6/02/2013

BAB II-IV LAORAN MAGANG NOFENDRI DI FAVORIT


BAB II
GAMBARAN PERUSAHAAN

2.1.   Sejarah Perusahaan
Beranjak dari keinginan untuk adil memberikan hiburan dan informasi kepada masyarakat Padang dan sekitarnya, seorang anak nagari yang bernama H. Yendril yang sebelumnya dikenal sebagai kontraktor. Pada tanggal 30 April 2003 mendirikan sebuah perusahaan dengan nama PT. Radio Favorit Suara Semesta atau Favorit FM dengan frekuensi di 101,8 FM mulai mengudara dan menyapa masyarakat kota Padang dan sekitarnya, dengan brand radio dangdutnya Padang.
              Dengan program-program yang mengakar dimasyarakat, serta diisi oleh tenaga professional dan pengalaman dalam dunia penyiaran. Favorit FM akhirnya tampil sebagai salah satu radio swasta dengan meraih pendengar terbanyak di kota  Padang dan sekitarnya.
                     Keberhasilan yang diraih Favorit FM, serta keinginan untuk memberikan  informasi hiburan dan membangun Kota Padang dengan Nama FATIVI di chanel 35 UHF. Kehadiran Fativi disambut masyarakat kota Padang dengan sangat antusias.
Media ini akhirnya turut pula melahirkan bintang-bintang local yang bisa diperhitungkan. Sejalan perkembangan waktu dan permintaan pasar, akhirnya FATIVI berganti nama menjadi Favorit TV sebagai salah satu perusahaan Favorit group yang dirintis oleh H. Yendril dengan hasil kerja keras.
Dalam perjalanan, Favorit TV telah mengalami beberapa kali perubahan logo. Perubahan ini merupakan salah satu bentuk inovasi yang terus dilakukan Favorit TV untuk menjadi yang lebih baik. Perjalanan Favorit TV ini ternyata tak semulus yang diperkirakan. Berbagai goncangan dan kendala selalu melanda televisi dengan tagline “iyooo rancak” ini.


Permasalahan  finansial tidak pungkiri menjadi salah satu penyebab utama. Silih bergantinya SDM yang masuk juga menghiasi perkembangan Favorit TV yang bercita-cita menjadi salah satu televisi local yang berkualitas dan berkelas. Meskipun selalu dilanda berbagai macam persoalan dan permasalahan, namun Favorit TV selalu berusaha untuk tetap eksis dalam memberikan informasi dan hiburan kepada masyarakat kota Padang dan sekitarnya.
       Kendala penerimaan yang selama ini sering dikeluhkan pemirsa, selalu disikapi oleh pihak manajemen Favorit TV dengan melakukan pemindahan pemancar yang sebelumnya di Marapalam Padang ke daerah cengkeh Lubuk Begalung. Pemindahan pemancar ini bisa memperluas converage area dan kejernihan daya tangkap televisi pemirsa di rumah.
          Favorit TV dengan 5 divisi yang dimilikinya, yaitu divisi pemberitaan, divisi program, divisi Marketing, dan divisi keuangan yang selalu berusaha untuk menjadi televisi local yang disukai masyarakat.
2.3.   Visi Dan Misi
            2.3.1.  Visi Favorit TV
Menjaga dan melestarikan nilai-nilai kepribadian masyarakat minang sebagai bagian dan upaya mempertahankan kepribadian bangsa.

2.3.2   .   Misi Favorit TV
*        Membuat dan menayangkan program-program siaran yang   mampu.
meningkatkan  ketahanan budaya minang untuk menghadapi era globalisasi dalam rangka memperkuat budaya nasional.
           Menjadikan sarana untuk mendokumetasikan budaya-budaya di ranah minang.  Mengembangkan dan menayangkan beragam program siaran sebagai media informasi pendidikan, hiburan, dan mempunyai kontrol sosialisasi masyarakat.
2.4.            Fasilitas
Favorit TV memiliki beberapa fasilitas, antara lain :
1.    Ruang Studio.
2.    Ruang Master Control.
Ruang ini digunakan untuk memproduksi acara dari studio televisi. Bagian yang penting dari ruang ini adalah :
Video control console  digunakan untuk peralatan pengontrol kualitas gambar dan ketepatan warna, dilakukan oleh seorang Video Engincer Operator.
Video Mixer  digunakan untuk mengatur sinyal, video mixer akan memilih sinyal video dari Beberapa input atau masukan, kemudian diolah dan dipilih untuk menghasilkan suatu sinyal output atau keluaran. Pada video mixer ini dapat juga digunakan untuk merubah title atau judul pada gambar. Kegiatan ini disebut super inpluse.
Audio Control  digunakan untuk melakukan pengaturan suara oleh Audio operator peralatan yang terdapat di ruangan ini adalah :
1.    Audio Mixer
2.    Tape Recorder
3.    Monitor Audio
4.    ruangan Master Control
pada ruangan Master Control terdapat peralatan yang lainnya sebagai berikut :
1.    Synchronizing Generator.
Merupakan pusat susunan kode dalam pembuatan gambar. Alat ini bersama sistem Distribution Amplifer membagi kode gambar untuk setiap peralatan yang memerlukan seperti kamera, VTR, dan sebagainya.
2.    Video Distributor Amplifer.
Berfungsi untuk membagi sinyal ke Monitor dan lainnya.
Sistem Supplay 24 VDC yang digunakan untuk Supplay Relay yang banyak digunakan video Control, Camera, Switcher, Telly Lam Sync dan Console.
3.    Ruang Editing.
4.    Ruang Countiniuty.
Pada ruangan ini terdapat hasil edit atau input dari berbagai ruangan yang dipakai untuk keperluan program siaran.




2.5.            Tugas dan Tanggung Jawab
2.5.1.           Job Description
A.      Manager produksi
Dengan deskripsi sebagai berikut :
1.    Mengatur flow kerja seluruh tim produksi yang terdiri dari 200 orang.
2.    Melaksanakan seluruh administrasi proyek (scheduling, budgetting, delivery).
3.    Melaksanakan seluruh administrasi workshop (inventory).
4.    Ditempatkan di jepara
5.    Memanager karyawan bagian produksi.
6.    Mengatur jalannya proses produksi.
7.    Bertanggung jawab atas hasil produksi.
8.    Membuat rencana efisien dan produktifivitas produksi.
9.    Mengadakan improvement.
10.  Bekerja sama dengan kepala bagian PPC dalam penyusunan rencana dan jadwal produksi.
11.  Mengkoordinir dan mengawasi serta memberikan pengarahan kerja kepada setiap seksi di bawahnya untuk menjamin terlaksananya kesinambungan dalam proses produksi.
12.  Memonitor pelaksanaan rencana produksi agar dapat dicapai hasil produksi sesuai jadwal, volume, dan mutu yang ditetapkan.
13.  Bertanggung jawab atas pengendalian bahan baku dan efisiensi penggunaan tenaga kerja, mesin, dan peralatan.
14.  Selalu menjaga agar fasilitas produksi berfungsi sebagaimana fungsinya.
15.  Selalu berusaha untuk meningkatkan keterampilan setiap penanggung jawab dan karyawan di bawah tanggung jawabnya dan memanfaatkan tenaga ahli yang didatangkan oleh perusahaan.
16.  Membantu supervisor listrik, bengkel, mekanik dalam pemeliharaan semua instalasi yang ada di pabrik.
17.  Membuat laporan harian dan berkala dibagiannya sesuai dengan system pelaporan yang berlaku.
18.  Berusaha mencari cara-cara penekanan dan metode perbaikan yang lebih efisien dan menilai prestasi kerja bawahannya secara berkala.
19.  Melakukan penilaian terhadap prestasi kerja bawahannya secara berkala.
20.  Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh manager produksi.
21.  Bertanggung jawab untuk memfasilitasi, mengatur, mengontrol dan meningkatkan kemampuan sumber daya manusia, program acara dan kualitas penayangan dalam wilayah tanggung jawabnya guna memaksimalkan effisiensi, meminimalkan biaya dan menghasilkan program acara yang berkualitas dan memenuhi standar.
B.       Tanggung jawab Utama   
       Bertanggung jawab dalam melakukan fasilitasi supervise langsung terhadap supervisor, kepala regu yang dibawahi       (serta mampu mensupervisi secara tidak langsung semua karyawan yang berada di bawah tanggung jawabnya), hal ini termasuk dalam memberikan bimbingan atau pelatihan kepada karyawannya mencapai tingkat batas minimum kemampuan yang diperlukan bagi timnya dan mendisiplinkan karyawannya sesuai dengan ketentuan atau peraturan yang berlaku di perusahaan.


Bertanggung jawab mencapai tingkat kuantitas (output), kualitas dan  schedule produksi serta tingkat utilisasi mesin produksi yang telah ditetapkan dan disepakati bersama.
       Bertanggung jawab dalam pemenuhan standard kualitas hasil produksi sesuai dengan tingkat kebutuhan Customer dan schedule pengiriman hasil produksi sesuai PPIC schedule.
       Bertanggung jawab terhadap keselamatan kerja dan standard kebersihan lingkungan kerja (keteraturan dan kerapihan lingkungan kerja).
       Bertanggung jawab dalam melakukan koordinasi dan membina kerja sama team yang solid.
       Bertanggung jawab dalam membuat laporan secara berkala kepada atasannya atas hasil kerjanya beserta analisa permasalahannya, tindakan-tindakan perbaikan atas permasalahan tersebut serta batas waktu penyelesain masalah tersebut secara singkat, padat dan kongkrit.
C.       Wewenang
       Wewenang dalam mendisiplinkan karyawannya sesuai dengan ketentuan atau peraturan yang berlaku di perusahaan.
       Wewenang dalam mengatur pengoperasian mesin-mesin produksi guna mencapai hasil produksi yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan serta pemenuhan batas waktu pengiriman hasil produksi.
       Wewenang dalam melakukan atau mengambil keputusan yang berhubungan dengan penghentian mesin produksi untuk menjaga hasil produksi yang maksimal di Departeman X.

D.      Manajer Produksi
     Dalam menyusun kru, Manajer Produksi memanggil kepala departemen dan bertanggung jawab kepada produser. Dalam hal ini, biasanya seorang Manajer Produksi akan memanggil kepala departemen dan memberikan keleluasaan bagi kepala departemen untuk memilih krunya sendiri. Seorang Manajer Produksi biasanya dibantu oleh sekretaris, Manajer Lokasi, Penanggung-jawab Konsumsi dan Kapten Transportasi. Sebagai satu tim mereka mengatur keseluruhan logistik produksi produksi sebuah film. Jumlah personil masing-masing jabatan tersebut tergantung kebutuhan masing-masing produksi. Manajer produksi yang baik harus bisa bekerja sama dengan siapa saja karena kepala departemen punya hak penuh untuk memilih tim masing-masing. Kekompakan kerja merupakan dasar utama pemberian keleluasaan bagi masing-masing kepala departemen dalam memilih timnya sendiri. Biasanya seorang kepala departemen memiliki kru langganan dengan siapa ia biasa bekerja.Secara garis besar, tugas dan tanggung jawab seorang manajer produksi adalah :
1.      Mengkoordinasi, menyediakan fasilitas dan mengawasi jalannya produksi.
2.      Membuat lembar bedah skendro dan jadwal awal syuting.
3.      Menyusun dan mengawasi anggaran.
4.      Tawar-menawar dengan kru.
5.      Tawar-menawar dengan peralatan.
6.      Mengawasi arus pengeluaran hedaran.
7.      Supervisi pemilihan lokasi.
8.      Memantau pengambilan keputusan (kreatif) hedaran.
9.      Menyediakan perubahan jadwal (kalau ada)
10.  Mengatur semua urusan logistic.
11.  Mengatur penginapan dan konsumsi.
12.  Mengurus asuransi produksi dan kru yang dibutuhkan.
13.  Menjamin pelaksanaan sewa-menyewa.
14.  Menguasai jalannya produksi dan harus tanggap dengan rencana produksi yang berikutnya.
15.  Membuat laporan produksi hedaran yang mencerminkan status keuangan atau pengeluaran.

2.4.1.           Manager  Keuangan
Merencanakan, mengembangkan, dan mengontrol fungsi keuangan dan akuntasi di perusahaan dalam memberikan informasi keuangan secara kompeherensif dan tepat waktu untuk membantu perusahaan dalam proses pengambilan keputusan yang mendukung pencapaian target financial perusahaan.
                       Uraian tugas manager keuangan sebagai berikut :
1.    Mengelola fungsi akuntasi dalam memproses data dan informasi keuangan untuk menghasilkan laporan keuangan yang dibutuhkan perusahaan secara akurat dan tepat waktu.
2.    Mengkoordinasikan dan mengontrol perencanaan, pelaporan dan pembayaran kewajiban pajak perusahaan agar efisien, akurat, tepat waktu, dan sesuai dengan peratuan pemerintah yang berlaku.
3.    Merencanakan, mengkoordinasikan dan mengontrol arus kas perusahaan (cashflow), terutama pengelolaan hutang dan piutang, sehingga memastikan ketersediaan dana untuk operasional perusahaan dan kesehatan kondisi keuangan.
4.    Merencanakan dan mengkoordinasikan penyusunan anggaran perusahaan, dan mengontrol penggunaan anggaran tersebut untuk memastikan penggunaan dana secara efektif dan menunjang kegiatan operasional perusahaan.
5.    Merencanakan dan menggkoordinasikan pengenbangan system dan prosedur keuangan dan akuntansi, serta mengontrol pelaksanaannya untuk memastikan semua proses dan transaksi keuangan berjalan dengan tertib dan teratur, serta mengurangi resiko keuangan.
6.    Mengkoordinasikan dan melakukan perencanaan dan analisa keuangan untuk dapat memberikan masukan dari sisi keuangan bagi pimpinan perusahaan dalam mengambil  keputusan bisnis, baik untuk kebutuhan invenstasi,ekspansi, operasional maupun kondisi keuangan lainnya.
7.    Merencanakan dan mengkonsolidasikan perpajakan seluruh perusahaan untuk memastikan efisiensi biaya dan kepatuhan terhadap peraturan perpajakan.
8.    Mengarahkan dan mengontrol proses pencatatan transaksi serta pembuatan laporan Keuangan.
9.    Merancanakan, mengorganisasikan, mengarahkan persiapan laporan keuangan tepat waktu dan akurat bagi perusahaan dan sesuai peraturan perundang-undangan. Menjalankan dan menjaga system akuntansi untuk menjamin standarnisasi prosedur akuntansi.

2.5.3.   Job Description
 A.    Broadcast Manager
1.    Melakukan kontroling dan pengawasan kerja ditiap-tiap bidang.
2.    Bertanggung jawab terhadap kualitas control dan penayangan.
3.    Melakukan rapat koordinasi setiap bulannya.
4.    Membuat laporan kerja harian.
5.    Merencanakan program kerja, Mengembangkan.                  Mengorganisasikan, mengarahkan, pengawasan serta komunikasi kegiatan kerja.
6.    Melakukan pembinaan SDM sehingga para karyawan bekerja tepat, efektif, efisien dan punya produktifitas yang tinggi.
7.    Bertanggung jawab atas kemajuan perusahaan terutama dalam hal mengawasi dan mengontrol jalannya system atau prosedur kerja perusahaan bersama General Manager.
8.    Mengevaluasi kerja tiap-tiap bidang bersama General Manager.
9.    Merancang semua ide dan program bersama semua bidang.
10.  Menghimpun semua laporan yang diterima dari masing-masing bidang Kemudian dilaporkan atau diserahkan ke General Manager.
11.  Memberi sanksi sesuai kesalahan dan kelalaian.

  B.    Pimpinan Redaksi
1.    Bertanggung jawab terhadap isi pemberitaan dan news program.
2.    Bertanggungjawab terhadap kualitas produk berita dan news program.
3.    Memimpin rapat redaksi mingguan dan bulanan.
4.    Memberikan arahan kepada semua tim redaksi tentang berita atau news program yang akan ditayangkan.
5.    Membuat standar operasional prosedur (sop) produksi berita dan produksi news program.
6.    Menentukan kelayakan suatu berita dan news program yang ditayangkan.
7.    Mengadakan koordinasi dengan bidang Marketing dan General Manager untuk mensinergikan jalannya roda perusahaan.
8.    Menjalin lobi-lobi dengan narasumber penting di pemerintahan, dunia usaha dan berbagai instansi.     
9.    Bertanggungjawab membantu Divisi Marketing dalam hal pencapaian omset perusahaan.
10.  Bertanggung jawab terhadap pihak lain yang merasa di rugikan atas pemberitaan yang telah ditayangkan sehingga pihak lain melakukan tuntutan hukum atau menggugat ke pengadilan, sesuai aturan tanggung jawab oleh pemimpin redaksi hingga dilimpahkan kepada pihak lain yang melakukan kesalahan.
11.  Memberikan laporan pada bidang Marketing mengenai pengembangan pemberitaan dan news program setiap bulannya.

B.       Prosedur Pemberitaan
1.    Bertanggung jawab isi berita dalam pengelolaan atau manajemen produksi  penyiaran berita.
2.    Prosedur berhak memutuskan berita apa saja yang akan disiarkan, Berapa lama durasi serta format berita apa saja yang akan digunakan.
3.    Prosedur harus menyaring, mengoreksi atau merubah naskah berita yang dibuat oleh Vidio Jurnalis.
4.    Prosedur bertugas membuat lead berita yang akan dibacakan oleh pembaca Berita.
5.    Prosedur harus berkoordinasi dengan koordinator presenter dalam Penjadwalan tugas presenter pembaca berita.

2.5.4.           Koordinator Liputan dan Prosedur News Program
A.      Koordinator  Liputan
1.   Melakukan koordinasi kepada Vidio Jurnalis untuk peliputan suatu berita.
2.   Melakukan riset guna mendapatkan informasi suatu liputan.
3.   Berkewajiban melakukan rapat harian untuk mengkoordinasikan rencana dan gagasan liputan untuk menjaga kesinambungan isi liputan pada hari itu dan mencari solusi atas permasalahan yang muncul pada saat itu juga.
4.   Menugaskan kepada Vidio Jurnalis untuk mencari dan membuat berita minimal 2 berita per harinya.
5.   Menugaskan kepada Vidio Jurnalis pemberitaan untuk membuat 1 feature berdurasi 30 menit per minggunya.
6.   Membuat jadwal piket harian untuk Vidio Jurnalis dan menugaskan yang bersangkutan untuk stand by dikantor.
7.   Menjalin lobi-lobi dengan narasumber penting dipemerintahan, dunia usaha dan berbagai instan.
8.   Bertanggung jawab membantu divisi Marketing dalam pencapaian target omset perusahaan.

B.       Prosedur News  Program
1.    Bertanggung jawab terhadap kemasaan dan isi serta penyajian program acara.
2.    Bertanggung jawab membuat naskah narasi atau run down serta lead dalam sebuah program acara.
3.    Bertanggung jawab terhadap pihak lain yang merasa dirugikan atas pemberitahuan yang telah ditayangkan sehingga pihak lainmelakukan somasi, tuntutan hokum atau menggugat ke pengadilan, sesuai  aturan tanggung jawab oleh pemimpin redaksi hingga dilimpahkan kepada pihak lain yang melakukan kesalahan.
4.    Mencari ide serta gagasan tentang topik atau tema yang akan dikemukakan.
5.    Mengkoordinir Vidio Jurnalis (khusus news program) dalam riset, pengambilan gambar, pencarian data dan wawancara.
6.    Mengevaluasi program acara setelah penayangan.

2.5.5.   Video Jurnalis ( VJ )
                       A.  Video Jurnalis Pemberitaan
Bertanggung jawab mencari berita minimal 2 per harinya dan 1 feature berdurasi 30 menit per tiap minggunya.
1.    Bertanggung jawab dalam hal peliputan berita yang telah dibahas dan ditugaskan dalam rapat redaksi harian.
2.    Bertugas dalam mengembangkan berita yang telah dibahas dalam rapat harian.
3.    Vidio Jurnalis harus menjaga kualitas gambar dan wawancara.
4.    Data yang dihimpun di lapangan harus akurat, lengkap, dan berimbang.
5.    Setelah melakukan peliputan berita Vidio Jurnalis harus sesegera mungkin kekantor untuk menulis naskah dan mentransfer gambar (capture).
6.    Vidio Jurnalis bertanggung jawab terhadap isi berita dan naskah berita yang diliput dan dihimpun di lapangan.
7.    Vidio Jurnalis harus mentaati dan menjalankan kode etik jurnalis.
8.    Vidio Jurnalis wajib mengikuti dan mentaati aturan-aturan yang telah disepakati oleh divisi pemberitaan.
9.      Vidio Jurnalis harus mendampingi editor dalam pengeditan berita.
10.  Menjalin lobi-lobi dengan narasumber penting di pemerintahan, dunia usaha dan berbagai instansi.
11.  Vidio Jurnalis harus yang bertugas bertugas piket stand by di kantor untuk mendengarkan informasi berita. 
                          B.   Video Jurnalis Program
1.    Bertanggung jawab dalam hal pengambilan gambar, isi narasi, wawancara dan lead yang telah ditugaskan oleh produser news program.
2.    Video Jurnalis harus mengembangkan data yang telah dihimpun oleh produser news program.
3.    Video Jurnalis harus menjaga kualitas pengambila gambar, data dan wawancara.
4.    Data yang dihimpun di lapangan harus akurat, lengkap dan berimbang.
5.    Video Jurnalis harus sesegera mungkin menyelesaikan pengambilan gambar dan data.
6.    Video Jurnalis bertanggung jawab terhadap isi program acara yang diliput atau dihimpun di lapangan.
7.    Video Jurnalis harus menjalani dan mentaati kode etik jurnalis.
8.    Video Jurnalis wajib mengikuti dan mentaati aturan yang telah disepakati.
9.    Video Jurnalis harus mendampingi editor pada saat pengeditan news program.
10.  Video Jurnalis harus menjaga dan merawat fasilitas perusahaan yang dipinjamkan.
11.  Video Jurnalis harus mengevaluasi program acara yang ditayangkan bersama produser.

C.       Koordinator presenter
1.    Mengkoordinir presenter berita dan presenter news program dalam kegiatan kerja.
2.   Harus membuat atau menyusun jadwal presenter berita.
3.    Harus mengadakan rapat evaluasi presenter untuk peningktan mutu dan kualitas setiap minggunya.
4.   Menguasai materi kata, gaya bahasa, ekspresi tubuh dan mengatasi kekurangan yang masih dimiliki presenter.
5.   Mengambil alih tugas presenter dalam kondisi tertentu.
6.   Membuat laporan mengenai perkembangan presenter dan klarifikasi presenter.
7.   Menyiapkan kelengkapan administrasi (blangko izin, absen,dan change presenter).
8.   Menghitung honorium presenter setiap akhir bulan, dilengkapi dengan pemotongan terlambat atau tidak hadir.

D.      Kepala produksi dan program
1.   Bertugas memimpin bidang produksi dan program serta membantu bagian marketing dalam pengelolaan perusahaan dalam bidang produksi dan program.
2.    Merencanakan dan melaksanakan produksi program acara dan iklan.
3.   Bertugas untuk merencakan dan melaksanakan program teknis penyiaran acara dan fasilitas serta peralatan penyiaran, teknik pengambilan gambar, penata suara, editing, penataan cahaya untuk shoting di dalam dan di luar studio.
4.   Bertugas untuk merancang dan menyusun ide betugas untuk merancang sebuah program acara dan iklan.
5.   Bertugas untuk memasarkan program acara yang di produksi.
6.   Menjaga kualiti control program acara.
7.   Mengadakan pemantauan dan evaluasi program acara serta di bahas dalam rapat mingguan.
8.   Merancang program-program terbaru.
9.    Memproduksi tune opening atau closing, adzan dan promo program acara mengevaluasinya sertamerenovasi apabila dianggap tidak layak tayang lagi.
10.  Membuat daftar program acara mingguan (weekly program).
11.  Bekerja sama dengan Marketing dalam hal penjualan program acara.
12.  Membuat proposal program acara yang ada di Favorit TV dalam bentuk tertulis yang akan dipasarkan oleh tim Marketing.
13.  Menunjuk dan membuat surat tugas produser program acara baik off air maupun on air dengan persetujuan bidang Marketing.
14.  Membuat laporan kerja produksi dan program yang di serahkan pada bidang Marketing mengenai perkembangan serta kendala dalam hal produksi dan program setiap bulan.
15.  Merapikan surat arsip seperti surat masuk dan keluar serta juknis-juknis program acara.
16.  Membuat program-program khusus pada moment tertentu, seperti hari besar kenegaraan, hari besar Islam, dan       lain-lain.

E.       Staf produksi dan program
1.   Merencanakan dan melaksanakan produksi program acara dan iklan
2.   Bertugas untuk merencanakan dan melaksanakan program teknis penyiaran acara dan fasilitas serta peralatan penyiaran, teknik pengambilan gambar, penata suara, editing, penataan cahaya untuk shooting di dalam dan di luar studio
3.    Bertugas untuk merancang dan menyusun ide kreatif sebuah program acara dan iklan
4.   Bertugas untuk memasarkan program acara yang di produksi
5.   Menjaga kualiti control program acara
6.   Mengadakan pemantauan dan evaluasi program acara serta dibahas dalam rapat mingguan
7.   Merancang program-program terbaru
8.   Memproduksi tune opening atau closing, adzan dan promo program acara mengevaluasinya serta merenovasi apabila dianggap tidak layak tayang lagi.
9.   Membuat daftar program acara mingguan (weekly program)
10.  Bekerja sama dengan Marketing dalam hal penjualan program acara
11.  Membuat proposal program acara yang ada di Favorit TV dalam bentuk tertulis yang akan dipasarkan oleh tim Marketing
12.  Menunjuk dan membuat surat tugas produser program acara baik
 off air maupun on air dengan persetujuan Marketing
13.  Membuat laporan kerja produksi dan program yang diserahkan pada bidang Marketing mengenai perkembangan serta kendala dalam hal produksi dan program setiap bulan
14.  Merapikan surat arsip seperti surat masuk dan keluar serta juknis-juknis program acara
15.  Membuat program-program khusus pada moment-moment tertentu, seperti hari besar kenegaraan, hari besar Islam, dan lain-lain.

F.      Cameramen studio
1.    Bertugas untuk menyiapkan dan mengoperasikan camera.
2.    Mengembangkan dan menerapkan camera plan.
3.    Mengatur focus pada setiap pengambilan gambar.
4.    Menjaga daya baterai dan persediaan kaset untuk shooting.
5.    Memeriksa camera dan memasang kabel video sebelum shooting.
6.    Membantu menyiapkan peralatan teknik, seperti clip on, lampu, camera, three pod, baterai atau charger, ht dan telepon satu jam sebelum acara dimulai.
7.    Mendengarkan aba-aba dari produser untuk pengambilan gambar dan komposisi.
8.    Bertanggung jawab dalam hal pengambilan gambar di    dalam studio, seperti berita, talk show dan acara in door lainnya.
9.    Harus menjaga kualitas pengambilan gambar.

G.    Petugas Siaran
1.    Bertanggung jawab terhadap proses siaran.
2.    Bertugas untuk menghidupkan dan mematikan peralatan yang ada di ruang siar.
3.    Menjalankan dan menayangkan program acara sesuai dengan jadwal program acara yang dibuat oleh produksi dan program.
4.    Menayangkan iklan-iklan sesuai dengan log book iklan yang dibuat oleh divisi Marketing  dan menjaga kualitas penayangan Favorit TV.
5.    Menjaga dan merawat peralatan yang ada di ruang siaran.
6.    Jika terjadi gangguan atau permasalahan segera laporkan ke bidang Marketing.
7.    Menjaga ketertiban dan kebersihan ruang siar serta mengunci ruangan setelah siaran selesai.
8.    Membuat laporan kerja dan kendala-kendala setiap bulan yang diserahkan ke bidang Marketing.
9.    Menerima order penayangan iklan atau program acara dari bidang Marketing.

H.    Koordinator Editor
1.    Membuat daftar kerja editor dalam 1 minggu.
2.    Menyimpan semua file jadi dalam hard disk penyimpanan.
3.    Membantu editor dalam hal pengeditan narasi dan gambar.
4.    Mengkoordinir editor berita dan news program dalam hal kegiatan kerja.
5.    Melaksanakan tertib administrasi (menerima order atau membuat order dan surat-surat lainnya).
6.    Membuat laporan kerja dan kendala yang dihadapi setiap bulannya.
7.    Mengikuti rapat mingguan divisi Redaksi dan divisi Produksi dan program.
8.    Mengantarkan hasil akhir pengeditan ke ruang siaran.


I.       Editor
1.    Bertugas menyiapkan atau mengedit program acara yang diterima dari koordinator editor.
2.    Bertanggung jawab dalam kualitas hasil pengeditan.
3.    Melaporkan dan memberikan hasil pengeditan kepada coordinator editor.
4.    Menjaga dan merawat computer editing. 
5.    Menyelesaikan pengeditan sesuai dengan waktu yang ditentukan.
6.    Melaksanakan pengeditan sesuai dengan standar operasional prosedur yang telah ditentukan.
7.    Me-review kembali hasil pengeditan sebelum diserahkan kepada coordinator editor.

J.         Marketing
1.    Peningkatan omset perusahaan.
2.    Meningkatkan kunjungan Marketing ke lapangan sehingga memungkinkan keberhasilan Marketing.
3.    Lebih dalam mempelajari program on air yang ada di Favorit TV sehingga Marketing bisa memasarkan program acara, tidak hanya menjual air time saja.
4.    Selalu mempelajari pasar dan konsultasi dengan bidang Marketing dan General Manager mengenai situasi pasar supaya jika terjadi masalah dapat diatasi segera.
5.    Menjual program acara off air yang sudah dipersipakan oleh dinas produksi dan program.
6.    Mengadakan evaluasi masalah Kendala dan peningkatan pelayanan kepada client.
7.    Menciptakan struktur kerja dengan bidang terkait.
8.   Mengkoordinasikan proposal dan contoh acara yang akan dipasarkan dengan bidang produksi dan program.
9.   Menyerahkan materi iklan yang akan diproduksi kepada divisi produksi dan program untuk dieksekusi.
10.    Bekerja sama dengan divisi produksi dan program dalam pelaksanaan dan pemasaran program off air.
11.    Membuat laporan  bulanan mengenai kendala serta program kerja yang ingin dijalankan setiap bulannya dan diserahkan kepada bidang Marketing dan General Manager setiap minggu pertama setiap bulannya.
12.    Menciptakan tertib administrasi Marketing.
13.    Membuat penawaran dan order iklan yang harus diketahui General Manager.
14.    Mencatat kegiatan perjalanan serta realisasinya dalam buku yang telah disediakan.
15.    Membuat log book iklan yang akan ditayangkan setiap harinya dan diserahkan ke bagian master control.
16.    Membuat order penayangan iklan atau program acara ke ruang siaran yang harus diketahui oleh bagian master control.
17.    Mengontrol batas pemutaran iklan yang telah diorder sesuai dengan tanggal order.

K.      Keuangan
1.    Membayar semua keperluan perusahan baik untuk peralatan, rumah tangga, gaji, dan lain-lain.
2.   Menangani serta membuat pembukuan keuangan serta laporan keuangan perusahaan bulanan dan tahunan baik laporan kedalam maupun laporan keluar dengan diketahui General Manager.
3.    Koordinasi dengan bidang Marketing dalam menangani order iklan, log book iklan dan tagihan iklan.
4.   Meneliti permintaan masing-masing bidang sesuai skala prioritas serta kondisi keuangan perusahaan.
5.    Membuat laporan bulanan kepada bidang Marketing.

2.5.6.     Job Description
A.   Pemimpin Redaksi
1.      Bertanggung jawab terhadap isi redaksi pemberitaan.
2.      Bertanggung jawab terhadap kualitas produk berita.
3.         Memimpin rapat redaksi.
4.         Memberikan arahan kepada semua tim redaksi tentang berita yang  akan ditayangkan setiap harinya.
5.         Menentukan layak atau tidaknya suatu berita dan
narasi untuk sebuah penayangan berita.
6.         Mengadakan koordinasi dengan General Manager untuk      mensinergikan jalannya roda perusahaan.
7.         Menjalin lobi-lobi dengan narasumber penting di pemerintahan, dunia usaha, dan berbagai instalasi.
8.         Bertanggung jawab terhadap pihak lain yang merasa dirugikan atas pemberitaan yang telah ditayangkan, sehingga pihak lain melakukan somasi, tuntutan hukum, atau menggugat ke pengadilan. Sesuai aturan, tanggung jawab oleh pemimpin redaksi bila dilimpahkan kepada pihak lain yang melakukan kesalahan tersebut
B.   Produser  Berita
1.    Bertanggung jawab terhadap isi berita dalam pengelolaan atau managemen produksi penyiaran berita.
2.    Produser berhak memutuskan berita-berita apa saja yang akan disiarkan dalam berita, berapa lama durasi suatu berita dapat disiarkan, format berita apa saja yang akan digunakan, apakah Voice Over (VO), paket, reader, dan lain-lain.
3.    Produser harus menyaring, mengkoreksi atau merubah naskah berita yang dibuat oleh Video Jurnalis.
4.    Produser harus membuat run down berita atau susunan berita dalam setiap penayangan berita.
5.    Produser bertugas membuat lead berita yang akan dibacakan oleh pembaca berita.

C.       Video Jurnalis
1.    Bertanggung jawab dalam hal peliputan berita, yang telah dibahas dalam rapat harian.
2.    Video Jurnalis harus mengembangkan berita yang telah dibahas dalam rapat harian.
3.    Video Jurnalis harus menjaga kualitas dalam pengambilan gambar dan wawancara.
4.    Data yang dihimpun di lapangan harus akurat, lengkap dan berimbang.
5.    Video Jurnalis wajib memberikan konstribusi berita minimal 2 berita per harinya.
6.    Setelah melakukan peliputan Video Jurnalis harus segera ke kantor untuk menulis naskah dan menstranfer ke computer editor (capture). 
7.    Video Jurnalis bertanggungjawab atas isi berita dan naskah berita yang diliput atau himpunan dilapangan.
8.    Video Jurnalis harus menulis atau menuangkan temuan data dilapangan ke dalam bentuk naskah berita yang nantinya akan dikoreksi oleh produser pemberitaan
9.    Video Jurnalis harus mendampingi editor dalam hal pengeditan gambar berita

 
BAB III
PEMBAHASAN  MASALAH

3.1.      Persiapan                                
1.    Dalam melakukan Pengeditan Menggunakan Adobe Premiere Pro 2.0, hal-hal yang perlu dipersipakan yaitu :
1.      Menyiapkan PC
2.      Menyiapkan Software Adobe Premiere Pro 2.0
3.      Camera Analog
3.2.      Bahan
3.2.1.        Adobe Premiere Pro 2.0
Adobe Premiere pro adalah sebuah program penyunting video. Ia adalah bagian dari Adobe Creative Suite, sebuah rangkaian dari desain grafis, video editing, dan pengembangan aplikasi web yang dibuat oleh Adobe Sistems. Premiere pro mendukung banyak kartu video editing dan plug-in untuk percepatan proses, tambahan mendukung format file, dan video atau audio efek. Premiere pro CS4 adalah versi pertama yang akan dioptimalkan untuk 64-bit system operasi meskipun tidak natively 64-bit.
Premiere Pro merupakan penerus untuk mendesain ulang Adobe Premiere, dan diluncurkan pada tahun 2003. Premiere Pro merunjuk ke versi dirilis pada tahun 2003 dan kemudian, sedangkan Premiere merunjuk pada rilis sebelumnya. Meskipun dua versi premiere pro hanya didukung Windows, premiere pro CS3 tersedia baik untuk Windows dan Mac OS (hanya berbasis intel Mac ysng didukung ), membuatnya menjadi salah satu dari beberapa lintas platform NLEs tersedia.

BAB IV
PENUTUP

4.1.      Kesimpulan
4.1.1.        Kesimpulan Secara Umum
Setelah penulis melaksanakan Prakerin di PT.  Mitra Media Televisi. Penulis menyimpulkan bahwa PT.  Mitra Media Televisi sangat layak untuk dijadikan sebagai tempat prakerin bagi siswa-siswi SMK untuk tahun berikut. Karena respon dari karyawan yang cukup baik dan atas pembelajaran yang telah di berikan oleh instruktur sehingga penulis mampu menguasai sistem dan cara kerja pertelevisian pada Master Control.
4.1.2.        Kesimpulan Secara Khusus
Secara khusus dari uraian bab III di atas dapat disimpulkan bahwa dengan Adobe Premiere Pro 2.0 sangat bermanfaat dan program yang tepat di dalam pengeditan video atau teks.
4.2.      Saran
4.2.1.        Saran Untuk Sekolah
Harapan penulis untuk tahun yang depan, prakerin yang dilaksanakan oleh siswa-siswi SMK N 03 MUKOMUKO dapat lebih baik dan ditingkatkan dari tahun kemarin. Semoga       SMK N 03 MUKOMUKO dapat meningkatkan fasilitas untuk menujang pendidikan yang lebih berkualitas dan bisa diterima di DU/DI.
Semoga dengan apa yang dicita-citakan oleh para guru SMK dapat terwujud, Amin.

0 komentar: