4/09/2013

PROSES SIARAN LANGSUNG BERITA FAVORIT DI FAVORIT TV

Nama                                      : Reni Angelina
Program keahlian                  : Multimedia
Kompetensi Keahlian            : Teknik Informasi dan Komunikasi

KATA  PENGANTAR
Puji  syukur  penulis  ucapkan  kehadirat  Allah  SWT  yang  telah  melimpahkan  rahmat  dan  hidayah-Nya,  sehingga  dapat  menyelesaikan  penyusunan  Laporan  Praktik  Kerja  Industri  di  PT.  Favorit  Mitra  Media  Televisi.
Tujuan  dari  penyusunan  Laporan  Praktek  Kerja  Industri  ini  adalah  untuk  memenuhi  salah  satu  syarat  mengikuti  Ujian  Nasional  (UN)  di  SMK  NEGERI  1 AMPEK ANGKEK  Tahun  Pelajaran  2012/2013.  Laporan  ini  disusun  berdasarkan data  yang  sesungguhnya  yang  penulis  dapatkan  selama  melaksanakan  Praktik  Kerja  Industri  di  PT.  Favorit  Mitra  Media  Televisi.
Penulis  menyadari  bahwa  dalam  penyusunan  Laporan  Praktek  Kerja  Industri  ini  tidak  lepas  dari  dukungan  berbagai  pihak,  oleh  karena  itu  pada  kesempatan  ini  penulis  menyampaikan  terima  kasih  kepada :
1.      Bapak  Afma  Tampan,  selaku  Manager  PT.  Favorit  Mitra  Media  Televisi
2.      Kak  Dewi  Juwita   selaku  pembimbing I dari  PT.  Favorit  Mitra  Media  Televisi.
3.      Kak Andrianto dan  Kak Ara wirarkiwijaya selaku pembimbing II di master control dari  PT.  Favorit  Mitra  Media  Televisi.
4.      Bapak  Drs. Musbar,  selaku  Kepala Sekolah  SMK  Negeri  1 AMPEK ANGKEK.
5.      Bapak  Dra. Zulfamiarti selaku  Ketua  Prakerin.
6.      Bpk Drs. Rayendra Selaku  Ketua  Program  Kompetensi  Multimedia
7.      Bpk Zulkifli. H,  selaku  pembimbing  dari  SMK  Negeri  1  AMPEK ANGKEK.
8.      Seluruh  staf  dan  karyawan  yang  telah  menerima,  membantu  dan  memberikan  bimbingan  selama  kegiatan  Praktek  Kerja  Industri  berlangsung  yang  tidak  dapat  disebutkan  satu  persatu.
9.      Kedua  orang  tua  dan  saudara  saya  yang  telah  mendukung  dan  memberikan  doa  restu.
10.  Pihak-pihak  yang  tidak  dapat  saya  sebutkan  satu  persatu,  atas  dukungan  doa  restu  yang  berhubungan  dengan  kegiatan  Praktek  Kerja  Industri.


Penulis  menyadari  bahwa  penyusunan  laporan  ini  masih  jauh  dari kesempurnaan,  untuk  itu  kriktik  dan  saran  yang  membangun  dari  pembaca. Harapan  dari  penulis  semoga  laporan  yang  memuat  pengalaman  yang  di dapatkan  selama  melaksanakan Praktek  Kerja  Industri  ini  dapat  bermanfaat  bagi siswi-siswi  SMK  N 1 AMPEK ANGKEK.

                        Padang, 6 April 2013


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Praktik Kerja Industri(PRAKERIN)
               Setiap  siswa  lulusan  SMK  di  tuntut  untuk  mempunyai  suatu  keahlian  dan  siap  kerja  karena  lulusan  SMK  biasanya  belum  diakui  oleh  pihak  dunia usaha/ industri. Oleh  karena  itu  di  adakan  suatu  program  Pendidikan  Sistem  Ganda  (PSG)  yaitu  dengan  melaksanakan  Praktek  Kerja  Industri  (PRAKERIN)  agar  setiap  siswa  lulusan  SMK  mempunyai  pengalaman  dalam  dunia  usaha  sebelum  memasuki  dunia  usaha  tersebut  secara  nyata  setelah  lulus  sekolah.

                 Sesuai  dengan  hasil  pengamatan  dan  penelitian  Direktorat  Pendidikan  Menengah  kejuruan,  pola  penyelenggaraan  di  SMK  belum  secara  tegas  dapat  menghasilkan  tamatan  sebagaimana  yang  diharapkan.  Hal  tersebut  dapat  dilihat dari  kondisi  pembelajaran  yang  belum  kondusif  untuk  menghasilkan  tenaga kerja  yang  profesional  seseorang  tidak  semata-mata  di  ukur  oleh  penguasaan  unsur pengetahuan  dan  teknik  bekerja, tetapi  harus  dilengkapi  dengan  penguasaan kiat  (arts)  bekerja  yang  baik.

               Ada  dua  pihak  yaitu  lembaga  pendidikan  dan  lapangan.  Kerja  (industri /perusahaan  atau  instansi  tertentu)  yang  secara  bersama-sama  menyelenggarakan  suatu  program  keahlian  kejuruan.  Dengan  demikian  kedua  belah  pihak  seharusnya  terlibat  dan  bertanggung  jawab  mulai  dari  tahap  perencanaan  program, tahap  penyelenggaraan,  sampai  penilaian  dn  penentuan  kelulusan  sisw

B.    Tujuan Praktik Kerja Industri ( PRAKERIN )
                Praktek  Kerja  Industri  ( PRAKERIN ) merupakan  suatu  sistem  pembelajaran  yang  dilakukan  di luar  Proses  Belajar  Mengajar  dan  dilaksanakan  pada  perusahaan /industri  atau  instansi  yang  relevan.
Secara  umum  pelaksanaan  program  Praktek  Kerja  Industri  ditujukan untuk  meningkatkan  pengetahuan  dan  keterampilan  siswa di  bidang  teknolgi, penyesuaian  diri  dengan  situasi  yang  sebenarnya, 
mengumpulkan  informasi  dan menulis  laporan  yang  berkaitan  dengan  tujuan  khusus. Setelah  siswa  melaksanakan  program  Praktek  Kerja  Industri  secara  khusus  siswa diharapkan.           
 Memperoleh  pengalaman  yang  mencakup  tinjauan  tentang  perusahaan , dan  kegiatan-kegiatan  praktik  yang  berhubungan  langsung  dengan  teknologi.  Dan  mempersipkan  para  siswa/siswi  untuk  belajar  bekerja  secara  mandiri,  bekerja  dalam  suatu  tim  dan  mengembangkan  potensi  dan  keahlian  sesuai  dengan  minas  dan  bakat  masing-masing.
Penyelenggaraan  Praktik  Kerja  Industri  (PRAKERIN)  pada  SMK  bertujuan  untuk :
a.      Menghasilkan  tenaga  kerja  yang  berkuliatas, yaitu  tenaga  kerja  yang  memiliki  tingkat  pengetahuan,  keterampilan,  etos  kerja  yang  sesuai  dengan  tuntutan  lapangan  pekerjaan.
b.      Memperkokoh  link  and  match  antara  SMK  dan  dunia  kerja.
c.       Meningkatkan  efektifitas  dan, efesiensi  proses  pendidikan  dan  pelatihan  kerja  berkulitas.
d.      Memberi  pengakuan  dan  penghargaan  terhadap  pengalaman  kerja  sebagai  bagian  dari  proses  pendidikan.



C.     Sasaran pokok Praktik Kerja Industri (PRAKERIN)
                Melihat  kenyataan  di  atas  pada  kebijakan,  Dikmenjur  menetapkan  strategi  operasional  yang  berdasarkan  pada  kebijakan   “Link  and  Match” (kesesuaian  dan  kesepadanan)   Departememen  Pendidikan  dan  kebudayaan  dalam  model   penyelenggaraan   Pendidikan   Sistem  Ganda.  Pelaksanaannya  sesuai  dengan  ketentuan-ketentuan  yang  tertuang  dalam  Undang-undang  Nomor  2  tahun  1989  tentang  sistem  Pendidikan  Nasional,  PP  Nomor  20  tahun  1990  tentang  Pendidikan  Menengah,  PP  Nomor  39  1992 tentang  Peran  serta  Masyarakat  dalam  Pendidikan  Nasional,  Kepmendikbud  Nomor  080/U/1992  tentang  Sekolah  Menengah  Kejuruan  dan  Kepmendikbud  Nomor  080/U/1993  tentang  kurikulum  SMK.
D.     Tujuan pembuatan laporan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN)
Tujuan  dari  pembuatan  laporan  ini  adalah  agar  para  siswa  dapat  melatih  jiwa  mandiri,  berani,  tanggung  jawab  serta  disiplin.  Selain  itu  juga  dapat  mengkaji  ilmu  terapan  di  lapangan  dengan  sekolah.  Adapun  isi  laporan  yang  harus  disusun   para  siswa  adalah  hasil kegiatan  selama  PRAKERIN.  Tujuan  dari  pembuatan  laporan  tersebut  antara  lain  adalah        
1.      Untuk  mengetahui  perkembangan  siswa  selama  mengikuti  Praktik  Kerja  Industri.
2.      Sebagai  pertanggung   jawaban  atas  tugas  yang  diberikan  Sekolah  kepada  para  siswa  sehubungan  dengan  pelaksanaan  PRAKERIN
3.      Menambah  perbendaharaan  perpustakaan  Sekolah  dan  sebagai  pengetahuan  bagi  siswa  angkatan  selanjutnya.
4.      Sebagai  latihan  bagi  siswa  dalam  membuat  sebuah  laporan  kegiatan.
5.      Sebagai  bukti  bahwa  siswa  telah  melakukan  praktik  yang  dilakukan  di  DUDI  (Dunia  Industri).
6.      Sebagai  syarat  mengikuti  Ujian  Nasional.  Untuk  mengetahui  perlembangan  siswa  selama  mengikuti  praktik  di  dunia  usaha/industri.

E.     Metode  pengumpulan  Data 
               Metode  untuk  mendapatkan  data-data  yang  dibutuhkan  dalam  menyusun  laporan  kami  mengambil  metode  wawancara.
               Metode  ini  merupakan  metode  yang  paling  efektif  dalam  mengumpulkan  data-data  yang  diperlukan.  Dengan  metode  ini  penulis  secara  langsung  melakukan  wawancara  dengan  pembimbing  di  lapangan  dan  karyawan.  Data-data  yang  diperoleh  dengan  metode  ini  antara  lain :
1.      Gambaran  Umum  Perusahaan
2.      Struktur  Organisasi  Perusahaan
3.      Bidang  Usaha
4.      Invertarisasi  tentang  alas-alat  clan  bends-bends  yang  dikerjakan  di  tempat  prakerin.

F.     Sistematika  Penulisan  Laporan  Praktik  Kerja  Industri 

               Penulisan  Laporan  Praktik  Kerja  Industri  terdiri  atas  3  (tiga)  bab  dengan  perincian  sebagai  berikut :

BAB 1 : PENDAHULUAN
               Bab  ini  akan  membahas  Latar  Belakang  Pelaksanaan  Laporan  Kerja  Praktek,  Tujuan  Kerja  Praktek,  Sasaran  pokok  Praktik  Kerja  Industri,
Tujuan  pembuatan  laporan  Praktik  Kerja  Industri,  Metode  pengumpulan  Data,  dan  Sistematika  Penulisan.  Laporan  Praktik  Kerja  Industri.

BAB II : PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI

                 Bab  ini  membahas  Gambaran  umum  PT.  Favorit  Mitra  Media  Televisi,  Waktu Pelaksanaan  Praktik  Kerja Industri,  Tempat  Pelaksanaan  Praktik  Kerja  Industri, Kompetensi  yang  diajarkan,  Pembahasan  Prakerin,  dan  Masalah  yang  dihadapi  dan penanganan  masalah.
BAB III : PENUTUP

 Berisikan  kesimpulan  dan,  saran  selama   pelaksanaan  Kerja  Praktik  ini.

PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI

A.    Gambaran Umum Perusahaan/Instansi

1.      Sejarah singkat PT.FAVORIT MITRA MEDIA TELEVISI.

   Beranjak dari keinginan untuk adil memberikan hiburan dan informasi kepada masyarakat kota Padang dan sekitarnya, seorang anak nagari yang bernama H. Yendril yang sebelumnya dikenal sebagai kontraktor. Pada tanggal 30 April 2003 mendirikan sebuah perusahaan layanan publik dengan nama PT. Radio Favorit Suara Semesta atau Favorit FM dijalan Dr. Sutomo No 125 lantai 3 Marapalam Padang. Favorit  FM dengan frekuensi di 101,8 FM mulai mengudara dan menyapa masyarakat Kota Padang dan sekitarnya, dengan brand Radio Dangdutnya Padang.
   Dengan program-program yang mengakar di masyarakat, serta diisi oleh tenaga profesional dan pengalaman dalam dunia penyiaran. Favorit FM akhirnya tampil sebagai salah satu radio swasta dengan raihan pendengar terbanyak di Kota Padang sekitarnya.
Dalam perjuangan yang cukup berat, akhirnya pada tanggal 30 April 2006 hadirlah televisi swasta pertama di Kota Padang dengan nama FATIVI dichanel 35 UHF. Kehadiran Fativi disambut masyarakat Kota Padang dengan sangat antusias. 
Media ini akhirnya turut pula melahirkan bintang-bintang local yang bisa diperhitungkan. Sejalan perkembangan waktu dan permintaan pasar, serta mensinergiskan nama dengan Favorit FM, akhirnya FATIVI berganti nama menjadi Favorit TV sebagai salah satu perusahaan Favorit Group yang dirintis oleh H. Yendril dengan hasil kerja keras.
Dalam perjalanannya, Favorit TV telah mengalami beberapa kali perubahan logo. Perubahan ini merupakan salah satu bentuk inovasi yang terus dilakukan Favorit TV untuk menjadi yang lebih baik. Perjalanan Favorit TV ini ternyata tidaklah semulus yangdiperkirakan. Berbagai goncangan dan kendala selalu melanda televisi dengan tagline “iyo rancak” ini.
Permasalahan finansial tak dapat di pungkiri menjadi salah satu penyebab utama. Silih bergantinya SDM yang masuk juga menghiasi perkembangan Favorit TV yang bercita-cita menjadi salah satu televisi local yang berkualiatas dan berkelas. Meskipun selalu dilanda berbagai macam persoalan, namun Favorit TV selalu berusaha untuk tetap eksis dalam memberikan informasi dan hiburan kepada masyarakat kota Padang dan sekitarnya.
Kendala penerimaan yang selama ini sering dikeluhkan pemirsa, selalu disikapi oleh pihak manajemen Favorit TV dengan melakukan pemindahan pemancar yang sebelumnya di Marapalam Padang ke daerah Cengkeh Lubuk Begalung. Pemindahan pemancar ini bisa memperluas converage area dan kejernihan daya tangkap televisi pemirsa dirumah.
 Favorit TV dengan 5 divisi yang dimilikinya, yaitu divisi pemberitaan, divisi produksi,divisi program, divisi marketing, dan divisi keungan yang selalu berusaha untuk menjadi televisi local yang memberikan siaran yang mendidik dan memberi pemahaman serta pengenalan budaya sumatera barat ke pada masyarakat.

2.Visi dan Misi

a.         Visi Favorit TV

Menjaga dan melestarikan nilai-nilai kepribadian masyarakat minang sebagai bagian dan upaya mempertahankan kepribadian bangsa.

b.        Misi Favorit TV

Ø  Membuat dan menayangkan program-program siaran yang mampu meningkatkan ketahanan budaya minang untuk menghadapi era globalisasi dalam rangka memperkuat budaya nasional.
Ø  Menjadi sarana untuk mendokumentasikan budaya-budaya di ranah minang.
Ø  Mengembangkan dan menayangkan beragam program siaran sebagai media informasi pendidikan, hiburan, dan mempunyai kontrososialisasi masyarakat.

3        Bidang Usaha

PT. Favorit Mitra Media Televisi memproduksi program-program seperti :
a)      Berita-berita yang aktual,tajam dan berimbang
b)      Kami Manjua Sanak Mambali
c)      Palanta Show
d)      Rabab se manyampaian
e)      Padang stand up comedi
f)       Serta program-program  yang bersifat Seni dan Budaya lainnya

B.       Waktu dan Tempat Pelaksanaan Praktik Kerja Industri

Prakerin ini dilaksanakan lebih kurang 3 Bulan dari Tanggal 7 Januari-6 Maret 2013 yang ditempatkan di PT. Favorit Media Televis, yang beralamat di jalan :
v  Jl.Dr. Sutomo, No. 125  Marapalam.
v  Cangkeh – Lubuk Begalung.

C.     Kompetensi Yang Diajarkan
a.      Mengedit program dengan menggunakan Adobe Premiere Pro.
b.      Dubbing menggunakan adobe audition.
c.       Mengconvert dengan menggunakan Procoder 3.
d.      Dan mengconvert menggunakan Format Vactory.
e.      Membuat running teks serta menjalankannya di monitor.
f.        Menyusun program yang akan di tayangkan.
g.      Mengatur audio dengan menggunakan mixer.
h.      Memindahkan program 1 ke program 2 menggunakan switcher saat live.

D.    Pembahasan Prakerind

1.       Pengertian Siaran Langsung.

Siaran Langsung merupakan suatu proses produksi yang sesuai dengan kenyataan saat itu sehingga apa yang dilihat di televisi pemirsa merupakan gambaran nyata baik waktu maupun lokasi. Siaran langsung memiliki risiko kegagalan baik masalah teknis maupun operasional. Siaran langsung mempunyai slot waktu program yang sulit diprediksi ketepatan selesainya, sehingga seandainya acara langsung gagal, otomatis mengganggu runtutan acara berikutnya.

2.      Master Control Room (MCR) Televisi

Master Control Room (MCR) Televisi atau disebut juga ruang kendali siaran televisi merupakan ruangan yang berisikan perangkat teknis utama penyiaran dalam mengontrol segala proses siaran stasiun televisi. MCR menjadi pusat dari segala kegiatan produksi siaran yang ada di stasiun penyiaran televisi. MCR sangat penting karena semua materi siaran baik acara secara langsung (live) maupun rekaman di studio, harus melalui MCR terlebih dahulu, sebelum akhirnya dipancarkan melalui pemancar.. Materi siaran berupa iklan, logo stasiun televisi, program-program acara, running text dan sebagainya, semuanya telah disiapkan di MCR untuk ditayangkan.

3.      Alat-alat Yang Di Gunakan Waktu Siaran Langsung
v  Switcher
v  Mixer audio
v  Camera
v  Lampu studio (lighting)
v  Deejaayysistem (DJ)
v  Microphone warles
v  Dan lead berita.

4.      Proses Persiapan Siaran Langsung Berita

1.      Mempersiapkan camera untuk berita live seperti gambar 1 dibawah ini.
Gambar 1. Kamerawan berita favorit sedang mempersiapkan kamera untuk live
2.      Camera yang telah siap di stand by kan harus di hubungkan ke switcher dengan menggunakan kabel video, sehingga video presenter tampil di monitor preview switcher.

Gambar 2.  Tampilan video presenter di televisi monitor preview switcher.
3.       Menstand by kan microphone warles untuk vokal/suara presenter.
4.      Microphone warles harus di hubungkan ke mixer audio.
5.      Menghidupkan lampu untuk lighting presenter dan studio berita.

6.      Menyusun file-file berita yang akan  tayangkan di Windows Media Player seperti yang ada pada gambar 3.
Gambar 3. Susunan berita di windows media player.
7.      Menyusun file-file berita yang akan  tayangkan di Windows Media Player ini penyiar berpatokan pada RUNDOWN BERITA.
Gambar4. Contoh Rundown Berita
8.      Berita live siap untuk di laksanakan.

5.      Proses Berita Live 

1)      Sebelum berita LIVE dimulai kita harus menayangkan TUNE FAVORIT TV terlebih dahulu.
2)      Setelah TUNE FAVORIT TV, selanjutnya di iringi dengan penayangan cuplikan berita yang terhangat pada hari itu.
3)      Ketika cuplikan hampir habis, Si penyiar memberikan aba-aba kepada presenter untuk bersiap-siap untuk melakukan opening berita livenya dengan cara berhitung mundur dari angka tiga, dua, satu, dan GO.
Gambar 4. Tampilan presenter yang sedang melakukan opening berita live.
4)      Pada saat GO itu gambar atau video presenter di tayangkan di televisi preview, dan presenter mulai melakukan opening berita livenya.
Gambar 5. Tampilan si penyiar sedang mengatur audio pada mixer audio.
5)      Dan pada saat itu juga Si penyiar menaikan tombol audio presenter dengan menggunakan mixer audio supaya audio presenter terdengar dengan jelas di televisi preview.
6)      Setelah presenter siap melakukan opening Si Penyiar menukar video presenter yang ada di televisi preview dengan video bumper berita favorit dengan menggunakan switcher dan menurunkan audio presenter supaya tidak bocor/ supaya tidak terdengar di waktu penayangan bumper berita favorit.
Gambar 6. Tampilan video bumper di televisi monitor preview.
7)      Ketika video bumper berita tayang di televisi preview Si Penyiar kembali memberikan aba-aba kepada presenter untuk siap-siap membaca lead berita pertama dan berhitung mundur dari angka tiga, dua, satu, dan GO.
8)      Pada saat GO itu gambar atau video presenter di tayangkan di televisi preview, dan presenter mulai membacakan lead berita yang pertama.
9)      Proses ini akan dilakukan berulang-ulang sampai berita live siap atau clossing.
10)  Ketika berita live telah selesai atau clossing kru berita favorit membereskan alat-alat yang di pergunakan di waktu live.
11)  Berita live selesai.

E. MASALAH YANG DIHADAPI DAN PENANGANAN MASALAH.

1.      Masalah yang dihadapi.

Saat penulis membuat laporan ini, masalah yang penulis temukan seperti : nois pada monitor preview, pengaturan suara presenter.

2.     Penanganan Masalah.

Dalam penaganan masalah yang penulis lakukan yaitu meminta petunjuk kepada instruktur  yang menaganinya, bagaimana supaya masalah yang ada, dapat diselesaikan dengan benar. Selain itu penulis juga harus mempunyai percaya diri atas solusi yang telah penulis dapatkan dari instruktur kerja. Semua tindakan tidak akan tercapai tanpa adanya keinginan, niat, do’a, dan kemauan dari diri penulis sendiri
  
BAB III
PENUTUP
A.                      Kesimpulan.
1.                       Kegiatan prakerind bermanfaat bagi para siswa/siswi khususnya siswa/siswi SMK Negeri 1 AMPEK ANGKEK. Dengan adanya kegiatan prakerind, siswa di tuntun untuk mempunyai sikap mandiri dan mampu berinteraksi dengan orang lain sehingga siswa diharapkan dapat memiliki keterampilan serta wawasan yang tinggi.
2.      Prakerind merupakan kegiatan praktek di luar jam sekolah yang bekerjasama dengan masyarakat atau instansi, sehingga siswa/siswi dapat berlatih untuk mampu bergaul dan bekerjasama dengan masyarakat luar.
3.   Prakerind dapat menunjang siswa untuk menjadi tenaga kerja menengah yang ahli dan professional dalam bidangnya yang mampu memenuhi pasar nasional atau bahkan internasional. Dengan begitu, siswa/siswi akan mempunyai sikap yang akan menjadi bekal dasar pengembangan diri secara berkelanjutan dan dapat mengamalkan apa yang telah di perolehnya dalam kehidupan sehari-hari.
4.    Adapun kesimpulan mengenai tempat prakerind ini adalah :
Ø     Perusahaan ini mempunyai banyak fasilitas yang memadai bagi para pegawai.
Ø     Dalam CHRD-CPDD terdapat computer yang telah tersambung dengan fasilitas internet sehingga dapat membantu para pegawai.

B.                     Saran

Beberapa hal yang kami temukan dilapangan saat pelaksanaan prakerind yang sebagian kecil justru tidak kami temukan saat mengikuti pembelajaran di kelas.Terkait dengan ini kami ajukan beberapa saran, antara lain :
 Sekolah perlu memberikan penekanan pada penguasaan keterampilan yang relevan dengan perkembangan teknologi di dunia era. Dengan demikian kami peserta Prakerind dapat mengaplikasikan ilmu dan kerampilan yang diperoleh secara maksimal.
 Sekolah perlu memberikan penekanan pada masalah budaya era yang berlaku pada instansi pemerintah maupun swasta. Dengan demikian apabila siswa melakukan Prakerin, sehingga pada instansi maksud para siswa akan dapat menyesuaikan diri dengan mudah.
Demikian Laporan Prakerin ini kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi pembaca, khususnya siswa/siswi SMK Negeri 1 AMPEK ANGKEK.

0 komentar: