743 M)Al-Walid II(743-744 M),Yazid III (744 M) Ibrahim (744 M),dan Marwan II (744-750 M),khalifah besar pada masa bani umayyah adalah Muawwiyah bin Abi Syofian,Abdul Malik bin Marwan,Al-walid bin abdil Malik,Umar bin Abdul Aziz,dan Hisyam bin Abdul Malik,secara umum gerakan dakwah pada masa bani umayyah dapat diklasifikasikan dalam berbagai bidng yaitu :
A.MEMBUKA WILAYAH DAKWAH BARU
Pada periode ini islam sudah masuk menyelinap hati rakyat,yaitu dikota syam,mesir,sudan,afrika utara,kepulauan dilaut tengah,andalusia,dan negeri-negeri lainnya.
a.Asia kecildan negeri Romawi
Kaum muslimin bertolak dari ibu kota negara yaitu dari damaskus menuju kepulauan yang terletak dilaut tengah dalam rangka menyebarkan agama islam dan mengamankan daerah-daerah tapal batas negeri islam,kaum muslimin menggunakan armada laut yang yang cukup besar,kapal yang dipakai sebanyak 1700 kapal,dalam ekspedisi kaum muslimin mulai menguasai pulau-pulau menuju ke konstatinopel,mereka mengepung kota tersebut selama tujuh tahun,namun belum juga berhasil.
b.Kawasan Afrika Utara dan Andalusia
Utbah bin nafi' ra,melanjutkan aktivitas dakwahnya pada masa khalifah utsman bin affansampai menundukkan tharabulus barat,kemudian bergerak kesebelah selatan sampai kenegeri sudan,kemudian beliau melanjutkan perjalanan hingga berhasil mendirikan kota qoirowan tahun 50 h,dan kota ini dijadikan markas kaum muslimin kemudian beliau melanjutkan perjalalan sehingga menembus pantai atlantik dan disana syahid.
Kemudian musa bin nushair membuka kota tonjah kemudian tunduk pula kota sabtah yang terletak dipantai afrika.
Pada masa Umar bin Abdul Aziz,dakwah islam dan bahasa arab tersosialisasi diantara penduduk barbar pada tahun 100 h.sepuluh ulama tabi'in ditugaskan oleh Umar bin Abdul Aziz untuk berdakwah dikawasan ini menyebar diseluruh wilayah dan diterima oleh seluruh lapisan masyarakat dan mayoritas akhirnya masyarakat diwilayah tersebut memeluk islam.
Musa nushair melanjutkan perjalanan menuju andalusia hasilnya cordova,granada,dan thulaithilah menjadi markas kaum muslimin,disini mereka membangun budaya ilmiah,pemikiran,dan arsitektur selama lebih dari delapan abad.
Kaum muslimin juga terus melanjutkan perjalanan menuju perancis (dekat kota paris )dibawah komando al-ghafiqi tahun 112 H,disinilah pertempuran bilath asy-syuhada'terjadi (114h ) dan disini abdurrahman al-ghafiqi mati syahid,pasukannya akhirnya mundur setelah menempuh pertempuran yang panjang.
c. Kawasan Sind dan Negeri diseberang Sungai
Gerakan dakwah dikawasan ini menempuh dua strategi
Dikawasan timur laut,yaitu negeri-negeri yang terletak diseberang sungai atau negeri-negeri yang terletak diantara dua sungai (jihun dan sihun ),kaum muslimin melanjutkan perjuangannya dibawah komando Ubaid bin Ziyad bin ubaih dan Qutaibah bin Muslim dan lainnya.
Qutaibah berhasil berhasil memasuki kawasan ini sampai hampir menguasai daerah-daerah yang berada ditepi dua sungai tersebut.Disni mereka menghancurkan berhala dan membakarnya banyak penduduk yang mawuk islam ditangannya qutaibah juga memasuki kawasan khasgar china.
Dikawasan Tenggara,didaerah Sind Muhammad bin Al-qasyim ats tsaqafi berangkat menuju kawasan ini dengan menggunakan jalan darat dan laut,beliau menghadapi raja daher akhirnya beliau memenangkan pertarungan ini,beliau melanjutkan perjalanan menuju kashmir diutara sind,gerakan perluasan wilayah juga diikuti dengan kebangkitan pemikiran dan sosial,Mesjid-Mesjid dan Sekolah-Sekolah merata dipelosok negeri,baik dikota maupun didesa,pakar-pakar hadits,sejarah aktiv beraktivitas sesuai dengan keahliannya masing-masing,bahasa arab adalah bahasa resmi "lingua franca "dimayoritas negeri muslim,selain orang arab masuk islam bebondong-bondong mereka belajar bahasa arab untuk kepentingan agama dan dunia mereka,karena itu tidak heran banyak penduduk negeri yang menjadi para ulama terkemuka dan memiliki kontrubusi besar dalam memperkaya khazanah islam.
Dakwah sektor ini melemah seiring dengan melemahnya daulah bani umayyah dipenghujung masa pemerintahannya
B. DAKWAH DIBIDANG KAJIAN DAN PENULISAN ILMIAH
gerakan ilmiah pada masa umayyah gencar dan dapat dianggap sebagai tonggak kemajuan ilmu-ilmu keoslaman sbuta masa berikut,apabila kita melihat rangkaian riwayat ibnu jarir ath-thabari dan ulama yang hidup pada masa daulah bani abbasiyyah,kita akan menemukan bahwa mereka mendapatkan sumber riwayat dari orang yang hidup sebelum mereka yaitu ulama yang hidup pada masa daulah bani umayyah atau pada masa khalifah rasyidin.
Gerakan ilmiah ini selalu bersamaan dengan gerakan futuhut islamiah,setiap kali pasukan menundukkan pasukan baru,selalu di tindak lanjuti oleh para ulama dengan mengajarkan fiqh,tafsir,hadits dan ilmu keislaman lainnya,mereka mengajarkan dan menjelaskan problematika yang yang sedang dihadapi,para ulama menyebar keseluruh pelosok negeri ada yang berangkat kemesir,syam dan afrika.
Menyebarnya ulama keberbagai negeri membuahkan berbagai gerakan ilmiah dinegeri tersebut,berdirlah kelompok-kelompok kajian dan halaqah-halaqah ilmu.
Andai kata islam datang dengan menebar kebencian,kita pasti tidak akan menemukan islam selain dari arab yang ikhlas belajar dan berikhmat untuk agama islam,peletak dasar ilmu nahwu,sibawaih,dan az zajjaj adalah non arabbegitu juga disiplin ilmu yang lain.
Pakar sejarah menyebutkan bahwa banyaknya mawali (istilah budak yang telah dimerdekakan )yang memiliki kontribusi besar dalam ilmu pengetahuan pada masa bani umayyah.dimadinah ada sulaiman bin bassar,terkenal sebagai ulama yang alim dan faqih,bapaknya adalah maulana dari maimunah istri rasulullah,ada nafi' maulana ibnu umar yang meriwayatkan mayoritas hadits dari ibnu umar,nama lain adalah rabi'ah ar ra'y.dimekah ada mujahid bin jubair,ikrimah maulana ibnu abbas,atha' bin rabah maulana bani fihr,dikufah ada sa'id bin jubair,dan dibasrah ada hasan bin bashri,disyam ada makhul bin abdullah,dimesir ada yazid bin habib.
C. MEMAKMURKAN MESJID DENGAN KAJIAN KEAGAMAAN
Ada masa daulah bani umayyah,fenomena profesionalitas dalam dakwah sudah mulai kelihatan,muncul kelompok-kelompok kajian dan halaqah-halqah dimesjid-mesjid,para ustadz duduk dimesjid dan dikelilingi oleh murid-murid.
Imam assyayuti dalam kitabnya "itqan"menyebutkan bahwa abdullah bin abbas duduk dihalamn kakbahbeliau dikelilingi oleh murid yang elajar tafsir,dipenjuru madina dan dimesjid basrah halaqah hasan basri terkenal ciri khas dari halaqah tersebut ialah kajian ilmiah,yaitu kajian tentang fiqh dan hadits.
D.PEMURNIAN DAN PENANGALAN BAHASA ARAB
akibat langsung dari meluasnya dakwah islam adalah terjadinya kontak budaya antara masyarakat pendatang dengan penduduk asli,untuk mengantisipasi rusaknya bahasa arab yang juga bahasa al-qur'anakibat kontak budaya tersebut,para ulama akhirnya berhasil meletkkan kaedah-kaedah bahasa arab tersebut.pelopor dalam bidang ini adalah abdul aswad ad duali pekerjaan ini diilhami oleh seseorang yang salah membaca ayat al-qur'an,yaitu kata warasuluh dibaca warasulih beliau terusik mendengar bacaan tersebut yang akan merusak arti,akhirnya beliau datang menemui ziyad ang pada saat itu menjabat sebagai gubernur bashrah,untuk memikirkan itu ia meminta kepada abul aswad agar meletakkan tanda-tanda yang membedakan antara harakat dan sukun.
E PENGUMPULAN PENULISAN DAN PELETAKKAN DASAR-DASAR METODOLOGI HADITS
Perhatian masyarakat terhadap terhadap hadits amat tinggi pada masa daulah bani umayyah,bentuk kepedulian tersebut dibuktikan dengan tiga kegiatan yaitu dengan pengkajian,pengumpulan dan pembukuan hadits.
Imam ahmad meriwayatkan bahwa jabir bin abdillah al-anshari mendapatkan informasi bahwa abdillah bin anis al-juhani pernah mendengar sebuah haditd rasulullah jabir bergegas membeli daerah syam dan akhirnya bertemu dengan abdillah bin anis an mendengar langsung darinya metodologi dtudi hatist ini tidak akan ditemui lagi didalam sejarah manapun didunia,pembukuan sunnah dimasa merupakan upaya utuk memelihara sumber kedua dari ajaran islam.
F.BIDANG HUKUM ISLAM
Pada masa bani umayyah ijtihad dilakukan dengan mengacu kepada khazanah yang telah dilakukan oleh khulafa rasyidin,mazhab fiqh yang belum sempat lahir pada masa kini,meskipun para mujtahid seperti al-au'za'i,ibrahim an-naukha'i,ja'far ashshodiq sudah mulai bermunculan,baru pada masa akhir bani umayyah dua imam mazhab imam malik bin annas (96-179 h) dan hanifah (80 h-150 h)di iraq.
makalah firdaus bin musa

0 komentar: