6/02/2013
BAB I LAORAN MAGANG NOFENDRI DI FAVORIT
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang
Pelaksanaan
Praktik Kerja Industri (Prakerin) pada sistem pendidikan dan pelatihan kejuruan
di Indonesia, khususnya pada Sekolah Menengah Kejuruan didasarkan atas arahan
GBHN 1993 yang dinyatakan sebagai berikut :
“ Pendidikan
Nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa diselenggarakan secara terpadu
dan diarahkan pada peningkatan kualitas serta pemerataan pendidikan kejuruan,
sehingga memenuhi kebutuhan pembangunan nasional dengan memperhatikan
pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi”.
Sejalan
dengan arahan GBHN di atas yakini, bahwa pelajaran praktik kejuruan yang
disajikan dilembaga pendidikan SMK walaupun di tunjang dengan peralatan yang
lengkap dan modern, pada dasarnya
hanya mampu menyajikan dasar-dasar
keterampilan dan situasi tiruan (simulasi),
karena itu sulit diharapkan untuk membentuk keahlian professional pada siswa-siswi. Untuk mengatasi hal itu perlu
diupayakan mencari solusi yang tepat agar Link
and mach antara lembaga pendidikan dengan DU/DI dapat sejalan sebagai
mestinya.
Salah
satu upaya mencari kearah itu adalah dengan pelaksanaan praktik kerja industri
(Prakerin) di DU/DI yang relevan,
dengan waktu yang telah ditentukan. Prakerin merupakan salah satu bentuk
penyelenggaraan dan pelatihan keahlian kejuruan yang memadukan secara
sistematik dan sinkron dengan program pendidikan di sekolah dengan program
penguasaan keahlian yang diproleh melalui bekerja langsung di dunia kerja yang
terarah untuk mencapai suatu tingkat keahlian professional.
Tahun
pelajaran 2012
atau 2013
ini, SMK N 03
MUKOMUKO secara sistematis mengadakan kegiatan yang sudah merupakan komitmen
bagi seluruh masyarakat sekolah bahwa kegiatan pelaksanaan prakerin tahun ini
harus lebih baik dari tahun sebelumnya dan kekurangan yang terjadi dalam
pelaksanaan ini dapat dihindari.
Pada
saat sekarang ini Software
Adobe Premiere
Pro 2.0 sudah banyak digunakan untuk mengedit video, Merender Proyek,
membuat Running
Teks,
dan masih banyak lagi keuntungan-keuntungan yang kita dapat pada Software Adobe Premiere
Pro 2.0, oleh karena itu alasan penyusunan memilih judul EDITING
VIDEO MENGGUNAKAN ADOBE
PREMIERE PRO 2.0 Adalah karena Software Adobe Premiere Pro 2.0
mudah di mengerti dan dapat di pahami oleh penulis.
1.2.
Masalah
Persoalan-persoalan seputar tekonolgi ( IT ) saat
ini cukup banyak mulai dari legelitas perangkat, kualitas Software dan
Hardware, konfigurasi
dengan berbagai perangkat lain yang
semakin rumit, penyusunan acara televisi, pengambilan gambar, pengeditan
berita, cara melakukan sebuah penayangan acara dan iklan serta membuat sebuah
narasi. Maka penulis
pada kesempatan ini membatasi
pembatasan tentang judul EDITING VIDEO MENGGUNAKAN ADOBE PREMIERE PRO 2.0, hanya :
1.
Bagaimana cara Mengedit
Video ?
1.3.
Ruang Lingkup
1.
Editing Video
1.4. Tujuan dan Manfaat
1.4.1.
Tujuan
Tujuan adalah
sesuatu yang kita inginkan atau sesuatu yang ingin kita raih baik
itu dalam bidang pendidikan maupun bisnis.
1.4.1.1.
Tujuan umum
1.
Praktik kerja industri yaitu menciptakan
hasil yang berkompeten, trampil,
dan memiliki pengetahuan dan etos kerja yang tinggi, memperkokoh antara sekolah
dengan dunia usaha dan dunia industri DU/DI,
meningkatkan efektifitas, efisien
penyelenggaraan pendidikan dan latihan, memperkenalkan kualitas siswa-siswi.
2.
Mempermudah penyaringan tenaga kerja
yang kompeten, secara bertahap membantu DU/DI.
3.
Dalam proses produksi ini membantu
memudahkan sekolah untuk mencetak tamatan yang kompeten dan membantu siswa untuk memperoleh pengalaman
langsung dalam proses produksi sehingga termotivasi untuk meningkatkan
kemampuan.
4.
Para siswa-siswi yang mengikuti prakerin dapat
mengetahui cara-cara
kerja suatu instansi yang dapat mengembangkan keahlian yang telah didapatkan di sekolah serta menambah wawasan yang
sangat berguna bagi semua siswi termasuk
penulis
dimasa yang akan datang.
1.4.1.2.
Tujuan
Khusus
a. Menambah
pengetahuan penulis,
khususnya dalam Editing
Video Menggunakan Adobe Premiere
Pro 2.0
b.
Meningkatkan kemampuan penulis tentang cara Merender Proyek dan
membuat Running Teks.
1.4.2.
Manfaat
a.
Menambahkan pengetahuan serta pengalaman
siswa-siswi untuk
berinteraksi dalam lingkungan kerja.
b.
Memberikan kesempatan kepada siswa-siswi untuk mengaplikasikan kemampuan yang dimilikinya kedalam lingkungan
kerja.
c.
Meningkatkan pengalaman siswa-siswi pada aspek usaha potensial dalam lapangan kerja,
antara lain sruktur usaha, jenjang karier, manajemen usaha dan asosiasi usaha.
1.5. Waktu dan Tempat
Prakerin ini
dilaksanakan lebih
kurang 2 bulan setengah dari tanggal 01 Maret
2013 – 15 Mei 2013 yang ditempatkan di PT. Favorit Mitra
Media Televisi, yang beralamat di jalan :
1.
Dr. Sutomo, No. 125 lantai 02 marapalam.
2.
Cengkeh – Lubuk Begalung.
Diposting oleh FIRDAUS BIN MUSA di 06.16
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar