4/11/2015

" KETIKA KITA DIHADAPAN SISWA DAN MAHASISWA" MENGAJAR DAN MEMBERIKAN PENCERAHAN


Oleh : Firdaus Bin Musa


Disuatu kali saya ditunjuk sebagai instruktur dalam mengajarkan bagaimana cara mengambil gambar ( video syuting) dan edit Video, Sebagai orang yg memiliki dasar pemahaman islam, Hal yg pertama saya ingatkan pada yang menerima materi adalah bagaimana kamera dan ide yang kita jadikan ladang untuk berkarya menghasilkan kebaikan dunia kita lebih2 akhirat, Sebab bagi seorang muslim tiada yang abadi yg ia dapatkan kecuali amalan yg mendatangkan pahala, karenanya setiap apapun aktivitas  musti kita kaitkan dengan aqidah dan amalan yg mendatangkan pahala berlimpah itu ialah berupa karya yang dinikmati orang banyak, pastinya karya lahir setelah penyaringan aqidah kita.sebab itulah yang diajarkan baginda nabi muhammad saw.
Termasuk video yang ditonton orang jika ia memberi manfaat banyak orang, maka sebanyak itulah pahala yang kita dapat, sebaliknya jika karya yang kita hasilkan mengandung dan mendorong orang berbuat dosa maka sebanyak itu pula dosa yang kita tanggung, maka ketelitian dan kehati2an dalam berkarya dan membaginya musti di perhitungkan oleh seorang muslim, ketahuilah bagi seorang muslim media itu sifatnya netral alias bersih dari hal yang mengantarkan dosa pada dasarnya, jika ia bukan simbol kesyikirikan. Adapun yang membuat ia menjadi perantara kita menambah dosa karena kita juga asal mulanya, Sebab kita yang memakainya, menggunakannya dan menjadikanya karya lain, sekarang tinggal kita pilih mau menghasilkan karya yang menambah dosa atau pahala, yang jelas saya ( penulis ) telah mengarahkan kalian (peserta pelatihan) pada yang mulia, walau hanya sekedar pengantar sekarang tinggal kalian (peserta latihan) yang memilih, setelah saya berikan pengetahuan ini, ide dan proses dalam berkarya tanggung jawab kalian saja, jika suatu saat ada karya kalian yang menyimpang dari islam, jika itu saya ketahui, maka saya sebagai muslim akan menasihati kembali sebab itulah diantara kewajiban muslim, namun jika kalian sengaja melanggar itu urusan kalian dengan Allah SWT, Semua perbuatan kita akan diminta pertanggung jawabannya, Usaha saya Cukup Allah yang menjadi saksi atas apa yang saya perbuat, Hendaknya bagi siapapun yang mempunyai aktivitas seperti yang pernah saya tularkan, cobalah sebelum memberikan pengetahuan yang sifatnya teknis memulainya dengan pesan-pesan ini. Wassalam

0 komentar: