4/09/2013

“TEKNIK MENGOPERASIKAN KAMERA MD 10000”




LAPORAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIND)
index.jpg
DI
PT.FAVORIT MITRA MEDIA TELEVISI
PADANG
“TEKNIK MENGOPERASIKAN KAMERA MD 10000”
Disusun oleh :
Nama                                       : Della Rahmi
NIS                                          : 9950715417
Kompetensi Keahlian               : Multimedia
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SMKN 4 PADANG
TAHUN 2013

Diajukan untuk Melengkapi Persyaratan
Pelengkapan Praktek Kerja Industri (Prakerind)
SMK N 4 padangcangkeh
index.jpg
Laporan ini Disetujui Oleh :
 General Maneger DU/DI                                                                                             Instruktur DU/DI


 Afma Tampan                                                                                                           Dewi Juwita
Disahkan Oleh :
 Kepala Sekolah                                                                                                             Guru Pembimbing
                                                                                                                               

 Iskandar ,s.pd , m.pd                                                                                                    Netrielizawati
nip.196206051986031010                                                                               nip.197810272009012002





KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis ucapkan Kepada Allah SWT, yang telah memberikan taufiq dan hidayah-Nya kepada penulis, sehingga penyusunan laporan akhir Prakerin ini dapat penulis selesaikan.

Dan tidak lupa shalawan beriringan salam penulis ucapkan kepada junjungan   yakninya  Nabi Besar Muhammad SAW yang telah membawa umatnya dari zaman jahilliah kepada zaman yang berilmu pengetahuan.        
Penulis menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran dari pembaca yang sifatnya membangun demi kesempurnaan untuk masa yang akan dating.

.

  karena  itu  pada  kesempatan  ini  saya  menyampaikan  terima  kasih  kepada :
1.       Bapak  Afma  Tampan,  selaku  Manager  PT.  Favorit  Mitra  Media  Televisi
2.       Kak  Dewi  Juwita   selaku  pembimbing I dari  PT.  Favorit  Mitra  Media  Televisi.
3.       Abang roni efend idanrikonandadandewijuwitaselaku pembimbing IdariPT .favoritmitra media televisi
4.       Bpkiskandars.pd , m,pd  selaku  Kepala Sekolah  SMK  Negeri  4 padang
5.       Ibuknetrielizawati  selaku  Ketua  Prakerin.
6.       Ibuknetrielizawati,  Selaku  Ketua  Program  Kompetensi  Multimedia
7.       Ibuknetrielizawati  selaku  pembimbing  dari  SMK  Negeri  4 padang
8.       Seluruh  staf  dan  karyawan  yang  telah  menerima,  membantu  dan  memberikan  bimbingan  selama  kegiatan  Praktek  Kerja  Industri  berlangsung  yang  tidak  dapat  disebutkan  satu  persatu.
9.       Kedua  orang  tua saya  yang  telah  mendukung  dan  memberikan  doa  restu.
10.   Pihak-pihak  yang  tidak  dapat  saya  sebutkan  satu  persatu,  atas  dukungan  doa  restu  yang  berhubungan  dengan  kegiatan  Praktek  Kerja  Industri.

 

11.   Penulis  menyadari  bahwa  penyusunan  laporan  ini  masih  jauh  dari kesempurnaan,  untuk  itu  kriktik  dan  saran  yang  membangun  dari  pembaca. Harapan  dari  penulis  semoga  laporan  yang  memuat  pengalaman  yang  di dapatkan  selama  melaksanakan Praktek  Kerja  Industri  ini di  PT . favorit mitra media televisi  dapat  bermanfaat  bagi siswa-siswi  SMK  N 4 PADANG .
Atas kritikan dan saran tersebut terlebih dahulu penulis ucapkan terima kasih
  Padang, 6 APRIL 2013

DELLA RAHMI



















DAFTAR ISI


          HALAMAN JUDUL                                                                                                   HALAMAN PENGESAHAN                                                                                             KATA PENGANTAR                                                                                                            DAFTAR ISI                                                                                                               DAFTAR GAMBAR 

            BAB. I         PENDAHULUAN                                                                                                                           Tujuan Prakerin

            BAB. II       KEGIATAN PRAKERIN                                                                                                                A. Jenis Kegiatan                                                                                                       B. Persiapan Bahan dan Alat                                                                                            C. Proses Pengerjaan                                                                                                        D. Finishing

            BAB. III       PENUTUP                                                                                                                                      A. KESIMPULAN                                                                                                                     B. SARAN

DAFTAR PUSTAKA                                                                        
LAMPIRAN               



                                  
                                   

                                


 



DAFTAR GAMBAR        

kamera.jpg
Gambar 1.1 Kamera MD 10000
IMG05454-20130405-1218 (8).jpg
Gambar 1.2 Men-charge Baterai







DSC00736.JPGDSC00737.JPG
Gambar1.3Memasang Baterai     Gambar 1.4 Baterai dimasukan

DSC00738.JPG
Gambar 1.5Baterai sudah terpasang










DSC00739.JPG                        DSC00740.JPG
   
Gambar 1.6 Kamera off                                     Gambar1.7 Kamera on



 
DSC00741.JPGDSC00742.JPG
Gambar 1.8 Posisi kaset Mini DV






DSC00743.JPG
Gambar 1.9 Kaset sedang dimasukan        
DSC00745.JPG
Gambar1.10 Setelah kaset dimasukan


DSC00761.JPG
Gambar 1.11 Opsi Record/Camera atau Play/VCR





DSC00751.JPG
Gambar1.12 Viewfinder


DSC00760.JPG
Gambar1.13 Layar LCD untuk Menampilkan Gambar








IMG05452-20130405-1216 (6).jpg
  Gambar 1.14 Tampilan Opsi Record
IMG05453-20130405-1216 (7).jpg
Gambar 1.14 Tampilan Opsi Play



BAB. I
PENDAHULUAN
Tujuan Prakerin
Secara umum, Prakerind ini bertujuan agar para siswa/i yang mengikuti prakerind dapat mengetahui cara-cara kerja suatu instansi yang dapat mengembangkan keahlian yang telah didapatkan di sekolah serta menambah wawasan yang sangat berguna bagi semua siswa termasuk penulis sendiri dimasa yang akan datang.
Adapun tujuan SMK N 4 Padang dalam pelaksanaan prakerind ini antara lain:
1.       Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian profesional yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan, dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja.
2.       Meningkatkan dan memperkokoh keterkaitan dan kesepadanan (link and mach) antara lembaga pendidikan-pelatihan kejuruan dan dunia kerja.
3.       Meningkatkan efesiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja kualitas profesional.
4.       Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian proses pendidikan.

Sedangkan manfaat mengikuti prakerin ini bagi siswa/i adalah:
a.       Meningkatkan dan memperluas wawasan serta memantapkan keterampilan yang dimiliki siswa/i sebagai bekal untuk memasuki dunia kerja.
b.       Mengembangkan dan memantapkan sikap terampil yang dimiliki oleh siswa/i.
c.       Menambahkan pengetahuan serta pengalaman siswa/i untuk berinteraksi dalam lingkungan kerja.

Sementara itu, bagi pihak sekolah manfaat prakerin ini adalah:
1)       Memberikan kesempatan kepada siswa/i untuk mengaplikasikan kemampuan-kemampuan yang dimilikinya ke dalam dunia kerja.
2)       Meningkatkan pengalaman siswa/i pada aspek-aspek usaha potensial dalam lapangan kerja, antara lain struktur usaha, jenjang karier, manajemen usaha dan asosiasi usaha.




BAB. II
KEGIATAN PRAKERIN
 A. Jenis Kegiatan
TEKNIK MENGOPERASIKAN KAMERA
Bagi kameramen, teknik mengoperasikan kamera yang benar mutlak harus dikusai. Kamera termaksud alat yang riskan dan mudah rusak jika cara pemakaianya keliru. Saat mengoperasikan kamera Kita harus hati hati tanpa mengurangi optimasi hasil gambar yang diperoleh.
MEMASANG DAN MEN-CHARGE BATERAI

Tiap-tiap kamera memiliki perbedaan dalam pemasangan dan charge baterai. Saat men-charge, ada baterai yang harus dipasang dulu di kamera ada pula yang tidak perlu.
MEMASANG KASET
Memasang atau mengganti kaset memerlukan baterai terpasang atau ada daya yang masuk ke kamera daya, sehingga dilakukan saat  kamera dalam kondisi OFF. Jangan terburu-buru saat memasang atau mengganti kaset. Tidak seperti mengganti kaset  tape recorder , kira-kira diperlukan waktu sekitar 30 detik untuk memasang kaset ke kamera.
Langkah awal untuk memasang kaset,buka  penutup penahan kaset  di kamera, tunggu beberapa detik penahan kaset akan secara otomatis. Jangan menyentuh komponen internal penahan kaset. Masukan kaset, jangan sampai terbaik posisinya. Kemudian tekan di bagian yang bertuliskan PUSH HERE, tunggu beberapa saat penahan kaset akan bergerak otomatis dan tutup dengan kencang.
MENYALAKAN KAMERA
Menghidupkan kamera dilakukan dengan cara menggeser tombol power ke posisi ON, lampu indikator kemudian akan menyala. Tiap-tiap kamera memiliki cara dan posisi yang berbeda,akan tapi paling tidak memiliki ciri khas yaitu desainya tidak dapat dinyalakan secara tanpa sengaja. Artinya tombol ini terlindungi dari nyala otomatis atau tiba-tiba menyala sendiri karena menyentuh suatu benda tertentu . kamera telah di buat agar tidak dapat menyala sendiri tanpa sengaja untuk menghindari pemborosan baterai.
MEMILIH OPSI RECORD ATAU PLAY
Jika kamera telah menyala (tombol power dalam posisi ON), langkah berikutnya memilih opsi record/play atau camera/VCR.Jika kita akan mengambil gambar berarti kita pilih opsi record atau camera. Sebaliknya, bila ingin melihat hasil rekaman di kaset,pilih opsi play atau VCR.




MEMBUKA LAYAR
Layar kamera berfungsi untuk menampilkan gambar. Biasanya tiap kamera memiliki dua layar dengan ukuran luas yang berbeda. Salah satu layar berukuran kecil dan dapat dilihat jarak dekat, layar ini sering disebut viewfinder. Sementara layar  satunnya berukuran lebih besar untuk menampilkan gambar dari jarak cukup jauh.
Dilayar ini akan terlihat opsi record atau play. Jika diposisi record, berarti gambar yang muncul adalah gambar yang ditangkap oleh lensa kamera tersebut. Jika tutup lensa kamerabelum dibuka,akan tampak layar satu warna saja, bisa hitam atau putih tergantung warna tutup lensa kamera. Jika penutup dibuka, dilayar akan muncul layar yang siap untuk di record. Sementara jika opsi kamera play, tampak dilayar adalah warna biru saja.
B. Persiapan Bahan dan Alat
·         Tripod
unduhan.jpg
Tripod berfungsi untuk meningkatkan ketajaman pada hasil jepretan
Tripod digunakan untuk mengatur komposisi agar hasil rekaman lebih baik
·         Kaset Mini DV
batrai.jpg
Kaset Mini DV berfungsi sebagai tempat penyimpanan hasil rekaman.

 C. Proses Pengerjaan
 Mengoperasikan kamera

Berikut akan di jelaskan bagaimana cara mengoperasikan kamera,seperti: memasang kaset kamera,menghidupkan kamera dan cara pengaturan pada kamera.

1. Memasang Kaset
Geser Tombol OPEN /
EJECT hingga kompartemen
Terbuka



Masukkan Kaset, Perhatikan


Arah posisi kaset.





Tekan besi bagian dalam Untuk memasukkan kaset. Tunggu hingga mekanik /Head motor berhenti bergerak.
Tutup bagian luar dari Kompartemen kaset.



2. Menghidupkan Kamera
Description: http://2.bp.blogspot.com/_Evtl0FPg1XU/TUDf8v9xGzI/AAAAAAAAAJM/eB1NV_3JlAc/s320/kamera10.bmp

Untuk menghidupkan kamera perhatikan saklar posisi “ON” Saklar “OFF”

3. Memilih Mode Kamera / Playback


Pilih mode “CAMERA” untuk melakukan pengambilan gambar (Shooting)
Pilih mode “VCR” untuk preview hasil pengambilan gambar.
4. Setting Kamera
Langkah awal yang lakukan dalam setting kamera sebelum digunakan untuk acara live ataupun tidak,pertama hidupkan lampu sebagai alat penerang apabila di tempat tersebut pencahayaan nya kurang,setelah itu jika menggunakan tripod,siap kan tripod,letak kan pada posisi yang tepat.


Jika memakai handheld cukup diletak kan pada bahu dan cari posisi yang nyaman untuk memegang kamera agar kamera tersebut tidak goyang. Pada acara live seperti berita,setelah tripod di siapkan pasangkan kamera ke tripod,pasangkan kabel vidio,atur fokus kamera dan
Pilih mode manual white balance.Setelah memilih mode Manual white balance, arahkan kamera ke benda berwarna putih polos. Tekan tombol navigasi bagian tengah dan tahan. Logo Manual White Balance akan berkedip-kedip menyesuaikan gambar. Jika Logo selesai berkedip, maka settingan tersebut sudah sesuai dengan warna alami obyek tersebut. Lakukan proses ini sekali lagi untuk memastikan tingkat akurasi warna.



II.Teknik  Pengambilan Gambar

Cara pengambilan gambar dapat disesuaikan tergantung pada acara yang sedang berlangsung. Sudut pengambilan gambar sangat berpengaruh pada gambar yang di hasilkan.

Berikut beberapa teknik pengambilan gambar:
-Posisi Normal
Cara pengambilan gambar ini digunakan untuk Kejadian yang biasa / normal.



-Low Angle
Pengambilan gambar dengan posisi kamera dibawah subyek. Dalam sebuah dialog maupun adegan,
posisi ini biasanya bertujuan untuk menggambarkan subyek yang kuat, angkuh, dan lebih berkuasa. Penggunaan fungsi zoom dan start/stop record berada di handle atas kamera




-High Angle
Pengambilan gambar dengan posisi kamera lebih diatas daripada subyek. Dalam sebuah dialog maupun adegan, posisi ini bertujuan untuk menggambarkan subyek yang lemah, tidak berdaya.Biasanya ketika juru kamera berdesakan dengan banyak orang, menggunakan cara ini Untuk mendapatkan gambar yang stabil dan tidak goyang



D. Finishing















BAB. III
PENUTUP
Dari hasil laporan di atas dapat di simpulkan bahwa:
1.       Dunia pertelevisian adalah dunia usaha yang bergerak di dalam bidang komunikasi yang sangad di butuhkan oleh masyarakat, banyak terutama generasi muda yang menduduki di sekolah menengah kejuruan oleh karena dunia pertelevisian ini banyak di minati oleh masyarakat
2.       Bahwa melaksanakan prakerin untuk jurusan Multimedia sangat cocok untuk dunia pertelevisian karena merupakan salah satu cabang dari jurusan Multimedia.

Demikian laporan ini penulis buat dengan kesungguhan dan tida ada unsure paksaan dari pihak manapun.
A.                      Kesimpulan.
1.       Kegiatan prakerind bemanfaat bagi parasiswa/siswi khusus nya siswa/siswi SMKN 4 PADANG Dengan ada nya kegiatan prakerind,siswa di tuntut untuk mempunya isI kapmandiridanmampuberinteraksidengan orang lain sehingga siswa di harapkan dapat memiliki keterampilan serta wawasan yang tinggi.
2.       Prakerind merupa kan kegiatan praktek di luar jam sekolah yang bekerja sama dengan masyarakat atauinstansi,sehingga siswa/siswi dapat berlatih untuk mampubergau dan bekerjasama dengan masyarakat luar.
3.       Prakerind dapat menunjang siswa untuk menjadi tenaga kerja menengah yang ahlidan professional dalam bidang nya yang mampu memenuhi pasar nasional atau bahkan internasional.dengan begitu,siswa/siswi akan mempunyai sikap yang akan menjadi bekal dasar pengembangan diri secara berkelanjutan dan dapat mengamalkan apa yang telah di peroleh nya dalam kehidupan sehari-hari.
4.       Adapun kesimpulan mengenai tempat prakerin d ini adalah :
a.       Perusahaan ini mempunyai banyak fasilitas yang memadai bagi para pegawai.
b.       Dalam CHRD-CPDD terdapat computer yang telahtersambungdenganfasilitas internet sehinggadapatmembantuparapegawai.


B.     Saran
Beberapahal yang kami temukandilapangansaatpelaksanaanprakerind yang sebagiankeciljustrutidak kami temukansaatmengikutipembelajaran di kelas.Terkaitdenganini kami ajukanbeberapasaran,antara lain :
1.       Sekolah perlu memberikan penekanan pada penguasaan keterampilan yang relevan dengan perkembangan teknologi di dunia era. Dengan demikian kami peserta Prakerin dapat mengaplikasikan ilmu clan kerampilan yang diperoleh secaramaksimal.
2.       Sekolah perlu memberikan penekanan pada masalah budaya era yang berlaku pada instansi pemerintah maupun swasta. Dengan demikian apabila siswa melakukan Prakerin, sehingga pada instansi maksud parasiswa akan dapat menyesuaikan diri dengan mudah.

Demikian
Laporan Prakerinini kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi pembaca, khususnyasiswa/siswiSMKN4 PADANG






































0 komentar: