3/23/2012

Apa itu syirik


Syirik yaitu menyamakan selain Allah dengan Allah dalam Rububiyyah dan Uluhiyyah Allah Subhanahu wa Ta'ala. Umumnya menyekutukan dalam Uluhiyyah Allah, yaitu hal-hal yang merupakan kekhususan bagi Allah, seperti berdo'a kepada selain Allah disamping berdo'a kepada Allah, atau memalingkan suatu bentuk ibadah seperti menyembelih (kurban), bernadzar, berdo'a dan sebagainya kepada selainNya.
Karena itu, barangsiapa menyembah selain Allah berarti ia meletakkan ibadah tidak pada tempatnya dan memberikannya kepada yang tidak berhak, dan itu merupakan kezhaliman yang paling besar.
. Syirik Besar Syirik besar bisa mengeluarkan pelakunya dari agama Islam dan menjadikannya kekal di dalam Neraka, jika ia meninggal dunia dan belum bertaubat daripadanya.Syirik besar adalah memalingkan sesuatu bentuk ibadah kepada selain Allah, seperti berdo'a kepada selain Allah atau mendekatkan diri kepadanya dengan penyembelihan kurban atau nadzar untuk selain Allah, baik untuk kuburan, jin atau syaitan, atau mengharap sesuatu selain Allah, yang tidak kuasa memberikan manfaat maupun mudharat.
Syirik Besar Itu Ada Empat Macam.
[a]. Syirik Do'a, yaitu di samping dia berdo'a kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala, ia juga berdo'a kepada selainNya. [3]
[b]. Syirik Niat, Keinginan dan Tujuan, yaitu ia menunjukkan suatu ibadah untuk selain Allah Subhanahu wa Ta'ala [4]
[c]. Syirik Ketaatan, yaitu mentaati kepada selain Allah dalam hal maksiyat kepada Allah [5]
[d]. Syirik Mahabbah (Kecintaan), yaitu menyamakan selain Allah dengan Allah dalam hal kecintaan. [6]
2. Syirik Kecil. Syirik kecil tidak menjadikan pelakunya keluar dari agama Islam, tetapi ia mengurangi tauhid dan merupakan wasilah (perantara) kepada syirik besar.
Syirik Kecil Ada Dua Macam.
[a]. Syirik Zhahir (Nyata), yaitu syirik kecil yang dalam bentuk ucapan dan perbuatan. Dalam bentuk ucapan misalnya, bersumpah dengan nama selain Allah.
Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda.
"Artinya : Barangsiapa bersumpah dengan nama selain Allah, maka ia telah berbuat kufur atau syirik"[7]
[b]. Syirik Khafi (Tersembunyi), yaitu syirik dalam hal keinginan dan niat, seperti riya' (ingin dipuji orang) dan sum'ah (ingin didengar orang) dan lainnya. SYIRIK AKBAR (BESAR)
Syirik akbar akan menghapuskan pahala amal dan akan me-ngekalkan pelakunya di dalam Neraka. Seperti yang difirmankan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala:
“Dan kalau mereka melakukan syirik (menyekutukan Allah dengan sesuatu), pasti akan gugur dari mereka (pahala) apa yang mereka lakukan.” (An-An’am: 88).
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
“Tidaklah pantas orang-orang musyrik itu memakmurkan masjid-masjid Allah, sedang mereka mengakui bahwa mereka sendiri kafir. Itulah orang-orang yang sia-sia pekerjaannya, dan mereka kekal di dalam Neraka.” (At-Taubah: 17).
Yang termasuk syirik akbar, di antaranya adalah berdo’a (meminta) kepada orang mati dan patung (berhala), mohon perlindungan kepada mereka, juga bernadzar dan berkorban (menyembelih binatang) untuk mereka dan lain sebagainya.
SYIRIK ASHGHAR (KECIL)
Syirik kecil ialah beberapa tindakan yang sudah jelas disebut-kan dalam nash-nash Al-Qur’an dan Sunnah sebagai syirik, tetapi tidak termasuk jenis syirik besar. Contohnya adalah riya’ (ingin dilihat orang) dalam beramal, bersumpah tidak dengan nama Allah dan mengatakan “  ” (Sesuatu yang dikehen-daki oleh Allah dan dikehendaki oleh fulan) dan lain sebagainya.
Syirik kecil ini tidak menyebabkan seseorang keluar dari Islam serta tidak memastikan kekalnya seseorang di dalam Neraka, tetapi menghilangkan kesempurnaan tauhid yang semestinya.
Syirik KHOFI (Samar)
Bisa juga syirik itu dibagi menjadi dua bagian saja. Syirik besar dan syirik kecil. Adapun syirik khofi, bisa masuk dalam dua jenis syirik tadi. Bisa terjadi pada syirik besar, seperti syiriknya orang-orang munafik. Karena mereka itu menyembunyikan keyakinan sesat mereka dan berpura-pura masuk Islam dengan dasar riya’ dan khawatir akan keselamatan diri mereka.

3/20/2012

AWAS HIV AIDS MENULAR MELALUI BERTATO

Penulis : Firdaus bin Musa
HUMAS SENADA (sekolah pena dakwah)
Saat aku membaca sebuah cerita manusia bertato yang mati, kematiannya ditempat yang sama, terjadinya setiap kali hujan turun, pada kejadian itu ada seorang pelacur yang selalu mengamati setiap manusia bertato itu mati, dalam pengamatannya ia mendapat beberapa kesimpulan, diantaranya kebanyakan manusia bertato mati ia selalu diperlakukan seperti layaknya  tikus mati, kedua setiap tato yang dibuat oleh manusia bertato tersebut tidak semua tatonya yang tidak punya makna, dalam cerita tersebut disebutkan bahwa tato tersebut banyak berisi  orang yang disayang, seperti sebuah kalimat “aku sayang mama” Neng I love you” dan gambar-gambar binatang.
Berdasarkan cerita diatas, sayapun mengembangkan menjadi analisis tertentu, sehingga layak apa yang saya kembangkan ini mudah-mudahan bermanfaat buat pembaca, Bagiku bertato memang tak terbesik sebelumnya dibenak, sebab bertato itu melambangkan orang yang telah pernah dipenjara, begitu ayahku bilang dahulu, jadi orang bertato identik preman, yang suka memalak, yang suka ugal-ugalan dan meresahkan masyarakat, jadi wajar jika saat ia mati, banyak masyarakat yang tidak memperdulikannya, istilah dalam cerita yang saya baca matinya diperlakukan bagai “mati tikus” dari sisi agama islam, islam sangat melarang bertato, sebagaimana hadits rasulullah mengatakan “orang yang menato dan yang meminta ditato itu tempatnya dineraka “, jadi kenapa masyarakat tidak mempedulikan yang mati bertato alasannya jelas untuk membedakan mana yang patut dihargai dan mana yang tidak, namun lain halnya jika dihadapkan pada pemikir tanpa batas (liberalism), mereka akan mengatakan, itu telah melanggar hak seseorang, ini tidak boleh dibiarkan, jadi wajar juga jika banyak preman bertato yang makin eksis sekarang, ada yang jadi bodyguard orang-orang terhormat, ada yang jadi pegawai bahkan ada yang jadi kepala pimpinan daerah.
Disamping itu, tato yang dibuat oleh orang yang bertato tersebut cendrung memuat kata-kata manis untuk orang yang tersayang, ini adalah sebuah pelampiasan dengan tidak benar, dengan cara demikian berarti dengan sadar menzhalimi diri, disamping itu ini adalah dampak lemahnya pengetahuan terhadap remaja saat ia harusnya masih perlu memperoleh pengetahuan terkait bertato, jangan kita menganggap memiliki tato yang banyak lalu orang akan memuji dan menganggap kita adalah orang yang paling ditakuti, tidak jarang preman mati diujung pisau, dari itu jauh-jauh hari sebaiknya jangan Menato tubuh juga, agar berkurang sentiment buruk dimasa depan buat kita, namun marilah kita Menata Diri, agar orang disekitar kita senang dengan penampilan kita, lagi pula sekarang banyak para pencari karyawan menetapkan syarat karyawan tersebut tidak bertato.
Bertatonya generasin saat ini, tidak lepas dari pengaruh idola mereka yang tampil dilayar televise, ini akan menjadi ancaman besar untuk masa akan dating, karena sudah menganggap yang jelek tidak lagi jelek, sebagai generasi yang masih labil cara berfikirnya, mestinya berbagai pihak dari sekarang telah mencegah kebiasaan ini, diantaranya ialah dengan menyediakan lapangan kerja, bisa jadi mentato adalah pelampiasan para pentato untuk mengeluarkan bakatnya, dengan disediakan lapngan kerja akan mengurangi ancaman terhadap generasi muda sekaligus mereka memperoleh rezki halal, seorang ibu bapak jangan menganggapsepele pekerjaan mentato ini, dari efeknya diketahui bahwa akan berakibat rusak kulit dan jaringan tubuh, lantaran alat yang dipakai tidak steril, zat yang dimasukkan tidak sesuai dengan  kebutuhan tubuh, jika ini tetap didiamkan, maka kerusakan moral dan ancaman untuk generasi masa depan kita akan makin menumpuk, kemungkinan menjadi penyebab menyebarnya penyakit HIV dan AIDS bisa juga melalui kebiasaan mentato, karena pentatao biasanya tidak melihat kebersihan alatnya, kebanyakan yang ikut bertato orang yang biasa bergumul dengan dunia malam.
Senada adalah kelompok karya tulis menulis dalam melawan tulisan dan artikel yang tidak islami, dan menyebar  indahnya pesan-pesan islam, yang berciri khasnya, banyak menyorot tentang politik dan pemikiran yang akan merusak generasi muda, di sumbar telah hadir dengan ketua abrian al-kaf, lihat di face book, khusus untukj nisa’ atau wanita dicari link yang dikhususkan buat wanita pula, pusat senada di yogyakarta

GUSAR MEMANG , JIKA DITANYA…
1.             Kapan kamu Wisuda?
2.             Capeklah buek  skripsi tu lai, jan lamo-lamo bana? Bosan urang mancaliak beko
3.             Ko lah taba sunguik ma kawan, kajadi mahasiswa abadi kok disiko?
4.             sudah berapa bab kawan?
5.             Kenapa lama sekali tamatnya?
6.             Tamat kuliah kamangapo karajo ang lai?
7.             Jangan sampai selesai wisuda menambah angka pengangguran?
8.             Jadi selama ini apa saja yang kamu bisa selama kuliah?
9.             Lah barapo ayat dan hadits nan ang dapek samanjak kuliah, kalau tigo ampek buahse, tu manga se ang dari partamo kuliah?
10.         Kalau ka samose kapandaian ang jo urang nan indak kuliah, ancak jan ang kuliah lai, manandeh-nandehan pitih urang tuo angse ma…, apo ang kuliah pai manggadang-gadangkan badanse, ancak pai kasawah ado juo nan kadidapek an.
11.         Iko alah disakolahkan tinggi-tinggi ndak pandai mambaleh jaso dan guno, jan kaurang kampuang, ka urang tuose ndak pandai saketek alahe do.
12.         Apo ang ku ka jadi gharin  salamoe?
13.         Kenapa kamu  tidak ada bedanya dengan mahasiswa umum lainnya?
14.         Sekarang boleh jadi orang tuamu masih bisa kirim uang sekali sebulan, besok bisa jadi kamu yang musti mengirim uang untuk orang tua, kalau tidak kapan kamu akan membalas jasa orang tuamu?
15.         Dasar anak tidak tahu di untung, orang tua susah dikampung, kamu malah asik disini pacaran, berleha-leha, banyak tidur, dan pergi jalan-jalan kesana kemari.
16.         Coba halalkan uang orang tuamu dengan kuliah yang serius (Frof. Dr. Awiskarni M.Ag)
17.         jo apo anak urang ka diagiah nasi yuang? Ndak amuah jo kasiak do.
18.         Kenapa kamu tidak pernah berubah dari dulu?
19.         Maso Ampek tahun kuliah ceramah ciek ndak bisa?

3/06/2012

ASMARA SHUBUH MEREBAK

BAB I
PENDAHULUAN
1. Remaja Latar Belakang

Beberapa tahun terakhir ini prilaku remaja semakin menunjukkan jauhnya remaja dari nilai-nilai dan norma adat minangkabau.Sangat jarang kita temui saat ini remaja kota padang memakai “baju kurung”,kurangnya sikap dan cara bicara yang tidak sopan dengan orang yang lebih tua,dalam pergaulan sehari-haripun tidak mengenal batas-batas kewajaran antara seorang wanita dan pria.
Dalam membuat makalah ini penulis mengangkat judul “Prilaku Remaja Kota Padang dalam Konteks Keminangkabauan” seperti yang kita saksikan sekarang ini penerapan nilai dan norma adat minangkabau sudah tidak lagi menjadi hal yang penting dan harus dijaga sebagaimana mestinya.
Dengan diangkatnya judul ini,penulis ingin memaparkan bagaimana pergaulan yang menyebabkan lunturnya nilai dan norma adat Minangkabau dikalangan remaja Kota Padang.

2.Rumusan masalah
  • Sopan santun
. Sopan santun dalam berbicara
. Sopan santun dalam berpakaian
. Sopan santun dalam bergaul
  • Penyebab prilaku remaja menyimpang
  • Pengendalian prilaku remaja
3.Tujuan
Dengan adanya makalah ini penulis mengharapkan remaja Kota Padang kembali seperti halnya dalam adat istiadat Minangkabau,supaya tidak terjadi lagi pelecehan wanita,free sex dan untuk menyiapkan remaja yang baik sebagai penerus bangsa.
A.Sopan santun
1. Sopan santun dalam berbicara
Orang Minangkabau terkenal dengan kaato nan empat “kato nan ampek” yakni kato mandaki,kato manurun,kato mandata,dan kato  malereng.Berbicara adalah kebutuhan kita sebagai manusia.Berbicara merupakan salah satu cara yang efektif bagi kita untuk berkomunikasi,memberikan informasi atau pesan kepada orang lain.Dengan berbicara kita bisa menyampaikan maksud dan tujuan serta buah fikiran kita dengan cepat .
Adab berbicara di Minangkabau dikenal dengan “kato nan ampek”yaitu cara berbicara dibedakan atas empat audience atau lawan komunikasi kita,sebagai berikut :
  • Kato mandaki
Kata dan adab yang digunakan bila kita berkomunkasi dengan orang yang lebih tua atau dituakan dan lebih dihormati karena jabatan dan kedudukannya.
  • Kato manurun
Kata dan adab yang dipergunakan bila kita berkomunikasi dengan yang lebih muda ataupun  kepada bawahan .Misalnya pada adik kita sendiri.
  • Kato mandata
Kata dan adab yang kita pergunakan bila kita  berkomunikasi dengan teman sebaya atau rekan kerja.Misalnya disekolahan atau perkantoran.
  • Kato malereng
Kata dan adab yang dipergunakan bila kita  dengan orang yang memilki hubungan kekerabatan dengan kita dan keluarga seperti ipar,besan, sumando,mamak rumah.Karena itu dalam adat Minangkabau sangat memperhatikan cara berbicara dengan orang lain.
Seperti pepatah minang berikut ini :

Nan kuriak iyolah kundi
Nan merah iyolah sago
Nan baiak iyolah budi
Nan indah iyolah bahaso
Nan tuo dihormati
Nan ketek dikasihi
Samo gadang baok bakawan
Anyuik bapinteh,hilang bacari
Salah dibatuakan
Tarapuang bakaik
Tabanam basilami

Namun hal yang sebaliknya terjadi  di Kota Padang.sebagian besar remaja Kota Padang tidak lagi kenal dengan dengan “kato nan ampek” bahkan berbicara dengan guru di sekolahpun mereka seperti berbicara dengan teman-teman sebaya yang gaul-gaulan.Padahal yang seharusnya, mereka  merendahkan suara dengan bahasa yang lembut dan sopan.
Remaja Kota Padang seakan melupakan bahasa ibunya.Sering kata-kata yang tidak seharusnya diucapkan kita  dengar.Langkah selanjutnya adalah jangan malu menggunakan bahasa kita yaitu bahasa minang,harusnya kita bangga memiliki bahasa yang khas,karena remajalah harapan orang tua kita untuk melanjutkan budaya Minangkabau.
2.Sopan santun dalam berpakaian
Dahulu anak gadis minang banyak yang memakai baju kurung sedangkan sekarang kita temui anak-anak gadis minang memakai  baju “kurang”.Pada tahun 1980 – 1990 sebelum memasuki abad millennium biasanya orang dewasa dan remaja berpakaian longgar.Baru pada era globalisasi ditemui anak gadis memakai pakaian adiknya.
Remaja Kota Padang mengalami anomie yang memprihatinkan, sehingga apapun yang tampak langsung diadopsi.Seiring dengan berkembangnya dunia mode dan fashion seolah-olah mereka tidak mau ketinggalan,“pakaian adiak”pun sudah membudaya dikalangan mereka.
Boleh kita saksikan bersama remaja Kota Padang saat ini, dimana-mana kita lihat remaja perempuan berpakaian mini “baju adiak”.Ketika akan turun angkutan kota (angkot),tangan kanan menutupi bagian depan atas, sedang tangan kiri menutupi  belakang dan menarik baju yang sebenarnya sudah tidak bisa lagi untuk ditarik.
3.Sopan santun dalam bergaul
Orang Minang mendidik anak-anak terutama anak gadisnya agar berpakaian sopan sedangkan dalam konteks pergaulan hubungan pertemanan antara wanita dan laki-laki sangat dijarakkan.Berbeda pada remaja Kota Padang masa sekarang,wanita dan laki-laki kita temui berdua-duaan tanpa ikatan di mal-mal,supermarket,pasar,tempat wisata.Padahal orang minang  menyarankan anak gadisnya untuk menjaga diri dan tahu dengan batas kesopanan
Sering kita temui remaja Kota Padang masih berada diluar rumah hingga larut malam,di warnet-warnet dan pantai  yang merupakan tempat umum dua orang remaja laki-laki dan perempuan berani melakukan hal yang tidak semestinya.
B.Penyebab prilaku remaja Kota Padang yang tidak sesuai dengan norma dan adat Minangkabau
1.Kurangnya kesadaran remaja untuk mempelajari dan mempraktekkan Kembali norma adat Minangkabau
2.Kepedulian dan pengawasan orangtua yang tidak maximal Perhatian dan pengawasan orangtu sangat mempengaruhi prilaku remaja,karena pada masa ini remaja membutuhkan teman curhat untuk berbagi dan bercerita tentang perubahan yang dialaminya.Apabila orangtua selalu sibuk dan tak punya Waktu untuk anak,maka remaja akan mencari orang lain untuk Dijadikan teman curhatnya.Masalah yang dikhawatirkan adalah apabila           mereka mendapat teman yang tidak bisa mengarahkannya kearah yang Baik
3.Teman dalam sehari-hari
Biasanya dalam sebuah persahabatan,seseorang cenderung mengikuti kebiasaan yang dilakukan oleh teman dekatnya.Apabila  seorang teman itu mempunyai kebiasaan buruk maka  akan memberikan pengaruh yang buruk terhadap temannya,begitu pula sebaliknya.
4.Teknologi / Elektronik
Perkembangan teknologi yang semakin canggih menimbulkan kekhawatiran dan dampak yang tidak baik pada remaja.Bagi remaja yang tidak bisa memilah teknologi dengan baik akan terjerumus dalam hal-hal negative,seperti porno aksi,pergaulan bebas,diakibatkan mereka mengkomsumsi majalah-majalah porno,menonton CD yang tidak seharusnya mereka lihat.
C. Pengendalian prilaku remaja
1.  Lembaga pendidikan
Pemerintah Kota Padang telah mewajibkan siswi sekolah negri dan swasta  kecuali sekolah non muslim untuk memakai jilbab sebagai upaya meminimalisir prilaku bebas para siswa dan siswi tiap-tiap sekolah.Selain itu,pihak sekolah juga mengadakan ekstrakurikuler untuk mengalihkan perhatian remaja sekaligus sebagai tempat penyaluran bakat yang dimiliki oleh masing-masing siswa sehingga waktu luang mereka terisi dengan baik dan tak ada lagi waktu berhura-hura.
2.Pendekatan orangtua
Dengan pendekatan yang dilakukan oleh orangtua akan membuat anak lebih terbuka lagi terhadap mereka sehingga mereka tahu perkembangan anak-anaknya dan paham dengan masalah yang sedang dihadapi sang anak dan merekapun bisa dengan mudah mencarikan solusi terbaik.
3.Pesantren kilat dan wirid remaja
Pesantren kilat pada bulan ramadhan dan wirid remaja yang dilakukan oleh siswa siswi Kota Padang juga merupakan program Pemerintah Kota Padang yang telah berlangsung lebih kurang selama 5 tahun terakhir ini.Dengan adanya program seperti ini remaja Kota Padang tidak lagi menggunakan waktu sehabis sholat subuh untuk acara “asmara subuh” nama lain dari pacaran subuh oleh remaja Kota Padang,karena pesantren kilat dimulai dari sholat subuh berjama’ah dimesjid terdekat dimana mereka berdomisili sedangkan diluar bulan ramadhan  dilakukan wirid remaja satu kali seminggu.
Remaja adalah harapan bangsa yang akan menentuka nasib negri ini kedepannya,baik atau buruknya sebuah bangsa ditentukan oleh remaja atau generasi muda yang ada dalam negri itu.
Setelah mempelajari bagaimana prilaku dan peran remaja yang seharusnya dalam adat istiadat Minangkabau dapat kita pahami bahwa betapa pentingnya peran remaja bagi bangsa Indonesia ini. Untuk menjadi penerus bangsa yang berbakti kepada negrinya sendiri, maka remaja Kota Padang harus kembali menerapkan tata cara kehidupan seperti yang telah diajarkan dalam adat istiadat Minangkabau dan sesuai dengan ajaran islam.

MEREKA KAH


Ketika titik-titik air menjadi melimpah, disaat itu ada kepuasan jiwa walau dahulu raga menderita, Ketika kita mendustai orang lain, maka dg senang hati anda menyiapkan diri masuk neraka dan dibohongi pula.Menuai hasil ketika telah panen, baik atau buruk yg kita tanam, yg kita tuaipun akan dperoleh dari yg dtanam, Kesenjangan hidup sosial itu lahir lantaran ada yg memperturut ambisi pribadi. Sembunyi dibalik visi dan misi, jangan smp mengelabuhi?apakah mungkin? Kmungkinan itu kecil skali, jika berlanjut juga, Maka dapat dpastikan akan ada yg dikorbankan, seperti idealisme, keyakinan, itulah saatnya materialistik berkuasa menunggangi hawa nafsyunya, Ketika kelucuan yg katanya untuk menghibur, tpi dbalik itu ada dizhalimi,,,mashkah kita ikut tertawa? Byangkan jika itu terjadi pada kita. Lamak diawak katuju dek urang, apapun tindakan dan perkataan menyinggung orang lain. Ikolah pituah nan batuah

ABSEN HALAQAH

GERAKAN MAHASISWA (GEMA)  PEMBEBASAN
SEKRETARIAT IAIN IMAM BONJOL PADANG
_________________________________________________________
Dengan nama ALLAH yang maha PENGASIH lagi maha PENYAYANG

NO
NAMA
TANDA TANGAN
INFAK




1







2







3







4







5







Tidak akan eksis dan bertambah ilmu syabab kalau tidak ada aktifitas halqah (pesan mandub)
Tanda Tangan Musyrif