11/19/2010

Laporan Kuliah Kerja Nyata

Laporan
Kuliah Kerja Nyata

MEDIA KOMUNIKASI DAN INTERAKSI
MASYARAKAT JORONG SUNGAI ARO

















Oleh:

Firdaus bin Musa
207. 079








PESERTA KULIAH KERJA NYATA (KKN)
PERIODE XXXVI TAHUN 2010
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
IMAM BONJOL PADANG
DI KENAGARIAN LBG. TIMUR KECAMATAN SANGIR
SOLOK SELATAN
KATA PENGANTAR

Syukur Alhamdulillah Penulis ucapkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan Hidayah dan Inayah-Nya pada penulis, sehingga penulis dapat menyeleaikan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan menyusun laporannya.
Shalawat beserta salam kepada Nabi Muhammad SAW, yang telah membawa umatnya dari alam yang tidaktahuan, ke alam yang penuh dengan ilmu pengetahuan.
Kegiatan yang mengintegrasikan aspek Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian, Pengabdian masyarakat adalah Kuliah Kerja Nyata. Mahasiswa diajak untuk mampu memahami pola fikir, prilaku serta pola hidup masyarakat yang tidak lepas dari pengaruh kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Agar mahasiswa mampu merealisasikan programnya, mahasiswa dituntut untuk kreatif, dan inovatif dalam memecahkan permasalahan yang timbul dalam kehidupan masyarakat.
Tujuan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan tujuan KKN Institut Agama Islam ( IAIN ) Imam Bonjol Padang periode XXXVI Tahun 2010 antara lain ;
1. Membekali mahasiswa dengan pengalaman belajar tentang pembangunan masyarakat, sehingga lebih menghayati permasalahan yang dihadapi serta belajar memecahkan permasalahan tersebut secara holistic Interdisipliner.
2. Memperkenalkan kepada mahasiswa tentang fungsi dan peranannya dalam pembangunan nasional, sehingga dapat menumbuhkan kesadaran tentang hak dan tanggung jawab mahasiswa sebagai calon pemimpin dimasa depan.
3. Memberikan motivasi dan bimbingan kepada masyarakat untuk dapat meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan penghayatanya terhadap ajaran Islam.
Berdasarkan hal tersebut diatas penulis sebagai anggota kelompok Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) IB Padang di Kelurahan Laing Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok, mengambil pembelajaran kepada masyarakat dengan berbagai kekurangan kemampuan, ilmu, pengalaman serta keterbatasan dana.
Penulis juga merasa mempunyai tanggungjawab untuk mengembangkan dan mensosialisasikan serta mempraktekkan apa yang penulis milikki berupa sedikit ilmu pengetahuan yang bermanfaat untuk mensyiarkan ajaran Islam berupa pengoptimalan Pendakwahan ajaran Islam kepada seluruh lapisan masyarakat.untuk mencapai hal demikian tidak bisa penulis laksanakan sendiri tanpa bantuan dan bimbingan yang telah di berikan berbagai pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan yang penulis kedepankan.
Tiada kata yang lebih pantas untuk di ucapkan selain iringan do’a dan harapan semoga Allah Swt memberikan balasan yang berlipat ganda. Di samping itu, penulis sangat menyadari dengan sepenuhnya bahwa laporan yang penulis buat ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu penulis berharap kepada semua pihak untuk dapat memberikan masukan yang konstruktif demi penyempurnaan laporan ini untuk masa yang akan datang. Akhirnya penulis berharap semoga ini bermanfaat dan dapat digunakan seperlunya.







Padang, 17 September 2010

Penulis

Firdaus bin Musa
207.079






DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL…………………………………………..…………………i
KATAPENGANTAR…………………………………………………………….ii
DAFTAR ISI………………………………………………...…………………..iii
HALAMAN PENGESAHAN..………………………………………….………iv
BAB I : PENDAHULUAN………………..…………………………...…….…..1
A. Gambaran Umum Jorong…………..………….………….…………2
B. Identifikasi Masalah Yang Ditetapkan…………………….…..…….3
BAB II : RENCANA PROGRAM KERJA…………………….……..…..……5
A. Bentuk-bentuk Program Kerja……….…………………...…….5
B. Target Yang Akan Dicapai………………………………..……6
BAB III: PELAKSANAAN PROGRAM…………………………..….………7
A. Hasil Pelaksanaan Program ……………………….….….…….7
B. Faktor Pendukung dan Penghambat ………………………..….9
C. Analisis Pelaksanan Program…………………………..……..10
BAB III: PENUTUP………...…………………………………………….….…11
A. Kesimpulan……………………………………………………11
B. Rekomendasi………………………………………….….……13
LAMPIRAN-LAMPIRAN……….……………………………………….……14
A. FOTO-FOTO KEGIATAN………………..………………….……14
B. SK/ PIAGAM………………………………………………………15








BAB I
PENDAHULUAN

Media Komunikasi dan Interaksi yang ada dimasyarakat sungai aro berupaya mengadakannya dalam rangka peningkatan taraf berfikir guna untuk mencetak, cendikiawan dan pemikir yang mampu sebagai pembaharu yang diharapkan masyarakat, serta mengkader sarjana muslim yang kompeten didalam era yang penuh tantangan ini. Hal ini sudah menjadi perhatian dan pertimbangan suatu pengemban Dakwah, tak terkecuali IAIN sebagai institusi yang memperhatikan hal tersebut yang termaktub dalam visi dan misinya yaitu berdakwah untuk syiarnya agama Islam. Perhatian dan pertimbangan tersebut tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu salah satunya dalam bentuk pengabdian masyarakat yang diwujudkan dalam berbagai bentuk kegiatan, salah satunya diadakannya Kuliah Kerja Nyata (KKN). Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah salah satu bentuk inovasi dalam bidang tempat dan cara berdakwah. latar belakang perlunya kegiatan ini adalah dalam rangka memotivasi dan memberikan pemahaman keagamaan kepada masyarakat.
Pengalaman belajar mahasiswa untuk hidup ditengah–tengah masyarakat diluar kampus secara langsung melibatkan diri dalam mengidentifikasi serta memecahkan permasalahan pembangunan yang dihadapi masyarakat.
Sebagai kegiatan akademisi yang memadukan ketiga Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian ) Kuliah Kerja Nyata termasuk program intra kurikuler yang diatur secara sistematis dan harus dilaksanakan selama lima puluh dua hari dibawah bimbingan dosen lapangan dan civitas akademik IAIN Imam Bonjol Padang. Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) berfungsi sebagai motivator, mediator, sekaligus penggerak dalam pembangunan Nagari.




A. Gambaran Umum Kenagarian dan Jorong
Merujuk dari profil kelurahan tahun 2010, maka gambaran umum kenagarian akan sedikit penulis uraikan secara ringkas dan tidak terlalu mengedepankan hal-hal yang kurang perlu. Kenagarian lbg. timur merupakan salah satu Kenagarian yang terletak di Kecamatan Sangir kabupaten Solok Selatan. Umumnya masyarakat kenagarian Lbg. Gadang Timur di Jorong sungai aro masih menjunjung tinggi nilai-nilai adat-istiadat antara Mamak dan Keponakan masih saling menghormati. Namun, perhatian masyarakatnya terhadap agama masih lemah. Hal ini terbukti tidak banyaknya minat masyarakat tehadap pelaksanaan shalat berjama'ah ke Masjid dan mushalla, baik itu dikalangan Orang Tua, Remaja/I, dan Pemuda/I serta Anak-Anak.
Secara keseluruhan Jorong sungai Aro memiliki luas teritorial ± 815,00 ha. dengan jumlah penduduk keseluruhan adalah + 984 Jiwa dan semuanya menganut agama Islam. Diskripsi Wilayah Jorong Sungai aro yang menjadi lokasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah sebagai berikut :
Kelurahan adalah sebuah Kelurhan yang terletak di Kecamatan sangir, kenagarian Lbg. Gadang Timur. Luas pemukiman sekitar 12,00 hektar.
1. Keadaan Penduduk
Jumlah penduduk jorong sungai aro, kecamatan sangir kabupaten solok selatan, 220 Kepala Keluarga dan + 984 jiwa jumlah penduduk menurut profil kelurahan Tahun 2010.
2. Pekerjaan dan Penghasilan
Pada umumnya masyarakat jorong sungai aro mempunyai mata pencarian bertani, berdasarkan pantauan langsung ke lokasi maka diperoleh jumlah penduduk yang mempunyai mata pencaharian petani adalah sekitar 90% dan pegawai negeri dan guru sekitar 5 % dan buruh dan pedagang 5 %.

3. Pendidikan dan Sarana Pendidikan
Pada umumnya pendidikan masyarakat adalah tamat SD, SLTP, dan SMA serta ada juga yang sarjana. Namun ada juga masyarakat yang putus sekolah, untuk lebih jelasnya dapat dilihat dengan rincian sebagai berikut:
1. Belum sekolah : 106 orang
2. taman kanak-kanak : 21 orang
3. Tidak tamat SD :110 orang
4. Tamat SD : 251 orang
5. Tamat SLTP : 179 orang
6. Tamat SLTA : 180 orang
7. Tamat perguruan tingi : 53 orang
8. Buta Aksara : Tidak ada
Sarana umum seperti gedung sekolah di jorong sungai aro ini terdapat satu unit SD dan satu unit PAUD, dua unit MDA/TPA/TPSA. Sementara untuk sekolah SMP satu buah /sedang sederajat SMA/ tidak akan dijumpai di jorong sungai aro.
Dari jumlah tamatan pendidikan yang ada di atas dapat disimpulkan bahwa sebagian besar penduduk jorong sungai aro Kecamatan sangir solok selatan rata-rata memiliki minat yang tinggi terhadap pendidikan.
4. Agama dan Sarana Ibadah
Masyarakat jorong sungai aro 100% menganut agama Islam dengan sarana ibadah yang terpusat pada satu dan satu mushalla, Masjid yaitu Masjid Nurul Ikhlas yang berada dikorong Sungai Tarab, lalu Mushalla yaitu Mushalla Mardhatillah berada dikorong Sungai pudiang, sedang di korong Sungai Panjang, karena terletak anatara dua sarana ibadah tersebut, maka sebagian masyarakatnya ada yang kemesjid dan ada juga yang kemushalla.
Agama yang dianut di kelurahan ini adalah beragama Islam secara keseluruhan, yang memiliki tempat ibadah seperti Masjid sebanyak satu unit dan Mushala sebanyak satu unit, jorong sungai aro merupakan jorong yang berbatasan dengan bagian utara dengan jorong malus, bagian selatan dengan jorong kampuang baru, bagian barat dengan jorong sungai landeh sedang bagian timur dengan jorong durian tanjak, corak kehidupan bermasyarakatnya tidak sepenuhnya kehidupan yang homogen, atau corak kehidupan masyarakat kota tapi heterogen karena ada juga warga transmigasi yang ditempatkan disana.

B. Identifikasi Masalah Yang Ditetapkan
Dengan mengidentifikasi masalah yang ditetapkan diatas, maka suatu kegiatan pasti akan terlaksana dengan terorganisir. Maka dari itu penulis selalu memilah-milah masalah yang akan dan bahkan yang telah ditetapkan.
Pembuatan schedule kegiatan secara terperinci dapat membuat kemudahan pada suatu pelaksanaan program yang penulis jalankan. Belajar dari masalah yang telah lewat dan berbenah agar selalu terarah adalah langkah utama yang penulis ambil. Tetapi jika suatu kegiatan belum berjalan dengan normal, mungkin bisa disebabkan oleh faktor yang belum mendukung terlaksananya kegiatan tersebut, hal ini perlu pengkajian yang matang dan terencana.
Bercermin kepada gambaran umum di atas maka dapat digambarkan permasalahan umum yang ada di Kelurahan Laing yaitu :
1. Kurangnya perhatian orang tua terhadap pendidikan anak-anak terutama pendidikan agama dikarenakan rendahnya pendidikan masyarakat.
2. Kurangnya pemahaman masyarakat terhadap nilai-nilai Agama.
3. Kepercayaan masyarakat pada umumnya masih cenderung kepada kebudayaan yang datang dari luar.
4. Adanya anak-anak yang putus sekolah atau tidak bisa melanjutkan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi.
5. Banyaknya anak-anak yang sudah remaja belum paham tentang pelaksanaan agama baik shalat Fardhu apalagi shalat Jenazah.
6. Banyak Anak-anak yang masih sekolah tetapi telah diberi tanggung jawab untuk mencari nafkah sehingga pendidikan mereka terlantar .
7. Masih kurangnya minat pemuda untuk melaksanakan perintah agama.

BAB II
RENCANA PROGRAM KERJA
A. Bentuk-Bentuk Program Kerja

1. Membuat Program dan Pelaksanaan Pesantren Ramadhan tingkat SD
2. Ceramah Agama
3. Instruktur dan Pemateri Pesantren Ramadhan di SD
4. Membantu proses belajar mengajar di MDA
5. Mengajar Bacaan Shalat pada murid SD
6. Pendidikan al-Qur’an pada murid SD dan MDA
7. Konsultasi masalah yang timbul dalam keseharian

B. Target Yang Akan Dicapai

1. Diharapkan peserta Pesantren Ramadhan tidak cepat jenuh dalam mengikuti pelaksanaan pesantren dan target dari pesantren ramadhan dapat tercapai yang tergolong kedalam empat aspek yaitu Aqidah (keimanan), Ibadah ( shalat ), Akhlak dan Baca Al-Qur’an.
2. Masyarakat termotivasi untuk menyerahkan anak-anaknya kesekolah Perguruan Tinggi Islam
3. Diharapkan Suasana Pesantren Ramadhan menjadi menarik yang di pandu oleh seorang Instruktur yang cakap dan dapat menambah pengetahuan peserta dengan diberikannya materi Pesantren Ramadhan oleh seorang Pemateri yang seyogyanya telah dipersiapkan sebelumnya.
4. Mampu meninggalkan kader-kader untuk meneruskan pengalaman dan ilmu yang penulis berikan
5. Supaya murid SD mantap dalam memahami dan mempelajari tentang pelaksanaan penyelenggaraan shalat.
6. Agar anak-anak jorong sungai aro akan semakin tertarik untuk belajar Agama mulai sejak kecil.
7. Agar Murid tersebut dapat langsung mengaplikasikan dan melaksanakan shalat dalam kehidupan sehari-hari tanpa ada perasaan beban.
8. Agar masyarakat kenal dengan informasi-informasi yang tadinya belum tahu menjadi tahu, dan menjadi pelajaran.













BAB III
PELAKSANAAN PROGRAM
A. Hasil Pelaksanaan Program
1. Kegiatan Keagamaan
a. Membantu mengaktifkan Masjid (sholat berjamaah, majelis ta’lim, dan pesantren ramadhan, serta diskusi ilmu Keislaman lainnya)
b. Peringatan Nuzul Qur’an
Peringatan Nuzul Qur’an (MTQ) diperingati setelah kelompok KKN berada dipertengahan bulan Ramadhan jadi penulis dapat memanfaatkan acara tersebut sebagai sosialisasi dan pembagian wawasan dan ilmu yang didapat selama dikampus, yakni sebagai panitia persiapan penyelenggaraan serta menjadi Dewan Juri di bagian Adab.
c. Membantu mensukseskan pesantren Ramadhan di TPA dan Sekolah Dasar
Mulai dari tanggal 12 agustus hingga 21 Agustus, sedangkan dimushalla Penulis mengadakan pesantren ramadhan juga pada sore hari, yakni dari jam 16.00-17.30 di Mushalla Mardhatillah.
d. Instruktur Pesantren Ramadhan
Penulis telah diikut sertakan menjadi instruktur dan pemateri pesantren ramadhan.
e. Tadarus al-Qur’an
Tadarus al-Qur’an selalu dilakukan oleh penulis selama bulan puasa, bersama-sama dengan pemuda dan pemudi. dan anak MDA yang ada dijorong Sungai aro
f. Bimbingan Shalat
Bimbingan shalat dilakukan bertujuan untuk memperdalam tingkat pengetahuan siswa yang masih duduk di bangku sekolah dasar.
g. Pelatihan cara Pidato Cilik
Dengan melatih Murid SD yang masih mau mengasah otaknya untuk kemajuan, maka penulis juga mengajarkan sedikit keilmuan yang penulis miliki, yang kebetulan ini terkait dengan jurusan penuis Yaitu Komunikasi Penyiaran Islam di Fakultas Dakwah
h. Mengajari baca Al-Qur’an kepada Murid MDA
Bimbingan al-Qur’an juga penulis aplikasikan kepada murid MDA dalam kegiatan individu.
2. Kegiatan Kependidikan
a. Membantu belajar mengajar di SD
Melalui kerja sama dengan pihak sekolah, penulis berusaha untuk membantu kegiatan belajar mengajar di sekolah, dimulai dari tujuh hari setelah penulis berada di lokasi.
i. Membantu belajar mengajar di MDA
Melalui kerja sama dengan kepala MDA, penulis berusaha untuk membantu kegiatan belajar mengajar di MDA tersebut, dimulai dari tujuh hari setelah penulis berada di lokasi.
j. Pemateri Pesantren Ramadhan di SD
Penulis sangat kerap kali mengisi pesantren ramadhan di Sekolah sebagai pemateri maupun sebagai pengganti.
k. Optimalisasi dan penerapan baca tulis al-Qur’an
Penulis lakukan di Masjid atau di MDA dan di Sekolah sebagai tempat berlangsungnya kegiatan baca tulis al-Qur’an
3. Bidang Administrasi
a. Membantu bidang administrasi di Kantor Lurah.
b. Membantu bidang administrasi organisasi Kepemudaan
c. Membantu bidang administrasi di Masjid dan MDA

4. Sosial Masyarakat
a. Gotong Royong
b. Temu ramah dengan masyarakat
Penulis sebelum memposisikan diri di lokasi, ada hal yang tidak kalah pentingnya yaitu temu ramah dengan siapa saja masyarakat yang penulis temui di lokasi.
c. Mengaktifkan olah raga volley
Olah raga yang sempat aktif ketika penulis menjalani KKN adalah olah raga bola volley, yang kebetulan polopor dari akitifnya olah raga tersebut adalah mahasiswa KKN.
d. Kebersihan Lingkungan Masjid
Penulis sangat memperhatikan keadaan lingkungan masjid, bersama-sama dengan pemuda dan pemudi saling bekerjasama untuk kebersihan dan kenyamanan lingkungan masjid.

B. Faktor Pendukung dan Penghambat
Faktor pendukung dan faktor penghambat yang sering dihadapi selama menjalankan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dapat dipaparkan sebagai berikut :
1. Faktor Pendukung
a. Adanya kekompakkan anggota KKN dalam melaksanakan segala program sehingga jalannya program terhambat.
b. Adanya antusias masyarakat terhadap program-program kerja mahasiswa KKN sehingga setiap kegiatan yang hendak dilaksanakan mendapat respon positif.
c. Dukungan dari semua pemuda/i dan Remaja Masjid berupa bantuan moril dalam melaksanakan program tersebut.
d. Dukungan yang penuh dari guru-guru dalam melaksanakan pesantren ramadhan dan juga program dari pemerintah daerah sehingga menjalankan pesantren ramadhan tidak mengganggu jadwal sekolah.

2. Faktor Penghambat
Ada beberapa faktor penghambat yang menjadi catatan kami adalah sebagai berikut ;
a. Kurangnya dana dalam melaksanakan program KKN yang membutuhkan dana yang besar.
b. Alat transportasi yang sangat terbatas sehingga menghambat perjalanan penulis dalam urusan surat-menyurat dan urusan lainnya, apalagi lokasi jauh dari tempat renthal dan photo copy serta pasar, solusinya kami merental kendaraan Ojek. Namun kelemahannya terjadinya pemborosan dana .
c. Sebagian masyarakat yang kurang respon dengan acara atau kegiatan yang dilaksanakan.
d. Sulitnya mengumpulkan warga pada siang hari karena banyak dari warga yang beraktivitas sebagai petani yang bekerja dari pagi sampai sore hari, sehingga ada beberapa program untuk ibu-ibu ( PKK ) tidak terlaksana.
A. Analisis Pelaksanaan Program
Analisis pelaksanaan program dilakukan secara periodic atau setelah pelaksanaan program dilaksanakan, dengan demikian akan terlihat bagaimana penerapan program terlaksana dengan baik. Dengan cara bertanya kepada kawan yang lebih tahu, maka dapat dipecahkan berbagai masalah yang ada. Tidak dapat dipungkiri bahwa keberhasilan program itu tergantung kepada tingkat keseriusan penulis. Perpecahan dan perbedaan pendapat antara individu dalam kelompok membuat penulis sangat kewalahan dalam menghadapi kegiatan individu serta menjadi terhambat dan bahkan tidak dapat terlaksana.
Kegiatan yang mungkin terlaksana tidak sepenuhnya berhasil dengan maksimal, disebabkan kegiatan yang diadakan tidak berdiri sendiri melainkan hasil kerja sama antara peserta kuliah kerja nyata dengan masyarakat serta pemuda dan pihak-pihak yang ikut berpartisipasi.

BAB IV
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Dalam melaksanakan berbagai program dan kegiatan pada KKN ini, penulis telah berusaha semaksimal mungkin sesuai dengan target yang telah direncanakan. Beberapa hal yang menjadi Kesimpulan penulis dari hasil Kuliah Kerja Nyata di Kelurahan Laing adalah sebagai berikut ;
1. KKN yang dilaksanakan selama 62 hari berjalan dengan lancar dan sukses.
2. Adanya tanggapan positif dari kalangan masyarakat.
3. Sejauh pemantauan penulis, ternyata masyarakat tidak begitu jauh ketertinggalan dalam pengetahuan agama dan pengetahuan lainnya.

B. REKOMENDASI
Laporan yang tidak sesuai dengan pelaksanaan program dapat direkomendasikan dengan pihak-pihak yang berkaitan, dan dapat juga memberi masukan kepada penulis demi sempurnanya laporan yang penulis buat.
Laporan ini tentu saja masih jauh dari kesempurnaan. laporan yang penulis buat ini merupakan realitas yang terdapat di lapangan selama masa KKN berlangsung tentu saja terdapat permasalahan-permasalahan yang perlu diketahui oleh BP-KKN dan pihak-pihak yang terlibat dalam penyusunan dan penempatan lokasi KKN. ada beberapa saran yang penulis sampaikan sebagai berikut :
1. Diharapkan kepada Badan Pelaksana KKN agar lebih memperhatikan dan melaksanakan survei ke lokasi-lokasi yang akan dijadikan lokasi KKN, agar tidak terdapat ketimpangan dalam penempatannya.
2. Perlu adanya bimbingan pengawasan yang intensif dari Dosen Pembimbing Lapangan agar pelaksanaan Program dapat lebih maksimal dan terarah.
3. Bagi pesera KKN jadikanlah kegiatan ini sebagai motivasi dan pelajaran untuk pematangan diri di masa yang akan datang
4. Diharapkan kepada pemerintahan Daerah, Nagari, Kampung dan masyarakat untuk lebih memperhatikan dalam pembangunan daerahnya baik mental spritual maupun fisik.

Demikianlah laporan Kuliah Kerja Nyata ini dibuat dengan sebenarnya dan kami mengharapkan kritik dan saran serta analisa untuk kesempurnaan Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) dan laporannya di masa yang akan datang.

bahan teks nyanyi nasyid firdaus bin musa

 oleh firdaus bin musa



Teman sejati

Selama ini kumencari-cari
Teman yang sejati, buat menemani
Tujuan yang suci

Bersyukur kini
Padamu illahi
Teman yang dicari
Selama ini telah kutemui

Dengannya disisi perjuangan ini
Senang diharungi Bertambah murni kasih illahi
Kepadamu allah

Kupanjatkan doa
Agar berkekalan kasih sayang kita
Kepadamu teman kumohon sokongan pengorbanan dan pengertian
Telah kuungkapkan segala-galanya

Selama ini kumencari-cari
Teman yang sejati, buat menemani
Perjuangan suci

Bersyukur kini
Padamu illahi
Teman yang dicari
Selama ini telah kutemui

Dengannya disisi perjuangan ini
Senang diharungi Bertambah murni kasih illahi
Kepadamu allah kumohon besok
Agar kita kekal bersatu

Pengorbanan dan kesetian
Telah kuungkapkan segal-galanya
Itulah tandanya kejujuran kita
Ahaa…ahhaa

Bagaimanakah merasa bangga akan dunia yang sementara
Bagaimanakah bila semua
Hilang dan pergi
Meninggalkan dirimu
Bagaimanakh
Bila saatnya waktu terhenti
Tak kau sadri
Masih adakah
Untuk kembali meninggalkan masa alu
Dunia dipenuhi denga hiasan
Semua dan segala yang ada akan kembali padanya

Bila waktu telah memanggil
Teman sejati hanyalah amal
Bila waktu telah terhenti
teman sejati hanyalah sepi

wahai ayah ibu

wahai ayah dan ibu
dengarlah rintihan anakmu
pimpinlah diriku ini, dijalan penuh duri

berilah ilmu, mengenal tuhan
pencipta diri ini
selamatkan dari, tipuan dunia
menuju alam yang abadi

ilmu akhirat wajib dipelajari
bekalan untuk bertemu illahi
ilmu duniawi boleh dicari
panduan hidup untuk berbakti

ayah dan ibu , ini impian
ingin menjadi anak yang sholeh
menolong ayah, membantu ibu
terus berbakti dinegeri abadi 3x

Oh tuhan beri kekuatan iman
Pada kedua ayah dan ibuku
Kau ampunkan segala kelemahan
Senantiasa dalam bimbinganmu
Setiap detik setiap saat
Berada dalam ridhomu
Jalan yang lurus ditunjuki
Tuhan jadi sahabat sejati







Hati damai
Hati damai dalam pengajian
Taman indah mengingati tuhan
Bagaikan bintang yang berkelipan
Menghiasi angkasa angkasa raya

Diajar di didik mengajar
Tuhan yang mesti kita sembah
Ia pencipta segala-galanya
laut, darat, angkasa raya

guru bukan orang sembarangan
mesti kuat rasa bertuhan
mengajar mendidk penuh kesabaran
tidak pernah mengharap balasan

berkata benar

berkata benar akhlak yang mulia
sifat terpuji, semua orang suka
berbohong menipu, sifat yang tercela
didunia lagi terima balasannya

meminta izin pada ibu bapak
sebelum membuat kerja apa saja
ikut kata ibu
patuh suruhannya
agar selamat sejahtera hidup kita

beramah mesra amalan kita
pada kawan2 juga siapa saja
juga bertolong membantu cara hidup kita
agar terjalin ikatan setia

berkawan ihsan, iman dan takwa
untuk menjamin , hidup disyurga
wahai kawan2 , jangan kita lupa
mari bersama kita usahakannya


jasa ibu
betapa besar jasanya
betapa murni kasih sayangnya
mendidik dan mengasuhku, hingga aku dewasa
ibuku tercinta
segala baktimu kuterima
hanya tuhan dapat membalasnya
hingga diakhirat sana

segala kesusahan
segala penderitaan
kau hadapi dengan sabar
tanpa putus asa, gelisah, kecewa

wahai tuhanku
ampunkan dosa ayah ibuku
kasihilah mereka seperti kau mengasiku
wahai tuhanku redhokan ayah ibuku
rahmati mereka
selamatkan dari azab neraka

akhlak ialah bunga diri


akhlak ialah bunga diri
indah dilihat oleh mata
senang dirasa hati
setiap orang jatuh hati
akhlak nilai manusia
modal hidup dimana-mana
kemana pergi orang suka
banyak kenalan murah rezki

orang yang tiada akhlak
harta banyak tiada nilainya
wajah nya cantik hilangnya serinya
berpangkat tinggi orangpun benci

siapa yang berakhlak tinggi
kemana orang
ia disukai dan
siapa yang berakhlak tinggi
kemana orang suka dan dipercayai
kawan banyak dimana-mana
siapa yang berkhlak tinggi kemana pergi orang suka
sebaik-baik manusia
karena disukai allah dan juga rasulnya
disenangi manusia seluruhnya
akhlak mulia ibarat bunga



Ilmu yang bermanfaat

allah dan rasulnya patut dicintai
ibu bapak dan guru dihormati
anan-anak patut disayangi
orang yang kesusahan patut kita simpati

belajarlah ilmu dan beramallah
agar membuahkan akhlak yang mulia
bila ilmu tidak diamalkan
tiada nilainya di sisi allah

ilmu yang memberi manfaat
ibarat kawan cerdik dan setia
mengingatkan dan memimpin kita
kejalan yang menyelamatkan kita

istri sholehah

istri cerdik dan sholehah
penyejuk mata, penawar hati
penajam fikiran, dirumah ia istri
dijalan ia kawan, diwaktu kita buntu
dia penunjuk jalan

pandangan kita diperteguhkan
menjadikan kita
ilmu yang diberi
jika lupa ia mengingatkan
nasihat kita dijadikan pakaian
khilaf kita dia betulkan
penghibur diwaktu kesunyian
terasa ramai bila bersamanya
dia umpama tongkat tongkat sibuta
bila tiada suatu kehilangan
dia ibarat simpanan ilmu
semoga kekal untuk diwariskan
sangat susah diwariskan



do’a perpisahan

pertemuan kita disuatu hari
meniti kan ukhwah yang sejati
besrsyukurku kehadrat illahi
diatas jalinan yang suci
namun kini perssahan yang terjadi
dugaan yang menimpa diri
bersabarlah diatas suratan
kutetap pergi jua
akan ku utuskan salam dalam
dalam doa qudusku sepanjang waktu

ya allah bantulah hambamu
mencari hidayah dari padamu
dalam mendidik kesabaranku
ya allah tabahkan hati hambamu
diatas perpisahan ini
teman betapa pilunya hati
menghadapi perpisahan ini
dalam
semoga persahabatan
dan perpisahan ini
semoga tuhan memberkatimu


Mengemis kasih

tuhan dulu pernah aku menagih simpati kepada manusia
lalu teririslah aku di lorong gelisah
luka yang berdarah
kini jadi kian parah
semalam sudah sampaike penhujungan
kisah beribu duka
tak ingin lagi ku ulangi kembali
kerap dosa yang mengiris hati
tuhan dosaku menggunung tinggi
tapi rahmatmu melangit luas
harga selautan syukurku
hanyalah setitik nikmatmu dibumi
tuhan walau tobat seringku mungkir
namun pengampunanmu
tak pernah bertepi
bila selangkah ku rapat padamu
seribu langkah kau rapat padaku
tuhan dosaku menggunung tinggi
tapi rahmatmu melangit luas
harga selautan syukurku
hanyalah setitik nikmatmu dibumi
allah…allah…

rasulullah dalam mengenangmu
kami susuri lembaran sirahmu
pahit getir perjuanganmu
membawa cahaya kebenaran

engkau taburkan pengorbananmu
untuk umatmu yang tercinta
biar terpaksa tempuh derita
tegarnya hatimu menempuh ranjaunya

tak terjangkau tinggi pekertimu
tidak tergambar indahnya akhlakmu
tidak terbalas segala jasamu
tabahnya hatimu menempuh
mengejar kesabaran
menjulang panji kebenaran
terukir namamu dalam al-qur’an

rasulullah kami umatmu
walau tak pernah melihat wajahmu
kami cuba mengingatimu
dan kami coba mengamal sunahmu
kami sambung perjuanganmu
walau kita tak pernah bersua
tapi kami tak pernah kecewa
allah dan rasul sebagai pembela

dipondok kecil

dipondok kecil dipantai ombak
berbuih putih beralun-alun

disuatu hari, ayah berkata
jaga adikmu ayahkan pergi jauh
ku pandang wajah ayah dahinya ku cium
air mata mengalir hatiku pilu

diam-diamlah sayang jangan menangis
doakan ayah semoga diterima
semoga diterima diam adikku sayang
jangan menangis andai ayah gugur doakan dia syahid
selamat berjuang ayah tercinta
kupergi dulu ayah kemedan juang
ku iringi doa moga berjaya
peroleh kemenangan demi agama islam
wahai abangku, kemana ayah
kusayang ayah, kucinta ayah
duhai adikku sayang
jangan menangis
ayahmu pergi
menyambut seruan illahi
tapi ingatlah adikku pesanan ayah
berjuang dan berkorban
dimana jua, padamu tuhan
aku bermohon
dosa ayahku, minta diampunkan
berilah rahmat, bantulah ia
untuk menegakkan, agama islam

kaca yang berdebu

hoo
iya ibarat kaca yang berdebu
jangan terlalu keras membersihkannya
nanti ia mudah retak dan pecah
ia ibarat kaca yang
jangan terlalu lembut membersihkannya
nanti mudah keruh dan ternoda
ia bagai permata keindahan
sentuhlah hatinya dengan kelembutan
dia sehalus sutera diawan
jagalah hatinya dengan kesabaran

hoo…hoo…ohoo
lemah lembutlah kepadanya
namun jangan terlalu memanjakannya
tegurlah bila ia tersalah
namun kau lukai hatinya

tak terdengar kicauan beburung
yang menyanyi didada pelangi
kau mengapai awan dilangit memutih
dirimu lebur dimamah mentari

kau impikan harapan menggunung
dilorong langit kehidupanmu
kau hirup sari madu bunga beracun
mewarnai dunias mistyeri mimpimu
kau cederai
kau impikan harapan
dilorong langit
kau hirup sari bunga
mewarna
kau ciderai
yang menti
kau hitamkan wajah ayahanda

sinar hidup tiadanya hanafi
berlabuh
pasrahkanlah hidup kelorong illahi
disana menanti syurga yang abdai


mari-mari-marilah
dengarlah inilah kisah silam
semoga sangat berguna
semoga
dimalam yang pertama
berjumpa mertua
istrinya tidak sempurna
anggota zahirnya lumpuh semua
tiada mengurus diri
terkecoh siperjaka
penuh persoalan
ibanya rasa hati
namun tetap pada takdir
asalkan punya iman
itulah paling penting
saat-saat berjumpa
ternyata istrinya menawan sungguh cantik

carilah pasangan hidup betul2 oh kawan bahagia berseri
rumah tangga akan harmoni

duhai dijawablah oleh mertua
zahirnya tidak sempurna, kiasan saja
memberi makna sucinya diri
wanita sholehah terpelihara
terharu jejaka sungguh bersyukur
terkecoh pejaka persoalan dihatinya
mungkin sudah contoh itulah istrinya
ibanya rasa hati
namun tetap redho pada takdir
asalkan punya iman
itulah paling penting

saat berjumpa
ternyata
cari-carilah

jangan mudah percaya
harta, pangkat, dan rupa
indahnya dimata ber awaslah
rasul sudah bersabda
insan punya agama, akhlaknya mulia
pahamilah

yang disembah hanyalah allah

yang disembah hanyalah allah
maha kuasa maha pencipta
yang diagungkan hanyalah allah
maha pengasih maha penyayang
hoo…

dia yang pemurah
maha pemberi
rezki dan segala kehidupan
t4 memohon tempat mengadu
dari kelamahan dan kesusahan

allah tiada tuhan
tiada yang disembah melainkan allah
rasul pesuruh allah
nabi Muhammad contoh ikutan
semua penghuni langit dan bumi
wajib dan taat kepada allah
semua yang ada bukan milik kita
kita inilah hanyalah sekedar hambanya

adab makan
makan dan minum perintah tuhan
tapi jangan berlebihan
terkandung didalam al-qur’an
karena itu amalan setan

makanlah sewaktu kita lapar
berhenti sebelum kenyang
basuh kedua tangan
hindar dari segala kotoran

tangan kanan di utamakan
pasti setan disisihkan
allahumma barik lana
fima razaktana waqina ‘aza banner
itu doa sebelum makan
alhamdulillhilazi ath ‘amana wasaqaa na wa‘j’alana
itu doa selepas makan
jika terlupa berdoa
segera baca bismillah awwalahu akhirahu
pasti setan akan kecewa
makanan berkesan dihati
haram shubhat dijauhi
jangan dicaci bersyukukurlah
rezki yang dianugerahi tuhan

bahan teks nyanyi qasidah firdaus bin musa

Orang tua asuh


Dengan hartamu kau santuni aku
Dengan hartamu kau didik diriku
Budi dan jasamu, sungguh mulia
Walau kau bukan ayah ibu kandungku

Dengan apa aku harus membalasmu
Kau sayangi aku
Bagai anak kandungmu
Aku bersyukur kepada allah
Dan aku berdo’a untukmu ayah bunda…
Karena budimu aku hidup bahagia
karena jasamu aku dapat menuntut ilmu




Pintu Syurga



siapa ingin kesyurga
pintu selalu terbuka
tak mudah dimiliki
carilah pintu syurga
dengan amal sendiri

hindarkanlah semua perbuatan yang keji
hindarkanlah semua perbuatan yang mungkar
amalkanlah al-qur’an
jadikanlah pedoman
biarlah orang benci
asalkan tuhan sayang
buanglah rasa dendam
timbulkan kasih sayang


Muhammad al-amien


ketika Muhammad lahir kedunia
dia seorang yatim keadaannya

meskipun begitu
budi pekerti mulia
lurus dan jujur
dan berakhlak tinggi
sehingga dipanggil Muhammad al-amien

dia tak mau turut menyembah berhala
bersama pemuda, pemuda disana
karena dia takut pada allah
tiada tuhan hanya selain allah
yang wajib disembah hanyalah allah 2 x
yang menciptakan seluruh alam dan seisinya



titian hidup


sadarkah nada inikan kemana
dilahirkan kedunia untuk apa
untuk syurga atau untuk nerka
silahkan pilih mana anda suka

sadarkah dirimu wahai insan
hidup ini hanya bagai titian
antara hidup yang kita jalani
dengan alam yang sedang kita nanti

dari dahulu hingga sekarang
kaum wanita senang berdandan
berhias diri berbusana rapi
berseriseri sepanajang hari
berhias tak dilarang
itupun kebutuhan
asal jangan berlomba mencari perhatian

bermacam-macam alat kecantikan
model busanapun ikut berperan
seiring dengan langkah kemajuan
asalkan jangan merangsang dan jangan belebihan
karena itu dilarang itu yang diharamkan


bismillah


bismillah tawakallana bilna
bismillah takhassalna
bismillah waajna ilallah
bismillah, bismila, bismillah

bismilla ya rahman ya rahim
bismillah ya zaljala liwal ikram
bismillah tawasuri idralallah
bismilah, bismillah

bismillah ya tawab ‘alaina
bismillah ya rahim ya irhamna
bismillah fawatna ilallah
bismillah, bismillah, bismillah


nabi muhammad mataharinya dunia


dilangit ada matahari bersinar menerangi bumi
cahayanya yang tajam, menembus kegelapan
dibumi ada para nabi utusan rabbul izzti memmabwa kebenaran
mencegah kezhaliman petunujk jalan keselamatan

nabi Muhammad
nabinya akhiru zaman
rahmat bagi umat di seluruh alam
nabi mataharininya dunia
yanga bersinarabadi sepanjang
nabi Muhammad bagaii purnama
ditengah malam gelap gulita
nabi Muhammad bagai pelita cahayanya diatas cahaya
wahai kaum muslimin muslimat sampaikan selawat salam



usaha dan doa


dari langit hujan kebumi tuhan telah bagikan rezki
manusia harus berusahan untuk bekal hidupnya
berimanlah dan bertakwalah kehadirat allah yang esa

bekerjalah untuk duniamu
seakan engkau hidup selamamnya
beramallah untuk akhiratmu
seakan esok hari kau tlah tiada
berusaha sambil berdo’a itu yang harus kau lakukan
jangan berdiam diri mengharap rezki datang sendiri

baca (wa’mallidunnyaka, ta’isul ghada, )

bekerjalah untuk duniamu
seakan engkau hidup selamamnya
beramallah untuk akhiratmu
seakan esok hari kau tlah tiada
berusaha sambil berdo’a itu yang harus kau lakukan
jangan berdiam diri mengharap rezki datang sendiri


kembali kesurau


kembali kesurau, kembalilah kesurau
belajar al-qur’an, adat istiadat, qasidah rabbana
kembalilah, kembalilah, kembalilah…
kalau anda ingin tahu cerita dulu
diminang kabau, berawal cerita itu
disuraulah kita bersatu
belajar mengaji dibawah bimbingan guru
ciptakanlah generasi al-qur’an, ciptakanlah insane beriman
dari itu ingatlah, ingatlah pesan nabi

ya lii utlubul ilma minalmahdi
ilallahdi
tuntutlah ilmu dari buayan
hingga ahir nanti

kemblai kesurau, kembalilah kesurau
belajar al-qur’an, adat istiadat, qasidah rabbana
kembalilah, kembalilah, kembalilah…
belajar bersama, makanpun bersama
mengaji bersama
belajar bersama, makanpun bersama
sholatpun bersama


madah terakhir


jika terdengar suara azan
bergema sayup menjelang
dalam irama ku kirim pesan
sebagai tanda aku dah pergi

jangan ditanya sebab karena
mengapa aku pergi menghinadar
dari kan dekat tapi merana
elokku jauh tinggal mendengar
biarlah daku pergi dahulu
tidak tertahan lagi derita
semoga yang tinggal senyum selalu
yang pergi hilang lenyap derita

bila kelak daku terkenang
kutatap bintang dimalam kenang
bila tak sanggup daku berenangkan
kurelakan diri hanyut tenggelam


pilihan terkhir


walau diri resah gelisah
dan air mata titik berdiri
tibalah kini, masa berpisah disimpang jalan kita bercerai

tinggalah kuntum
ditengah laman
tinggallah padi sedang berbuah
hantarkan daku dengan senyuman
membawa hati tumpuan tuan

andaikan hujan menyentuh hari
namun daku tetap melangkah
karena bisikan suara, sukarlah ia dapat dibantah

jangan sesali langkah kakiku
usah ditanya sebab karena
apalah arti bahagia bagiku
bila hatiku tetap merana

andai kilat sabung menyabung
badai bertiup menghempas buas
kurela diri hanyut terapung
namun hatiku terasa puas



tanda kiamat

dunia semakin tua, semakin dekat hari yang dijanjikan allah ta’ala
itulah hari kiamat, hari pembalasan semua
amal manusia didunia, tanda-tanda makin nampak
makin hari makin jelas, yang salah menjadi benar
salah katanya biasanya

budi pekerti yang luhur, tidak lagi dianggap mulia
pendidikan agamapun banyak yang tidak suka
laki-laki dan wanita, sukar untuk dibedakan
laki-laki dan wanita bergaul semakin bebas 2x

batas-batas susila sudah dilupakannya
asal suka sama suka, asal senang sama senang
begitulah kiranya, dunia akhir zaman
budi pekerti yang luhur, tidak lagi dianggap mulia
pendidikan agamapun banyak yang tidak suka

contoh surat Undangan untuk Peserta Lomba MTQ

PANITIA PELAKSANA
LOMBA MTQ MUSHALLA MARDHATILLAH
JORONG SUNGAI ARO NAGARI LUBUK GADANG TIMUR
_________________________________________________________________
Nomor : 01 /A/P_MTQ/MNI/SA/VIII/201O Sungai Aro 25-08-2010
Perihal : Undangan Peserta Lomba MTQ
Kepada Yth,
Bapak ketua Masjid/Mushalla……………………
Di
Tempat
Assalamu’alaikum Wr.Wb,
Semoga Rahmat, Nikmat dan Karunia Allah senantiasa tercurahkan kepada kita semua, amin ya robbal ‘alamin.
Sehubungan akan diadakannya lomba MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur’an) yang insyaallah akan dilaksanakan pada:
Hari/ Tanggal : Senin/30 Agustus 2010
Pukul : 20.30 WIB s/d Selesai (Ba’da Terawih)
Acara : Lomba MTQ tingkat Nagari
Tempat : Mushalla Mardhatillah, Jorong Sungai Aro
Maka dari itu, kami selaku Panitia Pelaksana lomba MTQ Mushalla Mardhatillah mengundang Bapak/Ibu serta membawa utusan peserta lomba MTQ. Dengan ketentuan peserta sebagai berikut:
• Satu PA dan PI ( 2 Orang )
• Umur dibawah 15 tahun
Demikianlah Surat undangan ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.
Wassalam
Panitia Pelaksana

EDI GUSTI FAROZA
Ketua Panitia Sekretaris

Turut Mengundang;

Pengurus Mushalla Mardhatillah Kepala Jorong Sungai Aro



SUPRATMAN YULISMAN

ASMAUL HUSNA

الله ُ
الرَّحْمنُ 
الرَّحِيْمُ
المَلِكُ 
القُدُّوْسُ
السَّلامُ
المُؤْمِنُ 
المُهَيْمِنُ 
العَزِيْزُ 
الجَبَّارُ
المُتَكَبِّرُ
الخَالِقُ
البَارِئُ 
المُصَوِّرُ 
الغَفَّارُ
القَهَّارُ 
الوَهَّابُ الرَّزَاقُ الفَتَّاحُ العَلِيْمُ القَابِضُ البَاسِطُ الخَافِضُ الرَّافِعُ المُعِزُّ المُذِلُّ السَّمِيْعُ البَصِيْرُ الحَكَمُ العَدْلُ اللَّطِيْفُ الخَبِيْرُ الحَلِيْمُ العَظِيْمُ الغَفُوْرُ الشَّكُوْرُ العَلِيُّ الكَبِيْرُ الحَفِيْظُ المُقِيْتُ الحَسِيْبُ الجَلِِيْلُ الكََرِيْمُ الرَّقِيْبُ المُجِيْبُ الوَاسِعُ الحَكِيْمُ الوَدُوْدُ المَجِيْدُ البَاعِثُ الشَّهِيْدُ الحَقُّ الوَكِيْلُ القَوِّيُّ المَتِيْنُ الوَلِيُّ الحَمِيْدُ المُحْصِى المُبْدِئُ المُعِيْدُ المُحْيِ ِ المُمِِيْتُ الحَيُّ القَيُّوْمُ الوَاجِدُ المَاجِدُ الوَاحِدُ الاَحَدُ الصَّمَدُ القَادِرُ المُقْتَدِرُ المُقَدِّمُ االمُؤَخِّرُ الاَوَّلُ الاَخِرُ الظَّاهِرُ البَاطِنُ الوَالِى المُتَعَالِى البَرُّ التَوَّابُ المُنْتَقِمُ العَفْوُ الرَّءُوْفُ مَالِكُ المُلْكِ ذُوْالجَلالِ وَالإِكْرَامِ المُقْسِطُ الجَامِعُ الغَنِيُّ المُغْنِى المَانِعُ الضَّارُّ النَّافِعُ النُّوْرُ الهَادِى البَادِيْعُ البَاقِى الوَارِثُ الرَّشِيْدُ الصَّبُوْرُ

SUSUNAN ACARA DIDIKANA SHUBUH MESJID AL-JADID PADANG AREA

SUSUNAN ACARA DIDIKANA SHUBUH
MESJID AL-JADID PADANG AREA

MINGGU TANGGAL / / 2010 M

1. Protokol : Muhammad Ridwan
2. Sari Tilawah : Abel Ratino
3. Ikrar janji Didikan Shubuh : Dilla Febrianti
4. Azan : Rahmat Aditia
5. Bacaan Sholat Fardhu : Ririn Devita Sari
6. Adab Sebelum dan Sedang Makan : Muhammad Irfan
7. Sifat-Sifat terpuji : Moniq Grasella
8. Hafalan Qs. Al-Ahzab ayat 21 dan Artinya : Fikri Hermansyah
9. Niat Sholat Fardhu : Viki Vilber
10. Do’a Akan dan Bangun Tidur : Meme Vania Valmei
11. Rukun Iman : Zacki Vahendra
12. Hafalan Surat An-Nas dan Artinya : Budi Utomo
13. Ceramah Agama : Dian Eka Putri
14. Doa ketika Bersin dan melihat orang Bersin : Salsabilla
15. Larangan bagi Wanita menurut Hadits Nabi : Maya Amanda
16. Nama-Nama Tokoh Muslim : Nikita Dwi Anggraini
17. Pidato Minang : Maiza Mahendra
18. Do’a akhir Majelis : Raihan
19. Asmaul Husna :

20. Tambahan pelajaran oleh : Firdaus bin Musa

DAFTAR KULIAH MAHASISWA PKL IAIN IMAM BONJOL PADANG KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM (KPI)

DAFTAR KULIAH MAHASISWA PKL IAIN IMAM BONJOL PADANG
KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM (KPI)



NO

NAMA
NIM
HARI KULIAH
JAM
NO HP

17 ODI YUPENDRI





RIKI CHANDRA





M. PAHAM RAMBE
GISKA RAISYA NINSI
MARLIZA
RAHMA SUWITA SYAF
ROBI PURNAMA
PUTRA SUSANTO
JEFRIZEN AZIZI
RAHMAT HIDAYAT
JIMMY NURMANSYAH
FIRDAUS BIN MUSA
ICOL DIANTO
SYAHIDIN
AAN FIRTANOSA
ANDRI
MIRWAN AKBAR
207.037
207.061
207.101
207.140
207.089
207.104
207.003
207. 141
207.139
207.068
207. 017
207.079
207.065
207.100
207.
207.152
207.
SENIN
SELASA
RABU
KAMIS
JUM'AT

082170062215081947664049 atau
08527444724
085263404525
085278664962
081374971228
081267601137
081374312376
081374384439
081266871145
081363963397
082170062657
085263327951
083181473449
081374747371
081274552001
081266610658
081267029987



SEKRETARIS K.A KOORDINATOR



ICOL DIANTO FIRDAUS BIN MUSA
207.065 207. 079





NO
AKTIVITAS
HARI/TANGGAL
PUKUL
PEMATERI
TARGET
1 Penerimaan Mahasiswa KPI, oleh TVRI Senin 11.00-12.45 Alri Pamunjcak, Herry Budisantosa, Al-Mustaqim
Tanggal 08/11/10

CATATAN AKTIVITAS PRAKTEK LAPANGAN DI TVRI SUMBAR

TARGET DARI PRAKTEK LAPANGAN DI TVRI SUMBAR SELAMA MAGANG

1. Pengarah Siaran
1) Apa saja yang akan di arahkan?
2) Apa saja tugasnya?
3) Berapa orang yang bertugas?
4) Apa sebabnya kalau tidak ada?
5) Dengan siapa saja ia terkait?
6) Siapa yang menujuknya jadi pengarah acara?
2. Produser dendang 15 dan carito lapau
1) …………………………………………………………………….
2) …………………………………………………………………….
3) …………………………………………………………………….
4) …………………………………………………………………….
5) …………………………………………………………………….
6) …………………………………………………………………….
7) …………………………………………………………………….
8) …………………………………………………………………….
3. Pengarah Acara, Dendang 15, Berita Ranah Minang, Carito Lapau, Pengarah Teknik.
1) …………………………………………………………………….
2) …………………………………………………………………….
3) …………………………………………………………………….
4) …………………………………………………………………….
5) …………………………………………………………………….
6) …………………………………………………………………….
7) …………………………………………………………………….
8) …………………………………………………………………….
4. Manager Unit
1) …………………………………………………………………….
2) …………………………………………………………………….
3) …………………………………………………………………….
4) …………………………………………………………………….
5) …………………………………………………………………….
6) …………………………………………………………………….
7) …………………………………………………………………….
8) …………………………………………………………………….
5. Continuity Announcer
1) …………………………………………………………………….
2) …………………………………………………………………….
3) …………………………………………………………………….
4) …………………………………………………………………….
5) …………………………………………………………………….
6) …………………………………………………………………….
7) …………………………………………………………………….
8) …………………………………………………………………….
6. Penyiar Sekilas Sumbar, Penyiar Ranah Minang
1) …………………………………………………………………….
2) …………………………………………………………………….
3) …………………………………………………………………….
4) …………………………………………………………………….
5) …………………………………………………………………….
6) …………………………………………………………………….
7) …………………………………………………………………….
8) …………………………………………………………………….
7. Pemandu Gambar ( Continuity announcer)
1) …………………………………………………………………….
2) …………………………………………………………………….
3) …………………………………………………………………….
4) …………………………………………………………………….
5) …………………………………………………………………….
6) …………………………………………………………………….
7) …………………………………………………………………….
8) …………………………………………………………………….
8. Pemandu Gambar (produksi)
1) …………………………………………………………………….
2) …………………………………………………………………….
3) …………………………………………………………………….
4) …………………………………………………………………….
5) …………………………………………………………………….
6) …………………………………………………………………….
7) …………………………………………………………………….
8) …………………………………………………………………….
9. Kamerawan
1) Dimana letak pasang audionya kemudian dimana disambung?
2) Apa saja yang perlu diperhatikan sebelum kamera dipakai?
3) Apa saja yang musti dijauhkan selama penyutingan
4) Apa yang menyebabkan kamera cepat rusak?
5) Posisi gambar yang bagaimana yang diambil saat, menyajikan berita, Talkshow, Dialog, Penyutingan Dendang 15, Syuting Narasumber dilapangan terbuka (Luar Studio)
6) Apa kendala yang dirasakan sebagai Kamerawan?
7) Apa nilai lebih sebagai Kameraman?

10. Penata Suara (Continuity announcer)
1) Kalau ada suara seperti desis ular, atau berdengung dimana kesalahannya?
2) Biasanya dimana dan apa saja yang perlu diperhatikan bagi seorang piñata suara?
3) …………………………………………………………………….
4) …………………………………………………………………….
5) …………………………………………………………………….
6) …………………………………………………………………….
7) …………………………………………………………………….
8) …………………………………………………………………….
9) …………………………………………………………………….
10) …………………………………………………………………….
11. Penata Cahaya
1) Bagaimana cara meletakkan cahaya supaya tidak ada bayangan dibelakang?
2) Untuk menghindari gelap pada sebagian2 apa yang perlu diperhatikan?
3) …………………………………………………………………….
4) …………………………………………………………………….
5) …………………………………………………………………….
6) …………………………………………………………………….
7) …………………………………………………………………….
8) …………………………………………………………………….
9) …………………………………………………………………….
10) …………………………………………………………………….


12. Pemelihara Alat
1) …………………………………………………………………….
2) …………………………………………………………………….
3) …………………………………………………………………….
4) …………………………………………………………………….
5) …………………………………………………………………….
6) …………………………………………………………………….
7) …………………………………………………………………….
8) …………………………………………………………………….
13. Master Control
1) …………………………………………………………………….
2) …………………………………………………………………….
3) …………………………………………………………………….
4) …………………………………………………………………….
5) …………………………………………………………………….
6) …………………………………………………………………….
7) …………………………………………………………………….
8) …………………………………………………………………….
14. Operator VTR
1) …………………………………………………………………….
2) …………………………………………………………………….
3) …………………………………………………………………….
4) …………………………………………………………………….
5) …………………………………………………………………….
6) …………………………………………………………………….
7) …………………………………………………………………….
8) …………………………………………………………………….
15. Desainer Grafis
1) …………………………………………………………………….
2) …………………………………………………………………….
3) …………………………………………………………………….
4) …………………………………………………………………….
5) …………………………………………………………………….
6) …………………………………………………………………….
7) …………………………………………………………………….
8) …………………………………………………………………….
16. Penerimaan Telpon Interaktif
1) …………………………………………………………………….
2) …………………………………………………………………….
3) …………………………………………………………………….
4) …………………………………………………………………….
5) …………………………………………………………………….
6) …………………………………………………………………….
7) …………………………………………………………………….
8) …………………………………………………………………….
17. Peñata Rias
1) …………………………………………………………………….
2) …………………………………………………………………….
3) …………………………………………………………………….
4) …………………………………………………………………….
5) …………………………………………………………………….
6) …………………………………………………………………….
7) …………………………………………………………………….
8) …………………………………………………………………….
18. Petugas Kepustakaaan
1) …………………………………………………………………….
2) …………………………………………………………………….
3) …………………………………………………………………….
4) …………………………………………………………………….
5) …………………………………………………………………….
6) …………………………………………………………………….
7) …………………………………………………………………….
8) …………………………………………………………………….
19. Piñata Artistic
1) …………………………………………………………………….
2) …………………………………………………………………….
3) …………………………………………………………………….
4) …………………………………………………………………….
5) …………………………………………………………………….
6) …………………………………………………………………….
7) …………………………………………………………………….
8) …………………………………………………………………….
20. Penata Set
1) …………………………………………………………………….
2) …………………………………………………………………….
3) …………………………………………………………………….
4) …………………………………………………………………….
5) …………………………………………………………………….
6) …………………………………………………………………….
7) …………………………………………………………………….
8) …………………………………………………………………….
21. Piñata Property
1) …………………………………………………………………….
2) …………………………………………………………………….
3) …………………………………………………………………….
4) …………………………………………………………………….
5) …………………………………………………………………….
6) …………………………………………………………………….
7) …………………………………………………………………….
8) …………………………………………………………………….
22. Editor berita (Playback)
1) …………………………………………………………………….
2) …………………………………………………………………….
3) …………………………………………………………………….
4) …………………………………………………………………….
5) …………………………………………………………………….
6) …………………………………………………………………….
7) …………………………………………………………………….
8) …………………………………………………………………….
23. Operator Pemancar (Microwave)
1) …………………………………………………………………….
2) …………………………………………………………………….
3) …………………………………………………………………….
4) …………………………………………………………………….
5) …………………………………………………………………….
6) …………………………………………………………………….
7) …………………………………………………………………….
8) …………………………………………………………………….