6/02/2013

BAB I LAORAN MAGANG NOFENDRI DI FAVORIT

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.            Latar Belakang
Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin) pada sistem pendidikan dan pelatihan kejuruan di Indonesia, khususnya pada Sekolah Menengah Kejuruan didasarkan atas arahan GBHN 1993 yang dinyatakan sebagai berikut :
“ Pendidikan Nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa diselenggarakan secara terpadu dan diarahkan pada peningkatan kualitas serta pemerataan pendidikan kejuruan, sehingga memenuhi kebutuhan pembangunan nasional dengan memperhatikan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi”.
Sejalan dengan arahan GBHN di atas yakini, bahwa pelajaran praktik kejuruan yang disajikan dilembaga pendidikan SMK walaupun di tunjang dengan peralatan yang lengkap dan modern, pada dasarnya hanya mampu menyajikan dasar-dasar keterampilan dan situasi tiruan (simulasi), karena itu sulit diharapkan untuk membentuk keahlian professional pada siswa-siswi. Untuk mengatasi hal itu perlu diupayakan mencari solusi yang tepat agar Link and mach antara lembaga pendidikan dengan DU/DI dapat sejalan sebagai mestinya.
Salah satu upaya mencari kearah itu adalah dengan pelaksanaan praktik kerja industri (Prakerin) di DU/DI yang relevan, dengan waktu yang telah ditentukan. Prakerin merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan dan pelatihan keahlian kejuruan yang memadukan secara sistematik dan sinkron dengan program pendidikan di sekolah dengan program penguasaan keahlian yang diproleh melalui bekerja langsung di dunia kerja yang terarah untuk mencapai suatu tingkat keahlian professional.
Tahun pelajaran 2012 atau 2013 ini, SMK N 03 MUKOMUKO secara sistematis mengadakan kegiatan yang sudah merupakan komitmen bagi seluruh masyarakat sekolah bahwa kegiatan pelaksanaan prakerin tahun ini harus lebih baik dari tahun sebelumnya dan kekurangan yang terjadi dalam pelaksanaan ini dapat dihindari.
Pada saat sekarang ini Software Adobe Premiere Pro 2.0 sudah banyak digunakan untuk mengedit video, Merender Proyek, membuat Running Teks, dan masih banyak lagi keuntungan-keuntungan yang kita dapat pada Software Adobe Premiere Pro 2.0, oleh karena itu alasan penyusunan memilih judul EDITING VIDEO MENGGUNAKAN ADOBE PREMIERE PRO 2.0 Adalah karena Software Adobe Premiere Pro 2.0 mudah di mengerti dan dapat di pahami oleh penulis.

1.2.            Masalah
Persoalan-persoalan seputar tekonolgi ( IT ) saat ini cukup banyak mulai dari legelitas perangkat, kualitas Software dan Hardware, konfigurasi dengan berbagai perangkat  lain yang semakin rumit, penyusunan acara televisi, pengambilan gambar, pengeditan berita, cara melakukan sebuah penayangan acara dan iklan serta membuat sebuah narasi. Maka penulis pada kesempatan ini membatasi pembatasan tentang judul  EDITING VIDEO MENGGUNAKAN ADOBE PREMIERE PRO  2.0, hanya :
1.    Bagaimana cara Mengedit Video ?

1.3.            Ruang Lingkup
1.      Editing Video
1.4.   Tujuan dan Manfaat
1.4.1.  Tujuan   
            Tujuan adalah sesuatu yang kita inginkan atau sesuatu yang ingin kita raih   baik itu dalam bidang pendidikan maupun bisnis.

1.4.1.1.   Tujuan umum

1.   Praktik kerja industri yaitu menciptakan hasil yang berkompeten, trampil, dan memiliki pengetahuan dan etos kerja yang tinggi, memperkokoh antara sekolah dengan dunia usaha dan dunia industri DU/DI, meningkatkan efektifitas, efisien penyelenggaraan pendidikan dan latihan, memperkenalkan kualitas siswa-siswi.
2.   Mempermudah penyaringan tenaga kerja yang kompeten, secara bertahap membantu DU/DI.
3.   Dalam proses produksi ini membantu memudahkan sekolah untuk mencetak tamatan yang kompeten dan membantu siswa untuk memperoleh pengalaman langsung dalam proses produksi sehingga termotivasi untuk meningkatkan kemampuan.
4.   Para siswa-siswi yang mengikuti prakerin dapat mengetahui cara-cara kerja suatu instansi yang dapat mengembangkan keahlian yang telah didapatkan di sekolah serta menambah wawasan yang sangat berguna bagi semua siswi  termasuk penulis dimasa yang akan datang.

1.4.1.2.              Tujuan Khusus   
a.    Menambah pengetahuan penulis, khususnya dalam   Editing Video Menggunakan Adobe Premiere Pro 2.0
b.   Meningkatkan kemampuan penulis tentang cara Merender Proyek dan membuat Running Teks.
1.4.2.  Manfaat
a.    Menambahkan pengetahuan serta pengalaman siswa-siswi untuk berinteraksi dalam lingkungan kerja.
b.    Memberikan kesempatan kepada siswa-siswi untuk mengaplikasikan kemampuan yang dimilikinya kedalam lingkungan kerja.
c.    Meningkatkan pengalaman siswa-siswi pada aspek usaha potensial dalam lapangan kerja, antara lain sruktur usaha, jenjang karier, manajemen usaha dan asosiasi usaha.
1.5.   Waktu dan Tempat
Prakerin ini dilaksanakan lebih kurang 2 bulan setengah dari tanggal 01 Maret 2013 – 15 Mei 2013 yang ditempatkan di PT. Favorit Mitra Media Televisi, yang beralamat di jalan :
1.    Dr. Sutomo, No. 125 lantai 02 marapalam.
2.    Cengkeh – Lubuk Begalung.

0 komentar: